Moto Guzzi V85 TT Travel Dibanderol Rp 690 Jutaan, Apa Yang Bikin Motor Ini Menarik?
Fariz · 29 Apr, 2022 13:30
0
0
Dibekali beragam perangkat pendukung adventure
Desain mesin yang dipertahankan sejak tahun 60-an
Moto Guzzi V85 TT Travel didatangkan oleh PT Piaggio Indonesia dengan banderol Rp 690 juta on the road Jakarta. Hadir mengusung tampilan classic travel enduro yang mengkombinasikan aksen klasik dan adventure.
Varian ini hanya memiliki satu warna yang khas seperti warna gurun, Moto Guzzi menyebutnya dengan nama Sabbia Namib. Warna kremnya ini dikombinasi dengan strip merah yang sederhana dan 3D emblem Moto Guzzi berlambang elang di tangki bensin.
Lantas dengan harga Rp 690 juta, apa saja yang menarik dari motor ini? Mari kita ulas.
1. Siap Turing
Yang pertama adalah adanya upgrade jika dibandingkan dengan varian Moto Guzi V85 TT biasa, Moto Guzi V85 TT Travel bisa dikatakan sudah siap diajak turing ke mana pun. Ini karena adanya upgrade di beberapa komponen.
Seperti dibekali windshield yang lebih tinggi dan lebar 60% dibanding varian standar, tentunya bisa menghalau terpaan angin lebih optimal. Berikutnya ada side panniers berbahan plastik namun ada sedikit aksen aluminium.
Yang sebelah kanan punya kapasitas 37 liter sehingga bisa memuat sebuah helm full face, sedangkan yang kiri 27,5 liter saja karena ruangnya sedikit termaka oleh silencer knalpot.
Berikutnya sudah tersedia heated hand grips yang tersedia dalam 3 mode. Ini membuat pengendaranya tidak perlu khawatir saat berada di kondisi hujan deras atau dataran tinggi, telapak tangan akan tetap hangat selama perjalanan.
Moto Guzi V85 TT Travel juga sudah dilengkapi dengan sepasang fog lamp LED yang menempel tepat di samping lampu utamanya. Untuk menyalakannya melalui saklar di sisi kanan, jadi satu dengan saklar lampu utamanya.
Ciri dari line up Moto Guzzi adalah penggunaan transversal engine 90° yang membuatnya beda daripada yang lain. Bentuknya mirip seperti V-twin, tapi bedanya posisi silinder menyamping, bukan ke depan dan belakang.
Ini menjadi desain mesin yang dipertahankan Moto Guzzi sejak tahun 60-an. Pada motor ini, spesifikasinya 853 cc, 2 katup persilinder, pendingin udara, 6 percepatan, dan sudah dilengkapi riding modes juga cruise control.
3. Pakai Gardan
Untuk meneruskan tenaga mesinnya, Moto Guzi V85 TT Travel menggunakan drive shaft atau biasa dikenal dengan gardan. Ini pun digadang-gadang jadi satu-satunya yang pakai gardan di kelasnya.
Kelebihan menggunakan gardan tentu lebih rigid dibanding rantai, ini membuat hentakan atau respon mesin jauh lebih terasa. Suara yang dihasilkan juga tentunya lebih senyap.
Bicara perawatan, gardan terbilang lebih sederhana dan minim perawatan. Tidak perlu ada pelumasan berkala seperti rantai, hanya saja perlu mengganti oli gardannya sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
4. Spidometer Canggih
Moto Guzzi V85 TT Travel sudah menggunakan spidometer fully digital dengan isi informasi yang lengkap. Informasi yang disuguhkan juga mudah dipantau saat sedang berkendara.
Layar spidometernya dilengkapi sensor untuk mendeteksi keadaan sekitar. Saat terdeteksi cerah maka latar menjadi putih, lalu saat terdeteksi gelap seperti malam hari maka latar menjadi hitam agar tidak menyilaukan pengedaranya.
Gak sampai di situ, spidometernya juga dilengkapi Moto Guzzi MIA yang merupakan multimedia platform. Ini memungkinkan spidometer terkoneksi dengan smartphone melalui bluetooth.
Nantinya bisa menampilkan notifikasi panggilan hingga navigasi turn-by-turn yang tentunya sangat berguna ketika sedang melakukan turing ke wilayah yang baru dilewati.
5. Elektronik Pintar
Untuk menunjang penggunaan Moto Guzi V85 TT Travel, motor ini dilengkapi dengan beragam perangkat elektronik pintar. Seperti 3 pilihan riding modes, ada MGTC untuk mencegah roda belakang selip dan bisa dinonaktifkan.
Berikutnya ada cruise control, ABS dual channel di ketiiga kalipernya, juga ada side stand switch yang otomatis mematikan mesin ketika posisi gigi tidak netral dan standar samping terbuka.