Menakar Rivalitas Suzuki Gixxer 250 SF 2021, Menggoda buat Pasar Indonesia?
Ary · 7 Apr, 2021 15:00
0
0
Suzuki GSX-R150 menjadi satu-satunya lini sport fairing yang ditawarkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), untuk pasar Indonesia. Sementara jenama lain seperti Honda maupun Yamaha, punya opsi di kelas 250 cc. Pilihan tersebut sebenarnya ada pada Suzuki Gixxer SF 250. Hanya saja untuk wilayah Asia Tenggara baru tersedia di Thailand.
Cukup dekat dengan Indonesia, terlebih ada rumor sang produk bakal masuk ke Tanah Air. Pertanyaannya, apakah Gixxer SF 250 punya rivalitas memadai berkompetisi di kategori motor sport seperempat liter?
Suzuki Gixxer 250 SF meluncur di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2021.
Mesin Satu Silinder, Output paling Kecil
Kita tahu, Suzuki Gixxer 250 SF 2021 mengandalkan mesin SOHC 4 katup satu silinder. Dengan kubikasi 249 cc dan ramuan bore x stroke: 76 x 54,9 mm, torehan dayanya adalah 26,5 PS di 9.300 rpm. Sementara untuk torsi maksimum dicatatkan 22,2 Nm pada putaran 7.300 rpm.
Capaiannya tersebut tentu terpaut jauh dengan para pengguna mesin dua silinder. Sebut saja Yamaha R25 lewat catatan 36 PS @12.000 rpm dan 23,6 Nm @10.000 rpm. Bahkan cukup jauh kala menyandingkan pencapaian Honda CBR250RR 2021 - menghasilkan output 41 PS @13.000 rpm dan 25 Nm @11.000 rpm.
Suzuki Gixxer Mengandalkan mesin SOHC 250 cc satu silinder.
Satu-satunya lawan paling pas Suzuki Gixxer 250 SF adalah Kawasaki Ninja 250 SL. Walau begitu, kuda besi geng unggul dalam hal performa. Di atas kertas, mesin DOHC miliknya sanggup melontarkan daya 28 PS @9.700 rpm. Sedang mengenai torsi, tertulis 22,6 Nm di 8.200 rpm.
Desain Atletis sekaligus Kompak
Boleh jadi ia kalah dari sisi performa. Tapi, desain Suzuki Gixxer 250 SF rasanya masih boleh diadu. Kenyataannya, DNA ala GSX series tetap diamini oleh motor ini. Memang tak mengandalkan sepasang lampu utama terpisah seperti CBR250RR atau R25. Namun, uniknya lampu kepunyaan Suzuki Gixxer 250 SF terdiri dari unit-unit LED. Penempatannya juga terbagi secara merata, berikut fungsi hig beam maupun low beam.
Lampu depan Suzuki Gixxer unik dan sudah menggunakan jenis LED.
Suzuki Gixxer 250 SF tak kalah sporty dari sisi desain. Meski tak kepalang banyak tarikan garis-garis tegas, perawakannya tetap atletis sekaligus kompak. Sementara buritan, tampak menjulang ditambah jok penumpang yang terpisah dari jok pengendara. Selanjutnya, bagian menarik darinya juga terletak pada knalpot dengan dua saluran buang.
Cocok untuk Giat Touring
Lantas bagaimana dengan posisi berkendaranya? Dengan rancang bangun demikian, Suzuki Gixxer 250 SF rasanya jauh lebih nyaman untuk dikendarai jarak jauh. Penempatan posisi setang menjepit di atas segitiga atas (upperyoke).
Suzuki Gixxer 250 SF menggunakan penyajian setang upperyoke.
Dengan kata lain merujuk kepada konsep sport touring. Mungkin saja suguhan demikian tak digemari penggemar motor sport tulen - menggunakan setang underyoke. Namun, bisa juga sebaliknya. Suzuki Gixxer 250 SF dapat menjadi pilihan baru bagi motoris yang gemar melakoni perjalanan jarak jauh.
Seperti kami sebutkan tadi, tubuh kompaknya juga terlihat pada dimensi. Ukuran total Suzuki Gixxer 250 SF 2021 adalah 2.010 x 740 x 1.035 mm (P x L x T). Sementara kombinasi ketinggian jok serta ground clearance dipatok 800 mm dan 165 mm. Secara bobot pun tergolong ringan yaitu 160 kg saja. Selain itu, motor ini juga sanggup menenggak bensin sebanyak 12 liter.
Minus Assist and Slipper Clutch
Tak banyak fitur yang disematkan Suzuki Gixxer 250 SF 2021. Terapan semacam quick shifter absen. Begitu pula Assist and Slipper Clutch yang kini justru marak diaplikasi motor sport 150 cc seperti Yamaha R15 atau Honda CBR150R 2021.
Pengereman ABS depan-belakang sudah menjadi perlengkapan standar Suzuki Gixxer 250 SF 2021.
Walau begitu, panel instrumen serbadigital sudah menjadi kelengkapan standarnya. Penyajiannya bahkan lebih mewah ketimbang Suzuki GSX-R150. Lalu sistem pengereman ABS dua kanal (depan-belakang), sudah termasuk ke dalam paketan motor ini.
Harga lebih Murah dari Motor Sport Dua Silinder
Dengan seluruh perbekalan yang dimiliki, berapa harga yang pantas untuk Suzuki Gixxer 250 SF 2021 di Indonesia? Untuk diketahui pula, NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) atas namanya sudah terdaftar di Permendagri (Peraturan Kementerian Dalam Negeri).
Panel meter Suzuki Gixxer 250 SF sepenuhnya digital.
Di sana tercatat, NJKB Suzuki Gixxer 250 SF dipatok Rp34,5 juta. Jika dikalkulasi bersama biaya tambahan seperti pajak dan lain-lain, menarik jika banderolnya tak lebih dari Rp40 juta. Pasalnya, banderol itu lebih murah dari motor sport 250 cc berkonfigurasi dua silinder.
Kesimpulan
Dibanding rival lain, Suzuki Gixxer 250 SF memang punya penawaran yang tidak spesial. Dari sisi performa saja, dirinya masih kalah dibanding kompetitor terdekat yaitu Kawasaki Ninja 250SL. Apalagi saat menyandingkan pencapaiannya dengan Honda CBR250RR atau Yamaha R25.
Namun, catatan output Suzuki Gixxer 250 SF tidak juga dikatakan minus. Terlebih lagi dengan rancang bangun yang dipunya. Setang tinggi kepunyaannya jelas menunjang saat pemakaian di dalam kota - posisi berkendara tidak kepalang bungkuk. Pastinya jua mendukung untuk pengendaraan jarak jauh. Jikapun benar PT SIS meniagakannya, Suzuki Gixxer 250 SF hanya akan bertarung dengan Kawasaki Ninja 250SL saja - sesama pengguna mesin 250 cc satu silinder.
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!