window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda CBR150R 2022 Masih Andalkan Mesin Lama, Begini Catatan Akselerasinya

Harry · 30 Nov, 2021 12:30

Dikenalkan awal tahun 2021, Honda CBR150R 2022 mendapatkan banyak sekali ubahan yang semakin menggoda konsumen. Utamanya karena kini mengadopsi desain yang 11-12 dengan sang kakak, Honda CBR250RR yang tampil sporty dengan lekuk bodi serba tajam.

Konsep Total Control masih menjadi benang merah dari sebuah CBR Series, termasuk pada versi 150 cc ini. Honda menyebut jika motor ini diberikan suspensi depan Upside Down Showa SFF-BP dan juga Assist & Slipper Clutch untuk meningkatkan kendali pada motor.

Honda CBR150R 2022 Masih Andalkan Mesin Lama, Begini Catatan Akselerasinya 01

Akselerasi bawah sampai tengah terbilang impresif.

Tapi, secara spesifikasi jantung mekanis, Honda CBR150R 2022 ini masih mengandalkan jantung mekanis yang sama. Sebenarnya tak masalah, karena toh kinerjanya selama ini sudah memuaskan, termasuk akselerasi yang terbilang baik untuk penggunaan harian.

Hasil Akselerasi Honda CBR150R 2022

Seperti yang telah dijelaskan, spesifikasi mesin tak banyak berubah, masih tetap 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cairan dengan injeksi bahan bakar PGM-FI. Output tenaganya 17,1 PS @ 9.000 rpm dengan torsi 14,4 Nm @ 7.000 rpm.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Dapur pacu tadi menggerakkan motor dengan bobot 137 kg dan 139 kg untuk tipe ABS. Dan untuk mengetahui performanya, kami menggunakan alat ukur Racebox yang berbasis satelit dan dikendarai rider berbobot 76 kg. Unit yang kami gunakan tipe non ABS.

Baca juga : Honda CBR150R 2021 Termahal Tembus Rp 40 Juta, 5 Hal Ini Jadi Alasan Kuat Untuk Memilikinya

Hasilnya adalah, untuk akselerasi dari diam sampai 60 km/jam, dibutuhkan waktu 4,49 detik. Lalu untuk 0-80 km/jam mencatatkan waktu terbaik 7,71 detik. dan 0-100 km/jam motor sport ini mencatatkan waktu 12,91 detik.

Dan melihat top speed yang bisa dicapai, berdasarkan spidometer motor yang sudah digital, angka terbaik yang bisa ditorehkan yakni 136 km/jam. Namun top speed terbaik berdasarkan Racebox, kecepatan tertinggi yang bisa dicapai yakni 120.9 km/jam.

Honda CBR150R 2022 Masih Andalkan Mesin Lama, Begini Catatan Akselerasinya 01

Mesin lawas tapi ditambahi Assist & Slipper Clutch.

Karakter mesinnya kuat pada putaran bawah sampai tengah, yang mana karakter mesin seperti ini cocok untuk berkendara harian, stop & go di kepadatan lalu lintas. Tak perlu membuka gas besar untuk bisa membuat motor berakselerasi, dan berimbas pada efisiensi bahan bakar.

Data Akselerasi Honda PCX 160 2022
0-60 km/jam 4,49 detik
0-80 km/jam 7,71 detik
0-100 km/jam 12,91 detik
60-100 km/jam 8,42 detik
0-100 m 7,37 detik
0-201 m 11,49 detik
0-402 m 18,41 detik
Topspeed Spidometer 136 km/jam
Topspeed Racebox 120,9 km/jam

Efisiensi Honda CBR150R 2022 Memuaskan

Sebuah hal yang tak disangka-sangka memang, pasalnya saat pengetesan, kami kerap memacu motor ini dan gaya berkendara cenderung agresif. Ketika ketemu  jalanan kosong, motor kami pacu cepat dan cara membuka tuas gas tak diperlambat dengan dengan eco riding.

Dan hasilnya, pada layar panel meter motor ini bisa mencatatkan efisiensi bahan bakar 43 km/liter. Dan saat diukur dengan metode full to full, hasilnya memang tak sebaik angka tadi, tapi masih terhitung irit dengan capaian 41,7 km/liter.

Baca juga : Video : Honda CBR150R 2022, Motor Sport Yang Tak Seperti Kompetitornya

Honda CBR150R 2022 Masih Andalkan Mesin Lama, Begini Catatan Akselerasinya 02

Tarikannya masih terasa kuat.

Hasilnya ini sangat memuaskan. O iya, sebagai catatan, bahan bakar yang kami gunakan adalah oktan 92. Data selengkapnya bisa kalian lihat pada tabel berikut ini.

Konsumsi Bahan Bakar Honda CBR150R 2022
Spidometer 43 km/liter
Full to Full 41,7 km/liter
*BBM RON 92

Honda CBR150R 2022 Nyaman Untuk Harian

Kikuo Yamazaki, Sub Large Project Leader Honda Motor Co.,Ltd Monozukuri Center menyebutkan, motor ini dibuat dengan tetap mengusung konsep Total Control. Hal ini digambarkan lewat posisi setang upperyoke, sehingga badan pengendara tak terlalu membungkuk.

'Kami secara konsisten mengembangkan Total Control, yang berarti kemampuan untuk menikmati kenikmatan kendali sepenuhnya," kata Yamazaki. Setidaknya hal ini digambarkan lewat posisi setang upperyoke, sehingga badan pengendara tak terlalu membungkuk.

Honda CBR150R 2022 Masih Andalkan Mesin Lama, Begini Catatan Akselerasinya 03

Hanya Honda CBR150R 2022 yang tawarkan posisi berkendara rileks.

Hal inilah yang jadi pembeda dari kompetitor sekelas, yakni Yamaha R15 dan Suzuki GSX-R150, yang justru menerapkan setang underyoke yang membuat posisi riding sangat racy dan cenderung merunduk, namun jadi tak nyaman untuk berkendara sehari-hari.

Spesifikasi Honda CBR150R 2022
Dimensi
P x L x T 1.983 x 700 x 1.077 mm
Sumbu Roda 1.310 mm
Jarak Terendah 160 mm
Tinggi Jok 782 mm
Kapasitas Tangki 12 liter
Berat Isi 137 kg & 139 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, DOHC 4 katup, Pendingin cairan
Kapasitas 149,16 cc
Diameter x Langkah 57,3 x 57,8 mm
Rasio Kompresi 11,3 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Manual, 6 speed
Tenaga Maksimal 17,1 PS @ 9.000 rpm
Torsi Maksimal 14,4 Nm @ 7.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Diamond Frame
Suspensi Depan Upside down, Showa SFF-BP
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 100/80-17
Ban Belakang 130/70-17
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });