window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cek Harga Motor Trail 150 cc Merek Jepang, Ini Paling Murah!

Ary · 22 Mar, 2024 20:00

Komparasi Motor Trail 150 cc

Tiga motor trail pabrikan Jepang
  • Motor trail 150 cc cukup diminati karena harganya cukup bersahabat
  • Yamaha WR155R menggunakan suspensi depan teleskopik
  • Kawasaki KLX 150 tetap mengandalkan karburator

Segmen motor trail 150 cc di Indonesia bisa dikatakan cukup ideal lantaran harganya tidak terlalu tinggi. Terlebih secara pilihan, ada tiga pabrikan Jepang bermain dalam kolam serupa.  

Mereka adalah Kawasaki, Honda dan Yamaha. Ketiga jenama pun masing-masing menawarkannya lewat Kawasaki KLX 150, Honda CRF 150 dan Yamaha WR155 R

Secara desain ketiganya juga memiliki perawakan gagah dengan konsep dua alam. Namun, bagaimana detail perbedaan antar motor-motor ini?

Kawasaki KLX 150 2024

Dimulai dari Kawasaki KLX 150 selaku pionir di segmen motor trail. Meluncur pertama kali pada 2009 silam, motor ini tampil menjadi salah satu tulang punggung penjualan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Seiring perjalanannya, KLX 150 juga beberapa kali mendapatkan penyegaran. Hingga pada tahun 2023 lalu, produk ini hadir dalam tiga varian yaitu Kawasaki KLX 150, Kawasaki KLX 150 S dan Kawasaki KLX 150 SE. 

Kawasaki KLX 150 2024

Kawasaki KLX 150 2024

Baca juga: Kawasaki Ninja Edisi 40th Dirilis, Total Cuma 25 Unit, Cocok Buat Kolektor!

Bicara ubahan paling signifikan, terletak pada sistem penerangan depan yang sudah menggunakan jenis LED. Kemudian teruntuk indikator kendaraan, ditampilkan melalui panel meter digital. 

Selebihnya, tak ada perbedaan seputar mesin di mana tetap dikombinasikan dengan sistem pengabutan bahan bakar karburator. 

Sementara perbedaan ketiga varian KLX 150 ini terletak penggunaan suspensi depan, di mana varian KLX 150 dan KLX 150 SE menggunakan upside down. Sementara tipe KLX 150 S masih memakai peredam kejut depan teleskopik.  

Kemudian, terdapat pula diferensiasi ukuran lingkar roda dan berdampak terhadap ketinggian jok. Lalu, pula decal yang membuat versi SE lebih mahal ketimbang dua varian lain. 

Honda CRF150L 2024

Bergeser ke jenama sayap kepak, Honda CRF150L juga menghadirkan pula penawaran menarik untuk pecinta garuk tanah. Daya tarik motor ini langsung terlihat menakala menyuguhkan fork depan upside down. 

Honda CRF150L 2024

Honda CRF150L 2024

Baca juga: Pemerintah Keluarkan SE Pemberian THR, Ojol dan Kurir Dapat Juga?

Tabung shock-nya pun dibikin mencolok dengan kelir emas. Namun yang terpenting adalah diameternya mencapai 37 mm dengan stroke 225 mm. 

Sementara menyoal sistem penerangan, PT Astra Honda Motor (AHM) justru memilih jenis lampu bohlam biasa. Padahal, untuk panel meternya sendiri sudah full digital. 

Walau begitu, penggunaan lampu ini jelas sengaja dilakukan agar lebih murah saat mengganti salah satunya jika mengalami kerusakan. 

Performa Mesin Kawasaki KLX 150 vs Honda CRF150L

Bicara mesin, Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF150L bermain di level serupa meski beda sistem pengabutan (CRF150L menggunakan sistem injeksi). Performanya juga tersalur ke roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan. 

Honda CRF150L vs Kawasaki KLX 150

Honda CRF150L vs Kawasaki KLX 150

Baca juga: Ragam Pilihan Motor Matic Murah Tahun 2024, Ada yang Cuma Rp 14 Jutaan!

Di atas kertas, Honda CRF150L ternyata lebih baik dari sisi performa. Tenaganya mencapai 12,91 PS di 8.000 rpm dan torsi maksimal 12,43 Nm di 6.500 rpm. 

Catatan itu rupanya lebih besar ketimbang Kawasaki KLX 150 yang notabene juga memiliki bobot lebih enteng. Baik tenaga maupun torsi puncaknya masing-masing adalah 12 PS di 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm pada 6.500 rpm. 

Yamaha WR155 R

Namun mengenai catatan performa, Yamaha WR155 R jelas lebih unggul berkat mesin 155 cc yang digendongnya. Untuk tenaganya mencapai 16,7 PS di 10.000 rpm, sementara torsi maksimal tertulis adalah 14,3 Nm di 6.500 rpm. 

Berbeda pula dengan KLX 150 maupun CRF150L, performa mesin WR155 R itu tersalur ke roda belakang melalui transmisi 6 percepatan. 

Lantas mengenai modal lain dari motor buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meliputi suspensi depan teleskopik diameter 41 mm dan kapasitas tangki bensin paling banyak (8,1 liter). 

Yamaha WR155 R 2024

Yamaha WR155 R 2024

Baca juga: Pilihan Motor Matic 2024 Bergaya Trail, Termurah Rp18 Jutaan

Kendati begitu, tak dipungkiri jika Yamaha WR155 R juga menjadi produk dengan bobot paling berat diantara para rivalnya itu.     

Daftar Harga
Kawasaki KLX 150 S 2024 Rp 33.700.000
Kawasaki KLX 150 2024 Rp 37.300.000
Kawasaki KLX 150 SE 2024 Rp 40.300.000
Honda CRF150L 2024 Rp 36.430.000
Yamaha WR155 R 2024 Rp 38.900.000

Pun jika bicara soal harga, Yamaha WR155 R menjadi yang termahal dengan banderol Rp38.900.000 (on the road Jakarta). Selisihnya lumayan jika dibandingkan dengan Honda CRF150L dengan Rp36.430.000 atau Kawasaki KLX 150 Rp37.300.000. Bahkan ada yang paling murah yaitu Kawasaki KLX 150 S yaitu Rp33.700.000

Spesifikasi Kawasaki KLX 150 2024
Power Maksimum 12 PS / 8,000 rpm
Torsi Maksimum 11.3 Nm / 6,500 rpm
Jenis Mesin Air-cooled, 4-stroke Single
Volume Silinder 144 cc
Diameter x Langkah 58.0 x 54.4 mm
Perbandingan Kompresi 9.5:1
Sistem Katup SOHC, 2 valves
Sistem Suplai Bahan Bakar Carburettor: NCV24
Sistem Pengapian DC-CDI
Start Electric & Kick
Transmission 5-speed, return
Primary Reduction Ratio 2.880 (72/25)
Final Reduction Ratio 3.714 (52/14)
Kopling Wet multi-disc, manual
System Final Drive Type Chain
Tipe Rangka Perimeter, steel
Suspensi Depan ø35 mm inverted fork
Suspensi Belakang Uni Trak, single shock with adjustable spring preload
Wheel Travel Depan 185 mm
Wheel Travel Belakang 192 mm
Sudut Putar / Trail 26.9° / 110 mm
Roda Depan 2.75-21 45P
Roda Belakang 4.10-18 59P
Rem Depan ø240 mm petal disc
Kaliper Depan Twin-piston
Rem Belakang ø190 mm petal disc
Kaliper Belakang Single-piston
Panjang x Lebar x Tinggi 2,050 x 830 x 1,155 mm
Jarak poros roda 1,345 mm
Jarak ke Tanah 300 mm
Tinggi Tempat Duduk 865 mm
Berat** 118 kg
Kapasitas Bensin 6.9 litres

 

Spesifikasi Honda CRF150L 2024
Tipe Mesin 4-Langkah, SOHC, Satu Silinder
Kapasitas Mesin 149.15 cm3
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah 57.3 x 57.8 mm
Tipe Tranmisi 5-Speed
Rasio Kompresi 9.5:1
Daya Maksimum 9,51 kW(12,91 PS)/8.000 rpm
Torsi Maksimum 12,43 Nm(1,27 kgf.m)/6.500 rpm
Tipe Starter Pedal dan Elektrik
Tipe Kopling Manual, Multiplate Wet Clutch
Sistem Pendingin Mesin Pendingin Udara
Pola Perpindahan Gigi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Tipe Rangka Semi Double Cradle
Tipe Suspensi Depan Inverted Telescopic Front Suspension (Diameter 37 mm & Stroke 225 mm)
Tipe Suspensi Belakang Monosuspension with Pro-Link Suspension System (Axle Travel 207 mm)
Ukuran Ban Depan 2.75 – 21 45P (Ban Dalam)
Ukuran Ban Belakang 4.1 – 18 59P (Ban Dalam)
Rem Depan Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 240 mm)
Rem Belakang Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 220 mm)
Rear Wheels U-section 10 spoke cast alumunium
Front Wheels U-section 10 spoke cast alumunium
Panjang X Lebar X Tinggi 2.119 X 793 X 1.153 mm
Tinggi Tempat Duduk 869 mm
Jarak Sumbu Roda 1.375 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 285 mm
Curb Weight 122 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 7.2 L
Kapasitas Minyak Pelumas 1.0 Liter (Penggantian periodik)
Tipe Baterai Atau Aki MF Wet 12V 3.5Ah
Sistem Pengapian Full Transisterized
Tipe Busi NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9
Tail Light LED

 

Yamaha WR155 R 2024
P x L x T 2.145 x 840 x 1.200 mm
Sumbu Roda 1.430 mm
Jarak Terendah 245 mm
Tinggi Tempat Duduk 880 mm
Berat Isi 134 kg
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan
Diameter x Langkah 58  x 58,7 mm
Kapasitas Mesin 155 cc
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Transmisi manual 6 speed
Tenaga Maksimal 16,7 PS @ 10.000 rpm
Torsi Maksimal 14,3 Nm @ 6.500 rpm
Tipe Rangka Semi double cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 2.75-21
Ban Belakang 4.10-18
Rem Depan Cakram 240 mm
Rem Belakang Cakram 220 mm

 

 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });