Lebih Mahal Dari Honda BeAT 2022, Harga Yamaha Nouvo Z Bekas Tembus Rp 18 Jutaan!
Ilham · 5 Nov, 2021 14:00
0
0
Pada pertengahan tahun 2000-an, tepatnya pada 2005 pasar motor Indonesia kehadiran motor matic bertampang keren berjuluk Yamaha Nouvo Z. Motor tersebut didaulat sebagai pengganti Yamaha Nouvo yang lahir pada tahun 2002.
Berbeda dari pendahulunya yang bertampang elegan, Yamaha Nouvo Z menampilkan kesan sporty lewat penggunaan sepasang headlamp model split dengan velg palang. Serta bodi ramping yang dilengkapi dengan aksen silver pada panel bodinya untuk menunjukan kesan kokoh.
Sayangnya, saat itu pasar masih didominasi oleh konsumen motor bebek dan Yamaha pun baru merilis skuter matik terjangkau mereka, Yamaha Mio. Alhasil usia Yamaha Nouvo Z tak bertahan lama di Indonesia. Cukup 2 tahun, karena Yamaha Indonesia memutuskan untuk menghentikan produksi Nouvo Z pada tahun 2007.
Meski saat itu kehadirannya tampak kurang diterima baik. Namun nyatanya saat ini, Yamaha Nouzo Z justru menjadi incaran kolektor dan penggemar motor. Bahkan meski usianya sudah lebih dari satu dekade, tidak lantas membuat harga jual motor matik Yamaha tersebut terjun bebas.
Terpantau dari sederet pilihan di situs jual-beli online, harga jual Yamaha Nouvo Z terbilang tinggi. Rata-rata harga jualnya berkisar antara Rp 9-10 jutaan. Sedangkan versi 'bahan' yang ditawarkan dengan kondisi kurang terawat masih berani melepas dengan banderol Rp 6 juta.
Lalu bagaimana dengan model yang terawat dan kondisi masih seperti baru? Wah, ini pun masih diangka belasan juta. Tak sedikit juga yang menjual Yamaha Nouvo Z mereka dari tahun 2005 atau 2006 dengan angka Rp 17-18 jutaan!
Ini artinya harga bekas tersebut lebih mahal dari harga jualnya saat baru dulu yang hanya Rp 12 jutaan. Bahkan harga ini juga lebih tinggi jika dibandingkan motor matic baru. Sebut saja dibanding Honda BeAT yang dibanderol mulai Rp 16,665 juta, atau Yamaha Mio M3 dengan Rp 16,75 juta.
Tentu bukan tanpa alasan jika Yamaha Nouvo Z masih digemari, termasuk oleh anak muda yang hobi nongkrong bersama teman-temannya, atau untuk berkendara di Minggu pagi alias sunmori (Sunday morning ride).
Pertama tentu soal tampilan sporty yang terlihat tetap modern saat disejajarkan dengan motor baru sekalipun. Meski berpenampilan modern, namun kesan unik tetap terlihat dibanding motor matic saat ini. Terutama dari bagian kaki-kakinya yang dikawal velg cast wheel (palang) 16 inci berbalut ban 70/90-16 di depan dan 80/90-16 di belakang.
Masih dari sisi tampilan, Yamaha Nouvo Z juga beredar di beberapa negara Asean, termasuk Thailand dan Vietnam. Hal tersebut membuat inspirasi dan komponen modifikasinya juga mudah didapat.
Subtitusi Komponen Dari Luar Negeri Hingga Yamaha Mio
Bahkan tak jarang ada pula pengguna Yamaha Nouvo Z yang mengganti grafis decal stiker atau headlamp bawaannya dengan versi Thailand atau Vietnam.
Selain itu, Yamaha Nouvo Z juga digemari karena spare partnya yang terbilang cukup mudah didapat. Ini juga karena ada beberapa common parts, khususnya di sektor mesin yang bisa disubtitusi dengan sesama matic Yamaha seperti Mio. Karena mesinnya sama-sama mengandalkan tipe SOHC silinder tunggal 115 cc berpendingin udara dengan tenaga 8,9 PS dan torsi 7,84 Nm.