Modal Rp 50 Jutaan Bisa Punya Moge R6 Loh, Tapi Merek Huaying Asal Cina!
Harry · 17 Sep, 2021 12:30
0
0
Tak ada habisnya kelakukan pabrikan otomotif Cina yang kerap menjiplak model dari merek ternama. Mau merek mobil atau motor, kelakuan produsen asal Tiongkok rata-rata nyaris sama, suka menjiplak desain kendaraan populer.
Contohnya ya seperti Huaying, merek motor Cina yang salah satu produknya nyontek habis bentuk Yamaha R6 terbaru. Bahkan namanya juga ikutan kena contek, jadi nama motor ini adalah Huaying R6.
Kalau disejajarkan, maka kalian juga akan bingung, mana R6 buatan Yamaha dan mana yang buatan Huaying, karena keduanya terlihat sama persis. Huaying benar-benar niat dan meniru habis tampilan Yamaha R6.
Mulai dari fascia depan dengan lampu projector yang tersembunyi, sepasang LED DRL yang melengkung manis dan air scoop pada bagian tengah bodi depan. Bahkan kaca spion yang digunakan juga dibuat sama persis.
Detail desain fairingnya yang memiliki banyak lekukan dan celah, juga dibuat sama. Tapi jika Yamaha R6 asli pakai rangka Detlabox, Huaying mengakalinya dengan cover plastik warna hitam yang dibentuk seolah rangka Deltabox.
Bergeser menuju buritan, lagi-lagi dibuat sama persis dengan terdapat lubang udara pada bodi belakang, sepakbor yang menjuntai panjang serta lampu belakang yang tipis dan ramping.
Agak berbeda jika melihat dari sisi kanan, karena lekuk knalpot yang Huaying R6 yang dibuat tinggi. Sementara versi aslinya, posisi knalpot justru cenderung rendah.
Selain rangka Deltabox dan posisi knalpot, yang berbeda lagi adalah desain peleknya lantaran Huaying R6 pakai pelek palang 6. Begitu pula bentuk lengan ayun Huaying R6 yang terlihat kurus.
Yang unik walau desainnya terinspirasi dari Yamaha R6, tapi kala melongok panel meternya, justru kental aura Kawasaki. Ya bentuknya memang persis dengan panel meter milik Kawasaki ZX-10R lawas yang melengkung manis.
Masih di area yang sama, motor ini menggunakan setang jepit underyoke yang memberikan nuansa racy. Dengan posisi setang lebih rendah dari tangki bahan bakar, dijamin posisi berkendaranya seolah seperti memeluk motor.
Sebagai pelengkap, Huaying memasangkan suspensi depan upside down yang punya setelan pada bagian atasnya. Suspensi belakang menerapkan monosok.
Sebagai tenaga penggerak, Huaying R6 justru mengandalkan mesin 500cc, bukan 600cc seperti angka yang tertulis pada namanya. Mesinnya 4-tak, 2 silinder inline dengan tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 38,5 PS dan torsi 35 Nm.
Jelas beda jauh sekali dengan Yamaha R6 asli yang mengandalkan mesin 4-tak, 599cc, DOHC 16 katup dan konfigurasi 4 silinder segaris. Output mesinnya pun menyentuh 117,6 PS serta torsi hingga 62 Nm.
Tapi sesuai judul pada artikel ini, kalian bisa memiliki R6 versi Tiongkok ini dengan harga Rp 50 jutaan saja. Ya Huaying R6 dijual dengan nominal yang bahkan 3,5 kali lebih murah dari Yamaha R6 di Cina.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil