Kulik Lebih Dalam Yamaha E01, Calon Pengganti NMax Di Masa Depan!
Fariz · 18 Mei, 2022 08:30
0
0
Yamaha E01 jadi motor listrik baru Yamaha di Indonesia
Punya dimensi, tinggi jok, dan ruang bagasi yang identik dengan NMAX
Pakai mesin listrik mid drive, tenaga diteruskan ke roda menggunakan belt
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara tiba-tiba memerkan salah satu motor listrik terbarunya, yaitu Yamaha E01 di gelaran IIMS Hybrid 2022. Namun saat itu pihak YIMM belum banyak berkomentar mengenai motor tersebut.
Bahkan sama sekali tidak boleh menyalakan kontak apalagi untuk mendengarkan suara mesin listriknya. Sampai akhirnya YIMM mengadakan acara khusus untuk para awak media untuk membedah lebih dalam E01.
Tenaga mesin diteruskan ke roda belakang pakai belt seperti TMAX
Yamaha E01 menjadi digadang-gadang menjadi Yamaha NMax versi listrik. Itu karena memang secara dimensi kedua motor ini hampir sebanding. Bahkan desain dan tinggi joknya sama, yaitu 755 mm.
Pelek yang digunakan juga ring 13 inci, terlihat model palangnya mirip, tapi ada sedikit perbedaan pada lekuk palang peleknya. Pelek belakang juga berbeda, karena menggunakan belt sebagai penerus tenaga dari mesin listriknya.
Yang unik adalah model suspensi belakang, pakai sepasang suspensi pendek yang desainnya seperti monoshock motor tipe sport. Setang pakai model tinggi seperti NMax yang ditutupi cover bodi, lalu ada keyless untuk menyalakan motor tersebut.
Suspensi belakang mirip monoshock motor sport
Bagasi Kapasitas 23 Liter
Di bawah setang Yamaha E01 juga terdapat kompartemen yang ada di sisi kiri dan kanan. Meski bodi belakangnya terlihat tipis, tapi ternyata di bawah joknya terdapat ruang bagasi yang cukup lega.
Kapasitas bagasi 23 liter seperti NMAX bisa memuat helm full face
Kapasitasnya sendiri 23 liter, mirip seperti Yamaha NMax . Tentu saja bisa menampung sebuah helm full face, tapi konsekuensinya tidak bisa menyimpan portable charger.
Spidometer Digital
Spidometer yang digunakan E01 sudah fully digital dengan negative display, bentuknya mirip seperti Yamaha NMax generasi kedua. Namun tentu saja isi informasinya lebih lengkap.
Spidometer fully digital dengan informasi kapasitas baterai yang besar
Paling penting ada kapasitas baterai dan riding mode. Hadir dalam tiga pilihan, yaitu ECO, STD, dan PWR. Masing-masing riding mode mempengaruhi besaran tenaga yang dikeluarkan oleh mesin listriknya.
Ada sepasang kompartemen di bawah setangnya
Reverse Mode
Untuk mempermudah pengendaranya saat berada di parkiran, Yamaha E01 memiliki fitur reverse mode atau mode mundur. Ini juga menjadi salah satu kepraktisan dari motor listrik.
Reverse Mode memudahkan pengendara ketika di parkiran
Karena untuk memiliki mode mundur tersebut, sistem hanya perlu mengatur ulang keluaran tenaga ke dinamonya saja. Tidak seperti di mesin konvensional, dibutuhkan transmisi khusus agar motor bisa memiliki mode mundur.
Caranya juga sangat mudah, menekan tombol R yang ada di saklar kiri sisi depan berbarengan dengan tombol Mode yang ada di saklar kanan. Selain beragam fitur yang disebutkan di atas, masih banyak lagi hal yang menarik dari Yamaha E01.
Jok lebar dan punya tinggi seperti NMAX
Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa simak ulasannya pada channel YouTube MotoFun Indonesia di bawah ini. Jangan lupa subscribe!