Plus-Minus Kawasaki KLX 250, Motor Trail Injeksi Yang Harga Bekasnya Stabil
Harry · 6 Okt, 2021 16:35
0
0
Blusukan dan trabasan saat ini menjadi hobi yang semakin digemari oleh banyak masyarakat Indonesia. Selain bisa menikmati panorama alam, juga melatih fisik karena main motor off-road itu sangat menguras energi.
Untuk mendukung aktivitas tersebut kalian pasti butuh motor trail, dan kalau mencari motor trail yang bertenaga dan terhitung canggih, bisa lirik Kawasaki KLX 250. Inilah motor trail 250 cc dengan torsi badak.
PT Kawasaki Motor Indonesia merilis motor ini pertama kalinya tahun 2009, dan masih dijual hingga saat ini. Artinya sudah sangat panjang usia produksinya, menandakan motor trail ini banyak peminatnya.
Untuk model 2022, KMI menjual Kawasaki KLX 250 ini dengan nominal Rp 65,1 juta on the road Jakarta. Jika terlalu tinggi, kalian bisa loh menebus unit bekas sebagai alternatif dengan budget lebih terjangkau.
Harga bekasnya pun cenderung stabil, selain karena menyasar segmen hobi, jumlah unit bekasnya pun tak terlalu banyak. Untuk rakitan tahun 2010 sampai 2012 misalnya, dilepas diangka Rp 35 sampai 40 jutaan.
Siapkan budget sampai Rp 45 jutaan kalau kalian mau menebus tahun yang lebih muda, seperti tahun 2016. Dengan budget tersebut, kalian bisa mendapatkan motor trail 250 cc, yang harganya mendekati bahkan setara motor trail 150 cc model baru.
Plus-Minus Kawasaki KLX 250
Sebelum membeli pastinya kalian juga harus mengetahui apa yang menjadi sisi plus dan minus dari motor ini. Supaya kalian bisa lebih memahami seperti apa motor yang akan kalian beli nantinya.
Plusnya, Kawasaki KLX 250 ini dibekali mesin dengan torsi besar dan sudah injeksi bahan bakar. Tenaganya sampai 22 PS di 7.500 rpm dan torsi sebear 21 Nm di 7.000 rpm. Ini berkat penggunaan mesin berkapasitas 249 cc dari piston 72 mm dan langkah piston 61,2 mm.
Kemudian ciri khas motor trail, karater suspensinya cenderung empuk jadi nyaman dikendarai. Untuk suspensi depan sudah tipe upside down sementara untuk belakang pakai monosok dengan link yang disebut Uni Trak.
Suspensi tadi masing-masing memiliki travel alias jarak main yang panjang, suspensi depan bisa sampai 255 mm dan suspensi belakang sampai 230 mm. Bahkan dilengkapi dengan setelan seperti kompresi, rebound dan preload.
Kemudian fitur dari motor ini sudah terhitung lumayan, panel meter full digital berdesain ramping dengan penunjuk kecepatan, takometer, odometer dan juga jam. Di bawahnya ada indikator untuk suhu mesin, lampu jauh, lampu sein dan gigi netral.
Posisi berkendaranya nyaman dengan setang lebar dan pijakan kaki yang lebih maju dari titik duduk dan punya permukaan kasar. Posisi berkendara seperti ini membuat kita lebih sigap.
Sisi Minus Kawasaki KLX 250
Dikenalkan sejak tahun 2009, nyaris tak ada update berarti yang dilakukan pada motor ini. Desainnya masih sama sejak pertama kali mengaspal di Indonesia, artinya sudah 10 tahun lebih.
Kemudian busa jok dirasa terlalu keras, apalagi jokmotor trail punya bentuk yang ramping. Sehingga jika berkendara terlalu lama akan memmbuat bokong cepat panas dan pegal.
Kesimpulan
Kawasaki KLX 250 memang belum ada perubahan desain sejak dulu, namun bentuknya masih tetap menarik dilihat. Motor trail memang bentuknya begitu-begitu saja, karena lebih mengutamakan utilitas kala digunakan ketimbang tampilan.
Harga bekas untuk keluaran awal juga sudah menarik, mendekati harga motor trail 150 cc. Tentunya biarkan kondisi bekas, motor ini akan terasa lebih istimewa dengan mesin lebih besar dan fitur yang terbilang lengkap.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil