Kode MIL Honda yang kedua yaitu kedipan panjang. Umumnya hal ini terjadi secara berulang.
Misal, terdapat kedipan panjang sebanyak dua kali. Lalu setelah 3-5 detik, diikuti lagi dengan kedipan pendek sebanyak satu kali.
Itu berarti nilai MIL pada Honda Beat Anda sebanyak 21 (2+1 kedipan). Berdasarkan panduan kode kerusakan pada motor injeksi Honda, problem ada pada bagian sensor O2 (oxigen sensor).
Tentu saja tidak cuma itu. Faktanya pihak PT Astra Honda Motor (AHM) sudah menginformasikan, ada 10 kode MIL Honda berdasarkan jumlah kedipan serta kerusakan apa yang teridentifikasi jika engine check berkedip.
Pada kode ini kerusakan motor cukup fatal karena ECM tidak berfungsi. Akibatnya mesin tidak dapat dihidupkan. Sekalipun bisa nyala, bakal sering mati.
9. Kedipan 52: sensor CKP (Crankshaft Position)
Kejadian serupa juga bisa dialami saat Anda menemukan kode 52. Andaikata bisa hidup, stasioner mesin kasar dan akselerasi turun di setiap putaran mesin (bawah, tengah maupun atas).
10. Kedipan 54: sensor BAS (Bank Angle Sensor)
Sensor BAS menyala saat motor terjatuh. Lalu sensor akan mengirimkan informasi ke ECU untuk kerja fuel pump, injektor dan ignition oil dan membuat mesin mati.
Cara mengatasi 10 kedipan Honda Beat FI tadi tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk itu, Anda harus mendatangi langsung bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
"Masalah itu bisa jadi karena kotor atau sambungan kabelnya lepas (kendur). Di sini motor masih bisa jalan, tapi indikator itu masih muncul."
"Umpama sambungan kabelnya oke, bisa jadi sensornya yang bermasalah, bisa dicek dengan alat SCS (Service Check Short) connector yang ada di bengkel resmi," kata Endro Sutarno, yang kala itu masih menjabat sebagai Technical Service Division dari PT Astra Honda Motor (AHM).
Menurutnya, konsumen belum tentu paham dari mana sumber masalah itu berada. Yang runyam adalah ketika Honda BeAT tidak bisa menyala.
"Motor itu tidak bisa jalan kalau sudah ada tanda 33 (ECM) atau 52 (CKP). Tapi perlu diketahui juga mereset dengan SCS itu bisa dilakukan setelah ada perbaikan terhadap komponen yang bermasalah," lanjut Endro kepada Autofun.co.id
Reset ECU sendiri sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus ke bengkel. Misalkan motor masih menyala, tapi terasa 'brebet' ketika gas dipuntir.
"Cukup mengontak ON dan OFF sebanyak tiga kali. Kemudian pada kontak ON keempat lampu itu akan mati. Dengan catatan bukan trouble di sistem injeksinya. Tapi, cara ini baru ada di Honda Vario 150, Honda PCX, Honda ADV 150 dan Honda CBR150 atau CBR250RR," pungkasnya.
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!