window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kawasaki Ninja ZX-25R Makin Bertenaga, Upgrade 300 Cc Tenaga Tembus 54 Dk!

Fariz · 15 Jan, 2023 14:30

Kawasaki Ninja ZX-25R Makin Bertenaga, Upgrade 300 Cc Tenaga Tembus 54 Dk! 01

Kawasaki Ninja ZX-25R 300 cc milik Sportisi Motorsport.
  • Tenaga melonjak mulai dari putaran rendah.
  • Ada garansi mesin hingga 8.000 km.

Kawasaki mengembalikan era mesin 250 cc 4 silinder dengan menghadirkan Kawasaki Ninja ZX-25R. Itulah yang membuat kehadiran sport fairing 250 cc ini begitu viral dengan antrian pembeli yang cukup panjang.

Karena 4 silinder, maka kapasitas mesin persilindernya hanya 62,4 cc. Jadi tidak heran kalau pistonnya hanya berdiameter 50 mm dengan panjang langkah 31,8 mm, stroke pendek ini membuat mesinnya bisa berkitir hingga limiter di kisaran 17.000 rpm!

Itu membuat mesin ZX-25R cukup bertenaga di putaran tinggi, terutama ketika berada di atas 6.000 rpm. Namun saat dibawa di bawah rpm tersebut, mesinnya terasa sedikit lemot.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Walaupun digas secara agresif, tapi keluaran tenaganya tidak terlalu menghentak. Karakter tenaga di putaran rendahnya cenderung smooth dan baru terasa mendorong ketika di atas 10.000 rpm.

Baca juga: Motor Bekas Seharga Kawasaki Ninja 250 Baru, Dapat Apa?

Ingin menghilangkan karakter lemot di putaran bawah tersebut? Bisa tengok upgrade mesin 300 cc dari Sportisi Motorsport. Paket ini dibanderol Rp 39 juta, apa saja yang didapat?

Blok Aluminium Billet

Untuk menaikan kapasitas mesinnya, diameter piston diperbesar menggunakan diameter 55 mm. Ketika dikombinasi langkah standar 31,8 mm, langsung membuat kapasitas mesinnya menjadi 302 cc.

Pistonnya forged made in Jepang yang tentunya sudah terbukti kuat. Piston ini diatur untuk menggebuk perbandingan kompresi 11,6:1. Piston barunya terpasang pada blok silinder baru yang dibuat menggunakan bahan aluminium billet dengan proses mesin CNC.

Baca juga: Spesifikasi Mesin Kawasaki Stockman 2023, Tangguh dan Minim Perawatan?

Kawasaki Ninja ZX-25R Makin Bertenaga, Upgrade 300 Cc Tenaga Tembus 54 Dk! 01

Blok silinder billet dan piston forged 300 cc

Bahan blok ini bisa melepas panas dengan lebih cepat, apalagi water jacket di tiap silindernya lebih besar sehingga kapasitas air radiator di ruang silinder akan lebih banyak, otomatis lebih adem!

Jalur masuk dan keluarnya campuran udara dengan bahan bakar pada kepala silinder kena sentuh mata bor tuner, biasa dikenal porting and polished untuk mengoptimalkan flow udara.

Reflash ECU

Agar tidak kekurangan pasokan bahan bakar, maka paket 300 cc ini sudah termasuk dengan remap atau reflash ECU bawaan ZX-25R agar punya debit bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin barunya.

“Ibaratnya untuk mesin 300 cc standar, jadi kaya keluar pabrik. Kalau sudah ganti knalpot dan komponen lain tuning pakai piggyback Powertronic yang dijual terpisah. Injector dan busi masih pakai bawaan ZX-25R, bawaannya sudah bagus,” ujar Koko Adiyaksa dari Sportisi Motorsport.

Baca juga: Kawasaki Stockman 2023 Punya Fitur Unik, Gak Ada di KLX230 Nih!

Kawasaki Ninja ZX-25R Makin Bertenaga, Upgrade 300 Cc Tenaga Tembus 54 Dk! 02

Tuning disempurnakan menggunakan piggyback Powertronic

Tensioner original digantikan dengan tensioner manual berbahan aluminium billet yang dibuat menggunakan mesin CNC. Tujuannya agar memiliki durability yang lebih kuat, tidak mudah kendur seperti tensioner originalnya.

Kipas Radiator

Radiator tetap menggunakan bawaan ZX-25R, namun ada penggantian pada kipas radiator. “Diameter kipasnya sedikit lebih besar dari bawaan ZX-25R, putaran kipas juga lebih kenceng,” yakin Koko.

Gir Depan 15 Mata

Gak hanya sektor mesin, dalam paket yang disediakan Sportisi Motorsport juga sudah termasuk dengan gir depan dengan ukuran 15 mata yang sedikit lebih besar dari gir depan original ZX-25R.

“Biar pas sama power delivery dari mesin 300 cc. Sebelumnya udah ngeracik berbagai ukuran dan ukuran ini yang paling pas. Karena tenaga kan udah naik jauh ya, jadi biar top speed juga dapet, kalau akselerasi udah pasti dapet.” 

Baca juga: Dilepas Rp 800 Jutaan, Inden Kawasaki Ninja H2 Tetap Membludak!

Kawasaki Ninja ZX-25R Makin Bertenaga, Upgrade 300 Cc Tenaga Tembus 54 Dk! 03

Kipas radiator diganti dengan yang lebih besar

“Kemudian ada garansi mesin hingga 8.000 km atau 6 bulan. Garansi ini untuk di luar pemakaian balap ya, jadi garansi berlaku hanya untuk pemakaian normal saja. Opsional lain bisa pakai knalpot yang kami buat karena sudah bagus dan pas, knalpot SRX Rp 7 juta untuk yang carbon Rp 8 juta,” tambah pria yang bengkelnya ada di bilangan Rawamangun, Jaktim ini.

Kenaikan Tenaga

Upgrade mesin ZX-25R menjadi 300 cc ini klaimnya ada kenaikan tenaga on wheel hingga 10 hp. Bahkan kenaikan tenaganya akan lebih tinggi dan lebih sempurna ketika dikombinasi dengan piggyback Powertronic dan knalpot SRX.

Di mesin dyno Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport, tercatat ZX-25R standar mencatatkan tenaga maksimal 41,62 dk di 15.840 rpm dengan torsi maksimal 19,24 Nm pada 14.970 rpm.

Baca juga: Update Harga Motor Kawasaki, Diskon W175 Series Menggiurkan Nih!

Kawasaki Ninja ZX-25R Makin Bertenaga, Upgrade 300 Cc Tenaga Tembus 54 Dk! 04

Grafik ZX-25R 300 cc (biru) naik jauh dibanding ZX-25R standar (merah)

Setelah full upgrade 300 cc hasilnya bisa memuntahkan tenaga maksimal 54,04 dk di 16.320 rpm serta torsi maksimal 26,73 Nm di 13.120 rpm. Itu berarti ada kenaikan tenaga 12,42 dk dan kenaikan torsi 7,49 Nm.

Sikaattt!

Sportisi Motorsport: 0813-1573-3333

Kawasaki Ninja ZX-25R Makin Bertenaga, Upgrade 300 Cc Tenaga Tembus 54 Dk! 05

Keluaran tenaga lebih maksimal dengan knalpot SRX

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });