Modifikasi Yamaha XSR 155 Supermoto, Inspirasi Buat yang Bosan Tampilan Standar
Ary · 25 Agu, 2021 14:00
0
0
Sejatinya, Yamaha XSR 155 tak perlu lagi mendapatkan sentuhan apapun. Dengan penampilannya sekarang saja, produk buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selayaknya motor modifikasi. Namun, lain hal jika motor tersebut diserahkan kepada builder sekelas Treasure Custom Garage.
Rumah modifikasi dari Bali ini bahkan mampu mengubah trah yang dibawa Yamaha XSR 155 pasca meluncur 2019 lalu. Kesan klasik darinya lantas berubah 360 derajat lantaran disajikan dalam wujud sebuah supermoto.
Tidak seperti supermoto berbasis motor trail. Modifikasi Yamaha XSR 155 supermoto bernama Nitro 155, justru memiliki kesan futuristik. Selain sepatbor depan menjulang, impresi tersebut tertuang jelas melalui desain bodywork berbahan aluminium itu.
Material serupa juga teraplikasi pada skid plate, yang lagi-lagi punya bentuk lain dari motor kebanyakan. Penyesuaian bentuk juga terjadi pada bagian jok hingga bodi belakang. Tampak ramping namun berkesan agresif dengan bentuk buritan meruncing dan subframe sedikit menjulang..
Kaki-kaki Khas Supermoto
Untuk menjadikannya Yamaha XSR 155 supermoto, Treasure Custom Garage tentu saja melakukan perubahan pada bagian kaki-kaki. Pelek palang yang sebelumnya menjadi perlengkapan standar motor, ditanggalkan untuk kemudian berganti dengan pelek jari-jari.
Pemilihan ukuran bannya pun disesuaikan dengan kebutuhan modifikasi supermoto kebanyakan. Di sini pula, pihak builder mencopot cakram bawaan Yamaha XSR 155 dan menggantinya dengan diameter lebih lebar.
Setelah semua dinilai selaras, mereka lantas menyiramkan keseluruhan bagian motor dengan kombinasi cat silver, kuning dan hitam. Termasuk pula penggunaan setang model fatbar berikut handguard.
Mesin Yamaha XSR 155
Walau begitu, beberapa bagian semisal sasis deltabox dan three dot plate yang notabene ciri Yamaha XSR 155 masih tetap dipertahankan. Begitu pula dengan mesin SOHC 4-tak satu silinder berteknologi VVA (variable valve actuation).
Mesin Yamaha XSR 155 sendiri dirancang dengan bore x stroke: 58 x 58,7 mm. Sementara teruntuk rasio kompresi, disetel 11,6:1. Dari jantung mekanis ini, Yamaha XSR 155 mampu menorehkan tenaga sebesar 19,3 PS @10.000 rpm. Sedang untuk torsi maksimal, tercatat 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm.
Untuk diketahui pula, modifikasi Yamaha XSR 155 supermoto ini merupakan wujud dari keikutsertaan karya Treasure Custom Garage pada ajang Yard Built Indonesia. Pihak rumah modifikasi mengatakan giat ini sangat penting untuk mendukung perkembangan modifikasi di Tanah Air.
"Menurut saya, Yard Built Indonesia sangat membantu industri custom dan support-nya benar-benar nyata. Apalagi diadakan bukan hanya di satu kota. Dan di saat pandemi seperti ini, menjadi motivasi bagi kami karena Yamaha masih support builder lokal," kata Imanuel Prakoso, builder Treasure Custom Garage.
Bilamana tertarik memodifikasinya sedemikian rupa, tak ada salahnya menanyakan probabilitas tersebut kepada pihak rumah modifikasi. Jikapun belum memungkinkan, kreasi dari Treasure Custom Garage ini bisa menjadi inspirasi Anda yang bosan dengan tampilan standar Yamaha XSR 155.
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!