Menyandingkan Aprilia SR GT 200 2022 dan Honda ADV 160 2022, Beneran Beda Kelas?!
Harry · 30 Jul, 2022 09:30
0
0
Dimensi ternyata beda-beda tipis.
Harga keduanya terpaut jauh.
Sama-sama asyik untuk dipakai touring.
Akhirnya Honda ADV 160 2022 ada temannya, sebagai motor matic bergenre petualang kelas premium. Tentunya setelah hadirnya Aprilia SR GT 200 yang menyusul masuk pasar Indonesia pertengahan Juli ini.
Dilihat-lihat, keduaanya pun punya dimensi yang mirip-mirip. Dari panjangnya, lebarnya dan sumbu rodanya. Ya walau kalau dari sisi harga terpaut sangat jauh, bahkan selisihnya bisa beli Honda BeAT tuh!
Dilepas lebih mahal apakah Aprilia SR GT 200 ini lantas lebih unggul dibandingkan Honda ADV 160? Atau justru gacoan Honda ini tetap jadi pilihan yang terbaik dengan harga lebih murah?
Nah sebagai gambaran, Aprilia SR GT 200 2022 dilepas Rp 60 juta sampai Rp 61,5 juta. Honda ADV 160 2022 dijual Rp 36 juta dan Rp 39,250 juta. Seluruh harga on the road Jakarta.
Kalau awalnya banyak yang mengira Aprilia SR GT 200 lebih besar ukurannya dari Honda ADV 160, ternyata gak juga. Keduanya punya ukuran yang beda-beda tipis saja lho.
Panjang keseluruhan misalnya, justru Honda ADV 160 lebih panjang dengan 1.950 mm berbanding 1.920 mm. Kemudian lebar pun tipis saja, terpaut 2 mm antara 763 mm berbanding 765 mm lebih lebar Aprilia SR GT 200 sedikit.
Walau panjang keseluruhan lebih panjang Honda ADV 160, tapi sumbu roda justru Aprilia SR GT 200 yang lebih melar. Tepatnya 1.350 mm berbanding 1.324 mm. Tinggi jok baru terpaut lumayan jauh, 799 mm di Aprilia dan 780 mm Honda.
Begitu pula soal bobot yang cukup signifikan bedanya, Aprilia SR GT 200 punya berat isi 148 kg sedangkan Honda ADV 160 133 kg untuk berat keringnya. Anggap dengan bensin terisi penuh, maka tetap lebih ringan dari merek Italia itu.
Bagasi Sama-Sama Muat Helm
Rasanya agak aneh jika motor matic masa kini punya ruang penyimpanan yang mini. Ya bagasi berukuran besar sudah jadi fitur wajib untuk urusan akomodasi dan untuk kelas premium, setidaknya sudah bisa menampung helm baik full face atau open face.
Honda ADV 160 unggul karena kapasitas total bagasi mencapai 30 liter. Bagian depannya bisa menampung helm full face, yang tanpa ornamen tambahan seperti spoiler. Bagian belakangnya pun masih bisa untuk menyimpan barang lain, seperti jas hujan, jaket dan sarung tangan.
Aprilia SR GT 200 justru punya kapasitas bagasi 25 liter saja, tapi diklaim hampir semua helm full face bisa ditelan. Tentunya masih ada sisa ruang di bagian belakang bagasi, meski tak sebesar Honda ADV 160.
O iya, saat mengakses bagasi juga lebih nyaman Honda ADV 160 karena ada pengganjal jok, sehingga tak mudah menutup sendiri. Sementara Aprilia SR GT 200 agak mengganggu karena jok mudah sekali menutup, meski ada penahan agar tak langsung ambruk keras.
Fitur dan Teknologi
Kedua motor ini sudah menggunakan lampu full LED, rem cakram kedua roda dan panel meter full digital. Bedanya secara dimensi layar, lebih besar milik Aprilia SR GT 200 dan mudah diakses karena tombol pengaturan ada di bawah layar dan juga setang sebelah kiri.
Honda ADV 160 sendiri mengandalkan bentuk panel meter kotak, dengan informasi yang lengkap. Untuk pengaturan di dalamnya menggunakan tombol khusus yang letaknya di depan setang. Tampilan keduanya sudah negatif display ya.
Kemudian remnya sudah sama-sama pakai cakram, dengan sokongan ABS pada roda depan. Hanya saja bedanya Honda ADV 160 punya fitur ESS (Emergency Stop Signal) yang akan berkedip cepat saat melakukan hard braking.
Masuk suspensi, Honda ADV 160 unggul dengan travel suspensi lebih panjang, depan 130 mm dan suspensi belakang 120 mm. Aprilia SR GT 200 sendiri hanya punya travel suspensi depan 122 mm dan belakang 102 mm saja.
Meski kalah soal jarak main, tapi karakternya berbeda jauh lho. Aprilia SR GT 200 empuk depan belakang, dan juga dibekali setelan preload 5 step di belakang. Kalau Honda ADV 160 suspensi depan lebih empuk, namun belakang dibuat kaku dan tanpa setelan.
Hanya itu saja bedanya? Tentu enggak dong, karena selengkapnya bisa kalian tonton langsung di channel Youtube MotoFun Indonesia di link bawah ini. Jangan lupa subscribe untuk menanti video-video berikutnya ya!
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil