Aprilia SR GT 200 Jadi 50 jutaan, Mending Ini dari Honda ADV 160?
Harry · 30 Mar, 2023 11:30
0
0
Honda menawaran tipe CBS dan ABS.
Aprilia lebih nyaman untuk jalan rusak.
Pilihan motor matic bergaya adventure dengan mesin kurang dari 200 cc tak banyak pilihannya di Indonesia. Tapi setidaknya ada 2 opsi, yakni Honda ADV 160 dan Aprilia SR GT 200.
Secara harga keduanya terpisah jarak nominal yang lumayan signifikan. Sebagai brand Italia, Aprilia melepasnya dengan harga Rp 60 juta sampai Rp 61,5 juta.
Sedangkan Honda membanderol dengan harga Rp 36 juta sampai Rp 39,250 juta tergantung tipe CBS atau ABS. Seluruh harga tadi berstatus on the road Jakarta.
Tapi menariknya, PT Piaggio Indonesia selaku pemegang merek Aprilia sedang mengadakan promo menarik, dengan diskon mencapai Rp 10 juta untuk periode terbatas. Artinya selisih nominal keduanya semakin tipis. Jadi lebih baik beli yang mana ya?
Secara dimensi, Aprilia SR GT 200 punya panjang 1.920 mm, sedangkan Honda ADV 160 1.950 mm. Terpaut 30 mm alias 3 cm. Kalau dilihat ini karena buritan Aprilia SR GT lebih pendek, dengan sepakbor model mud guard.
Sementara itu kalau lebar, pabrikan asal Italia itu punya produk yang sedikit lebih lebar, dengan 765 mm berbanding 763 mm, tipis! Sayangnya Aprilia tak menyantumkan berapa tinggi motornya itu.
Tinggi jok Aprilia SR GT 200 mencapai 799 mm, lebih tinggi dari produk Honda yang hanya 780 mm. Berikutnya bobot matic Aprilia mencapai 148 kg dan gacoan Honda cuma 133 kg saja.
Performa Atas Kertas
Meski mengusung angka '160' dan '200' pada namanya, nyatanya kubikasi mesin kedua motor ini beda tipis. Tepatnya 17 cc saja, lantaran Honda ADV 160 sejatinya punya kapasitas mesin 157 cc dan Aprilia SR GT 200 justru usung dapur pacu berkapasitas 174 cc.
Jantung pacu eSP+, 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan jadi andalan Honda. Mesin yang diusung identik dengan Honda PCX (Spesifikasi | Berita) 160, dengan keluaran tenaga sama, yakni 16 PS di 8.500 rpm serta torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Sementara itu Aprilia SR GT 200 mengandalkan mesin i-Get generasi baru dengan spesifikasi 4-tak, SOHC 4 katup, injeksi dan pendingin cairan. Klaim tenaga mencapai 17,6 PS di 8.500 rpm serta torsi 16,5 Nm di 7.000 rpm.
Kaki-Kaki dan Kenyamanan Honda ADV 160 Unggul?
Meski kompak mengusung ban dual purpose, namun soal kenyamanan untuk penggunaan jalan rusak, Aprilia SR GT 200 unggul. Karakter kedua suspensinya empuk, punya setelan preload untuk bagian belakang.
Sedangkan Honda ADV 160 redaman yang empuk terasa pada suspensi depan, tapi tidak dengan belakang, karena lebih kaku. Alhasil untuk melibas jalan rusak dengan cepat, akan lebih nyaman menggunakan Aprilia.
Soal urusan dipakai cruising di jalan mulus, keduanya memiliki dek dengan area yang bisa dipakai untuk kaki selonjoran. Busa jok keduanya lebar, namun lebih empuk milik Aprilia.
Setang matic Honda itu juga dibuat lebih rendah, menyesuaikan perubahan ketinggian jok dan punya windshield adjustable. Aprilia SR GT punya posisi duduk tinggi dengan windshield model fix.
Dengan selisih harga yang menjadi belasan juta saja, Aprilia SR GT 200 jadi opsi menarik untuk yang mau tampil beda. Apalagi selian diskon Rp 10 juta, juga ada voucher aksesoris untuk pembeliannya.
Tapi Honda ADV 160 unggul dengan varian CBS yang bisa ditebus lebih murah lagi. Dan jaminan bengkel resmi yang lebih banyak tersebar, bisa jadi bahan pertimbangan.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil