Mengintip Kembali Spesifikasi Detail Honda ADV150 2022, Istimewa Dari Matic Lain?
Harry · 11 Jan, 2022 12:30
0
0
Honda ADV150 memiliki tampilan yang gagah dan kekar
Kaki-kaki Honda ADV150 jenjang dengan ban dual purpose
Honda ADV150 hadir di Indonesia secara world premiere pada pembukaan GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) tahun 2019. Peluncurannya ini turut membuka segmen motor matic baru di Indonesia, yaitu matic 150 cc adventure.
Kesan adventure bisa langsung terasa ketika melihat desain bodinya yang punya DNA dengan sang kakak, Honda X-ADV. Skutik yang punya 7 pilihan warna ini dibanderol Rp 35,186 juta tipe CBS dan Rp 38,251 juta tipe ABS OTR DKI Jakarta ini punya spesifikasi yang mumpuni.
Desain Adventure Gagah
Bisa dilihat dari lekuk bodi yang tajam serta kaku yang justru memberi kesan gagah serta kuat pada ADV150. DNA X-ADV ikut terasa di mana lampu utamanya menggunakan LED baik lampu jauh maupun dekat lengkap beserta DRL (Daytime Running Light).
Di atasnya terdapat windscreen yang ketinggiannya dapat diatur, tepatnya ada 2 posisi yang bisa dipilih. Pertama posisi paling rendah untuk memberi kesan aerodinamis, kedua posisi paling tinggi untuk menghalau terpaan angin ke pengendaranya.
Posisi paling tinggi ini punya beda ketinggian mencapai 71 mm. Oiya untuk mengatur posisinya dilakukan secara manual dengan menarik kedua knob penguncinya. Di rangka tengah terdapat punuk yang berisikan tangki bensin 8 liter yang siap menemani pengendaranya berpetualang.
Sedangkan desain bodi belakangnya lebih ramping juga dengan model lampu rem persegi panjang dengan lampu standby membentuk huruf X. Keempat seinnya model terpisah seperti motor sport dan sudah LED, bentuknya identik dengan yang digunakan CBR series nih.
Kaki-Kaki Jenjang
Untuk menunjang konsepnya yang mampu dipakai di jalur on road maupun off road, PT Astra Honda Motor (AHM) memberi spesifikasi kaki-kaki jenjang. Seperti penggunaan suspensi depan teleskopik dengan diameter as 31 mm yang cukup besar untuk skutik 150 cc.
Belum lagi jarak main suspensinya mencapai 130 mm. Suspensi belakang juga gak kalah tinggi, punya tinggi mencapai 395 mm yang dilengkapi tabung peredam terpisah. Jarak mainnya mencapai 120 mm.
Gak ketinggalan dengan spesifikasi roda yang digunakan, pakai ring 14 inci dengan ban 110/80-14 di depan dengan ring 13 inci pakai ban 130/70-13 di belakang. Ban yang digunakan pun tipe dual purpose agar mumpuni digunakan di jalur on road serta off road ringan.
Dengan spesifikasi tersebut, membuat Honda ADV150 memiliki jarak terendah ke tanah mencapai 165 mm serta tinggi jok pengendara 795 mm.
Informasi Spidometer Lengkap
Honda ADV150 dilengkapi tampilan spidometer yang khas akan GPS pada tunggangan adventure. Desainnya mengotak yang sudah fully digital dengan negative display yang lebih mudah dipantau baik siang maupun malam hari.
Isi informasinya mulai dari penunjuk kecepatan, jam, odometer, trip A dan B, fuel meter, hingga tanggal serta bulan yang jarang ditemui di skutik 150 cc. berikutnya ada indikator oil change, average fuel consumption, air temperature, dan voltase aki.
Gak ketinggalan ada instant fuel consumption dalam bentuk bar yang akan terus berubah secara real time tergantung gaya berkendara. Semakin penuh bar tersebut, menunjukan gaya berkendaranya sangat efisien.
Untuk menyimpan barang yang tidak terlalu besar, bisa memanfaatkan console box yang dilengkapi penutup tepat di bawah setang sisi kiri. Bahkan di dalamnya dilengkapi pula dengan DC Power Charge sehingga mudah mengisi daya smartphone.
Jika ingin membawa barang yang lebih banyak, bisa tengok ruang bagasi yang disediakan di bawah jok. ADV150 memiliki ruang bagasi hingga 28 liter yang tentunya dapat dengan mudah menelan sebuah helm full face.
Mesin 150 Cc eSP
Sebagai penggeraknya Honda ADV150 menggunakan mesin 150 cc 4 langkah, SOHC 2 katup, berpendingin cairan. Klaim tenaga yang dihasilkan 14,5 PS di 8.500 rpm dengan torsi 13,8 Nm pada 6.500 rpm.
Basic mesin yang digunakan hampir mirip dengan yang digunakan pada PCX 150. Namun ada beberapa ubahan, seperti di bagian intake, knalpot, mapping ECU, juga beberapa pembeda di area CVT.
Karenanya Honda ADV150 punya klaim tenaga yang sedikit lebih kecil dibanding PCX 150, namun torsinya lebih besar 0,6 Nm.
Yang tidak ketinggalan adalah teknologi-teknologi kekinian yang disematkan pada Honda PCX150. Seperti adanya Honda Smart Key System yang bertugas juga sebagai answer back system dan anti-theft system.
Kemudian ada 2 jenis fitur pengereman, ada tipe Combi Brake System (CBS) dan ABS (Anti-lock Braking System) 1 channel yang hanya ada di roda depan. Untuk mesin sudah menggunakan sistem ACG Starter yang bikin momen menyalakan mesin lebih halus.
Tidak ketinggalan ada Idling Stop System (ISS) yang memungkinkan mesin mati ketika berhenti dan otomatis hidup kembali saat gas dipuntir. Tentu dengan beberapa persyaratan, seperti temperatur mesin, kecepanan minimum, dan lainnya.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil