Honda Supra GTR 150 2022 Punya Akselerasi Lincah, Ternyata Segini Konsumsi Bensinnya
Harry · 7 Okt, 2021 14:30
0
0
Segmen motor bebek memang sudah jauh mengecil, tapi penjualan motor bebek super dengan kapasitas mesin 150 cc masih cukup menggiurkan. Salah satu pemainnya adalah Honda Supra GTR 150 yang dikenalkan pada tahun 2016 lalu.
Kala itu motor ini diset sebagai motor bebek petualang. Peluncurannya dilakukan di alam terbuka di wilayah Bogor. Namun model facelift-nya yang dirilis tahun 2019, justru dibuat bernuansa sporty.
Honda Supra GTR 150 facelift dikenalktan 2019.
Ketimbang dikemas sebagai motor bebek adventure, tentu motor ini lebih cocok sebagai motor bebek sport. Dengan desain yang dibawanya, performa mesinnya dan juga fitur-fiturnya, lebih cocok ketimbang motor adventure.
Bicara performa, Honda Supra GTR 150 menggunakan basis mesin yang sama dengan milik Honda Sonic 150R, Honda CBR150R dan Honda CB150R Streetfire. Tentunya ini bukanlah sebuah mesin yang asing buat kalian.
Spesifikasinya 4-tak, DOHC 4 katup pendingin cairan, dengan kapasitas mesin murni 149,16 cc. Ini berkat penggunaan piston ukuran 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm.
Mesin 150 cc dikenal responsif.
Output yang mampu dihasilkan mencapai 16,3 PS pada putaran mesn 9.000 rpm. Lalu torsi maksimal yang bisa dicapai menyentuh 14,2 Nm saat putaran mesin 6.500 rpm yang disalurkan lewat transmisi manual 6 speed.
Jantung pacu ini pun minim gesekan berkat hadirnya roller rocker arm. Suplai bahan bakar sendiri sudah injeksi PGM-FI dengan mengandalkan throttle body ukuran 30 mm dengan injector 8 lubang.
Mesin ini punya karakter yang kuat dan responsif pada putaran bawah. Klaim pabrikan, akselerasi 0-200 meter hanya butuh 10,7 detik dengan top speed 122 km/jam. Salah satunya berkat penggunaan final gear ringan ukuran 15-44.
Akselerasi cepat tapi juga irit.
Dengan karakter seperti ini motor akan terasa gesit dan lincah untuk digunakan di jalanan perkotaan yang cenderung padat dan stop & go. Hadirnya kopling manual menambah leluasa untuk mengontrol kinerja mesinnya.
Tembus 40 Km/Liter
Nah dengan karakter mesin tersebut, pengendara akan cenderung minim buka gas terlalu besar. Karena putar tuas gas sedikit, motor sudah bisa melaju dengan cepat.
Hal inilah yang turut membantu efisiensi bahan bakar dari motor ini. Saat peluncuran bulan Mei 2016 lalu, PT Astra Honda Motor mengklaim jika konsumsi bahan bakarnya bisa lebih dari 40 km/liter.
Panel meter sudah full digital.
Dari hasil pengetesan internal, untuk pengetesan dengan standar Euro2 didapatkan hasil 47,41 km/liter. Kemudian untuk metode pengetesan dengan standar Euro3 bisa mencapai 42,2 km/liter.
Model Baru Belum Hadir
Tahun 2019 lalu sejatinya motor ini punya model baru yang jauh lebih agresif dan unik, dengan nama Honda Winner X yang dikenalkan di Vietnam. Sayangnya AHM lebih memilih untuk melakukan facelift.
Honda Supra GTR 150 terbaru dengan nama Winner X di Vietnam.
Padahal model terbarunya di Vietnam banyak diidam-idamkan penggemar motor tanah air. Selain desainnya yang lebih kental aura sporty, juga fiturnya jauh lebih mewah.
Mungkin pertimbangan pasar motor bebek Tanah Air yang tak terlalu besar, maka facelift sudah dirasa cukup. Berbeda dengan negara tetangga tersebut, yang penjualan motor bebeknya masih moncer.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil