Menukil dari MPM Honda Jatim, asap putih bisa terjadi karena terjadi keausan pada ring seher atau ring piston.
Perangkat ini sendiri terdiri dari dua macam yaitu ring kompresi dan ring oli.
Ring kompresi bertugas merapatkan celah antara piston dan blok silinder supaya tekanan kompresi tidak mengalami kebocoran.
Sedangkan ring oli memiliki tugas mencegah oli dari ruang engkol masuk ke ruang bakar.
Jika ring oli aus, maka akan ada celah bagi oli untuk memasuki ruang bakar.
Selain asap putih, ciri ring seher aus juga dapat dirasakan di mana tenaga mesin menjadi berkurang. Contoh lainnya, mesin sulit dinyalakan saat pagi hari.
2. Keausan silinder dan linier mesin
Saat mesin bekerja, linier dan ring piston akan bergesekan. Pada kurun waktu tertentu, keduanya bakal mengalami keausan.
Sama halnya dengan kondisi ring seher, oli akan masuk dengan mudah ke ruang bakar. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan bore up dan membubut ulang linier silinder.
Setiap katup dilengkapi dengan seal untuk mencegah oli bocor ke area manifold. Akan tetapi, seal tersebut bisa saja mengeras atau getas. Alhasil, oli dapat masuk ke bagian tersebut.
4. Batang valve bengkok
Batang katup (valve) merupakan batang besi yang terhubung dengan cam. Pada bagian inilah cam akan bertumpu saat menekan katup. Dalam kadaan normal, batang valve harus lurus.
Sebaliknya, jika bagian itu bengkok, maka akan ada bagian intake maupun exhaust yang longgar.
Alhasil, oli akan masuk ke manifold lalu berlanjut ke ruang bakar. Ketika asap putih tadi disebabkan oleh bagian ini, baiknya ganti sela klep berikut valve-nya.
Masalah asap putih juga dapat terjadi kalau pemasangan klep tidak benar. Pada mesin DOHC seperti Honda CBR250RR, memiliki dua chamshaft (noken as).
Satu noken as mengatur dua katup intake, sedangkan satunya lagi diperuntukkan bagi dua katup exhaust.
Pemasangan katup yang tidak benar atau bahkan sampai katup intake dan exhaust tertukar, dudukan katup pasti tidak akan sesuai. Artinya, potensi kebocoran oli juga cukup besar.
6. Paking kepala silinder rusak
Sumber serupa menyebut, item ini berada di tengah sambungan blok silinder dan kepala silinder.
Tugasnya sebagai perapat, seperti perapat ruang supaya tekanan kompresi tidak hilang. Tugas lainnya juga merapatkan jalur oli yang bermula dari bak oli menuju ke kepala silinder.
Namun, jika permukaan packing tersebut rusak maka tekanan kompresi dapat bocor dan oli akan mengalir keluar jalur.
Jika oli itu mengarah ke ruang bakar, asap knalpot dapat berubah warna putih kebiruan.
Apabila hal tersebut terjadi, maka bagian mesin akan sering kotor dan terjadi rembesen oli atau seringnya muncul suara knalpot tidak wajar.
Cara mengatasinya yakni dengan mengganti packing kepala silinder menggunakan yang baru.
7. Knalpot
Penyebab motor mengeluarkan asap putih juga dapat berasal dari knalpot itu sendiri.
Ada banyak tipe knalpot yang memiliki sistem menyemprotkan oli masuk ke knalpot, khususnya pada knalpot racing supaya knalpot bisa bertahan di suhu tinggi.
Oli yang disemprotkan masuk ke dalam sisa pembakaran. Hal tersebut dikarenakan suhu gas exhaust lumayan tinggi.
Jadi, knalpot tersebut mengeluarkan asap putih. Kondisi itu tak berbahaya selama volume oli mesin masih ideal.
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!