Honda Stylo 160 Wajib Pakai Ini Buat Lindungi Mesin Dari Benturan
Fariz · 13 Feb, 2024 12:30
0
0
Mesin sisi bawah tidak ada perlindungan dari pentalan benda asing.
Pasang cover crankcase jadi salah satu cara melindungi mesin.
Engine mounting pada motor matic punya bentuk serta dimensi berbeda jika dibandingkan dengan motor tipe bebek maupun sport.
Jika bebek juga sport umumnya punya desain engine mounting minimalis dan langsung membuat mesin serta rangka terpasang rigid, motor matic justru fleksibel.
Pasalnya mesin pada matic tidak hanya berfungsi sebagai penggerak, tapi juga sebagai lengan ayun yang artinya juga dapat meredam guncangan selama perjalanan.
Beda dengan mesin eSP awal yang masih menggunakan engine mounting sisi bawah atau biasa juga disebut ‘jembatan’ mesin.
Selain menjadi penghubung mesin dengan rangka engine mounting ini juga berfungsi sebagai pelindung mesin.
Dengan kata lain jika motor melewati polisi tidur yang cukup besar maka engine mounting yang akan lebih dulu terbentur dengan polisi tidur tersebut.
Sehingga bagian utama mesin tetap aman dari benturan dan tidak mengakibatkan kerusakan pada mesin.
Terbukanya area bawah mesin eSP+ ini pun sudah memakan beberapa korban, jika melihat di media sosial.
Ada beberapa kasus terbenturnya mesin dengan benda tajam, lebih seringnya adalah pentalan batu.
Batu tajam yang mental akibat terlindas ban ini langsung menghajar blok mesin atau crankcase sehingga membuatnya pecah atau bolong.
Pelindung Mesin Honda Stylo 160
Karena hal tersebut beberapa produsen komponen aftermarket pun coba membuat pelindung untuk mesin matic Honda generasi 160 eSP+ termasuk Stylo 160 ini.
Salah satu yang sudah menjualnya adalah Ihsan Motoshop yang bengkelnya ada di bilangan Taman Malaka Selatan, Jaktim.
“Harganya Rp 150 ribu pakai bahan pelat tebal 2 mm dan pakai finishing powder coating biar gak gampang baret," jelas Ihsan Mulya Yusuf punggawa Ihsan Motoshop.
"Proses pembuatannya pakai mesin CNC laser cutting, jadi hasilnya presisi dan halus gak tajam,” tambahnya.
Cover ini memanfaatkan keempat baut pada mesin Stylo 160, 2 di sisi kiri pada baut air duct yang bisa dilepas menggunakan kunci T 8 mm.
Untuk kanan memanfaatkan 2 baut pengunci crankcase, tapi cara memasangnya sedikit lebih tricky jika dibanding memasang pengunci yang kiri.
“Kanan ini model sangkutan bukan model lubang, ini karena mau copot bautnya mesti lepas knalpot karena mentok.," sambungnya.
"Makanya model sangkutan seperti ini gak perlu sampai baut copot, cukup longgar aja trus disangkutin dan dikencengin bautnya,” jelasnya lagi.
Cover crankcase ini juga sudah dilengkapi lubang untuk membuka baut pembuangan oli, jadi tidak perlu lepas cover crankcase untuk penggantian oli berkala.
Mesin Honda Stylo 160 jadi aman dari benturan atau gesekan deh!