Plus-Minus KTM 250 Adventure 2022, Calon Pendatang Baru Yang Lebih Murah dari Honda CRF 250 Rally 2022
Adit · 17 Agu, 2021 14:00
0
0
Pecinta roda dua Indonesia akan kedatangan motor baru berupa KTM 250 Adventure 2022. Debutnya di Indonesia akan bersamaan dengan peluncuran KTM Duke 200 yang rencananya dihelat bulan depan.
Keduanya berstatus rakitan dalam negeri alias CKD dari fasilitas produksi KTM di Gresik, Jawa Timur. Oleh karena itu banderolnya akan terjangkau. Salah satu diler KTM di Jakarta bahkan sudah membuka keran pemesanan. Estimasi harga KTM 250 Adventure di Rp 77 jutaan dan Duke 200 berkisar Rp 49 jutaan.
KTM 250 Adventure kemungkinan bakal jadi barang panas karena telah dinantikan banyak penggemar motor petualang di Indonesia. Apalagi bila dibandingkan dengan Honda CRF 250 Rally yang dibanderol Rp 88,3 juta, harga KTM 250 Advanture lebih terjangkau.
Nah sebelum benar-benar memastikan ingin memesannya, ada baiknya simak dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini. Paling tidak sebagai bahan pertimbangan sampai akhirnya memutuskan untuk membelinya.
Kelebihan KTM 250 Adventure
1. Dimensi Seperti KTM 390 Adventure
Poin pertama yang jadi kelebihan KTM 250 Adventure adalah dimensinya yang sama persis KTM 390 Adventure. Meskipun secara kapasitas mesin lebih kecil, ternyata dimensinya tak dibedakan oleh pabrikan. Jadi tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil, namun bongsor. Ini tentunya bisa menambah kepercayaan diri bagi siapa saja yang menungganginya.
2. Jok Rendah
Kemudian poin kedua adalah tinggi jok KTM 250 Adventure yang memiliki ketinggian 855 mm, rupanya lebih rendah dari Honda CRF 250 Rally yang mencapai 895 mm. Lagi-lagi motor baru KTM 250 Adventure bisa jadi pilihan utama para pecinta penjelajah karena lebih ramah ditunggangi untuk postur orang Indonesia.
3. Bisa Dikendarai Pakai SIM C
Karena kapasitas mesin aslinya 248,8 cc alias tidak melebihi 250 cc, maka secara aturan, syarat untuk mengendarai KTM 250 Adventure cukup memiliki SIM C biasa. SIM C berlaku untuk menunggang motor yang kapasitas maksimalnya 250 cc, demikian mengutip Peraturan Kepolisian (Perpol) 5 Tahun 2021.
Nah beda cerita kalau kesengsemnya sama KTM 390 Adventure. Sudah barang tentu untuk membawanya butuh SIM C1. Maka pengendara wajib melalukan peningkatan kelas dari SIM C ke SIM C1. Sebab SIM C1 dipergunakan untuk mengendarai motor yang kapasitasnya 250 hingga 500 cc.
Walaupun punya bentuk lampunya sama seperti kakaknya, sayangnya KTM 250 Adventure ternyata mengadopsi sistem pencahayaan yang berbeda. Jika KTM 390 Adventure sudah LED, maka sang adik masih pakai halogen biasa.
Padahal kebanyakan motor terbaru kekinian pancaran lampu utamanya sudah LED. Selain menambah kesan modern juga menjanjikan penerangan yang lebih baik di malam hari.
2. Panel Instrumen Juga Belum TFT
Hal yang menjadi kekurangan lainnya adalah panel instrumen KTM 250 Adventure yang terkesan kurang futuristik. Berdasarkan bocoran, layarnya masih pakai panel negatif yang memunculkan numerik digital serupa kalkulator.
Sedangkan KTM 390 Adventure sudah pakai layar TFT yang dapat memunculkan ragam warna, sehingga lebih atraktif dan mudah dibaca. Padahal kedua cover panel instrumen keduanya hampir sama lho.
3. Fitur Tak Selengkap KTM 390 Adventure
Lantaran belum pakai layar TFT, maka kemungkinan KTM 250 Adventure tidak dilengkapi fitur koneksi KTM My Ride. Bila melihat spesifikasi KTM 250 Advanture di Malaysia, dari bawaan pabrik hanya dilengkapi assist slipper clutch ditambah ABS (Anti-lock Braking System) offroad. Artinya minus Cornering ABS serta kontrol traksi.
Namun demikian bedanya dengan ABS biasa adalah kemampuan fitur yang dikembangkan KTM ini bisa dimanfaatkan di permukaan jalan yang tingkat traksinya rendah karena berpasir, basah atau berlumpur.
Ini karena cara kerjanya akan menonaktifkan ABS pada roda belakang, sementara ABS roda depan dikurangi porsinya. Dengan begitu para penggunanya diharapkan masih bisa mengendalikan motornya sesuka hati tanpa khawatir ban depan terkunci atau selip.
Nah bagaiman pertimbangan Anda dari ketiga kelebihan dan kekurangan KTM 250 Adventure di atas? Mau pikir-pikir dulu sembari menanti unit test ride, atau mau langsung setor tanda jadi?