Kelebihan-Kekurangan Honda Genio 2022, Rp 18 Jutaan Layak Jadi Alternatif Honda BeAT 2022?
Harry · 23 Apr, 2022 09:00
0
0
Pelek barunya bikin tampilan lebih menarik.
Harga tak sampai Rp 20 juta.
Dikenal ringan dan irit.
Honda Genio 2022 yang dirilis belum lama ini mendapatkan perubahan yang cukup signifikan. Apalagi kalau yang utama bukan dari area kaki-kaki, dengan bodinya yang bergaya retro modern semakin klop disandingkan pelek 12 inci.
Yup, pelek yang dipakai persis dengan spesifikasi yang dipasangkan untuk Honda Scoopy 2022. Bannya pakai ukuran 100/90-12 dan 110/90-12, dengan desain yang digunakan Honda Scoopy generasi sebelumnya.
Ubahan lainnya tentu saja ada pada segitiga dudukan suspensi depan yang lebih lebar 10 mm. Kemudian panjang suspensi belakang, supaya motor jadi tidak lebih rendah dibanding saat pakai pelek 14 inci.
Lainnya ada perubahan desain bodi depan yang kini tak lagi pesek, ditambah posisi power outlet yang sebelumnya berada di bagasi, sekarang ada di bawah kunci kontak, sehingga lebih mudah diakses.
Naksir sebagai alternatif Honda BeAT yang sudah terlalu pasaran? Sebelum beli, ada baiknya kalian harus tahu juga kelebihan dan kekurangan dari motor satu ini, apa saja?
Keunggulan Honda Genio 2022
1. Bobot Ringan
Salah satu daya tarik matic entry level dari Honda yakni punya bobot ringan, termasuk Honda Genio 2022 ini. Pasalnya sudah menggunakan rangka eSAF, yang juga pertama kali diterapkan untuk Honda Genio tahun 2019 lalu.
Rangka ini sendiri terbuat dari pelat baja yang di-press dan cetak, kemudian dilas pakai las laser. Bobot Honda Genio sendiri saat ini 92 kg (CBS) dan 93 kg (CBS-ISS).
Selain rangka eSAF, Honda Genio 2022 juga jadi yang pertama pakai mesin eSP generasi terbaru, dengan struktur mesin over stroke. Mesin ini sengaja dibuat untuk mengejar torsi putaran rendah dan tentu saja efisiensi bahan bakar.
Klaim pabrikan motor ini bisa melaju sampai 59,1 km dengan seliter bahan bakar. Tapi dari hasil pengetesan kami dengan metode full to full, konsumsi bahan bakar tercatat 52,6 km/liter. Irit juga ya?
3. Fitur Lumayan Banyak
Dengan harga yang tak sampai Rp 20 juta, kalian sudah bisa dapat motor dengan fitur yang lumayan banyak. Misal lampu depan sudah LED, rem cakram dengan Combi Brake System sebagai standar.
Kemudian power outlet di bawah rumah kunci berpengaman magnet. Ruang penyimpanan di balik jok 14 liter dan konsol terbuka di depan. Mesin pun sudah pakai ACG Starter untuk semua tipe dan ada Idling Stop System untuk tipe CBS-ISS.
Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, bagasi Honda Genio yang 14 liter ini terhitung lega. Ya walau gak bisa menampung helm, tapi lebih dari cukup untuk membawa jas hujan, sarung tangan dan lap.
5. Harga Murah
Honda Genio 2022 diset untuk mengisi celah pasar antara Honda BeAT dan Honda Scoopy yang harganya semakin tinggi. Honda Genio juga bisa jadi alternatif dengan harga lebih terjangkau untuk yang mau matic stylish tapi harga bersahabat.
Harga Honda Genio 2022 kini 18,530 juta untuk tipe CBS dan Rp 19,125 juta untuk tipe CBS-ISS. Harga tersebut on the road Jakarta. Masih aman dong dompetnya?
Kekurangan Honda Genio 2022
1. Desain Nanggung
Nah ini yang disebut-sebut jadi sebab kenapa banyak orang mending pilih Honda Scoopy walau lebih mahal, atau malah Honda BeAT sekalian. Desainnya agak nanggung, terlebih model sebelumnya.
Bodi depan cenerung terlalu datar dan terlihat pesek. Kemudian dibandingkan Honda Scoopy, bentuknya kalah menarik. Tapi lagi-lagi ini kembali pada selera ya, kalau sudah suka tak usah peduli kata orang lain.
2. Panel Meter Kecil
Sejatinya diantara matic entry level Honda lain, Honda Genio 2022 ini punya panel meter paling modern. Karena sudah full digital. Tapi ukuran layarnya terlalu kecil, sementara frame-nya bulat dan besar.
Informasinya pun sederhana, cuma ada spidometer, odometer, fuel meter. Tambahannya indicator eco, pass beam, check engine, indikator ISS dan lampu sein. Andai ukuran layarnya diperbesar bakal lebih memuaskan mata nih.
Kesimpulan
Sebagai motor matic murah, Honda Genio 2022 mencoba bersolek untuk memenuhi ekspektasi konsumen, akan matic stylish dengan harga terjangkau. Perubahan minor pada bodi dan penerapan pelek 12 inci jadi jawabannya.
Efisiensi bahan bakar, bagasi yang terhitung lega hingga bobot yang ringan jelas jadi daya tariknya. Semuanya tadi akan mempermudah penggunannya untuk berkendara sehari-hari.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil