Banyak Dilirik Buat Touring, Ini Untung-Rugi Beli KTM 390 Adventure 2021
Harry · 23 Jul, 2021 17:00
0
0
Kehadiran KTM 390 Adventure sejak tahun 2020 langsung mendapatkan animo positif dari penggemar motor adventure. Sosoknya menjadi yang paling fresh diantara pemain motor adventure 300 - 400 cc yang sebelumnya diisi BMW G 310 GS dan Royal Enfield Himalayan.
Momentum kehadiran pun bisa dikatakan tepat, meski muncul saat pandemi berlangsung, namun kegiatan touring dan adventure menggunakan sepeda motor sedang tinggi. Unitnya pun sekarang sudah cukup banyak terlihat di jalanan.
Dengan harga Rp 139 juta on the road Jakarta, banyak yang menyebut jika kuda besi rakitan India ini memiliki value for money yang sangat baik. Apalagi kalau bukan kelengkapan bawaan yang jauh lebih lengkap dan modern dari kompetitornya.
Mungkin kalian salah satu yang kepincut dengan kuda besi ini, maka tak ada salahnya simak dulu untung-rugi memberi kuda besi yang hadir dengan dua skema warna orange dan putih ini terlebih dulu. Dan berikut penjelasannya:
Sosoknya membawa desain yang diturunkan dari model Adventure KTM lainnya. Namun bentuknya lebih pas jika dikatakan seperti KTM 790 Adventure, hanya saja dengan dimensi bodi yang lebih ringkas.
Bagian lampu depannya nampak menjorok ke depan, dan jika dilihat dari smaping seperti kepala belalang sembah. Lampunya pun model vertikal dengan bentuk yang seperti perisai.
Lekuk tangki agresif dengan shroud yang mengarah ke depan seolah memeluk radiator. Bodi belakang terlihat tipis dengan dua buah behel model terpisah, dan memang diset agar pas untuk dipasangkan dua buah side box.
Peleknya model palang berbungkuskan ban dual purpose. Andai diberi pelek jari-jari, tentu akan lebih kental nuansa motor adventure-nya. Setuju?
Dapur pacu silinder tunggal, 373 cc DOHC 4 katup pendingin cairan dan injeksi bahan bakar menjadi andalan. Muntahan tenaga 43,5 PS dengan torsi sebesar 37 Nm terasa sangat kuat.
Kinerja mesinnya halus dan agresif. Penyaluran tenaganya instan pada putaran bawah hingga tengah. Namun tak terlalu mengorbankan putaran mesin tinggi, sehingga tetap menyenangkan untuk dipakai touring.
Pada mesinnya juga telah ditanamkan fitur Assist & Slipper Clutch yang membantu pengoperasian tuas kopling. Pengaturan buka tutup gas pun sudah ride by wire dan ada Quick Shifter juga.
Dibuat seperti KTM 450 Rally, motor ini mengandalkan rangka tralis yang ringan untuk memudahkan kontrol dan manuver. Sumbu roda 1.430 mm dan sudut rake 63,5 derajat sangat pas untuk berkendara off road.
Yang unik bagian sub-frame dibuat knock down, yang bisa dilepas dan pasang hanya dengan membuka empat buah baut saja. Bagian ini pun dirancang agar tetap ringan namun kuat membawa penumpang dan bawaan pada box.
4. Fitur Berlimpah
Inilah kenapa KTM 390 Adventure menjadi favorit dari kompetitor sekelas, karena fiturnya lebih banyak. Lihat saja lampu-lampu yang semuanya sudah full LED juga panel meter TFT. Kemudian rem cakram ganda dengan ABS.
Belum lagi fitur elektronik seperti Traction Control. Ada pula off road ABS yang akan mematikan fungsi ABS pada roda belakang dan mengurangi kekuatan ABS pada rem depan, saat melibas jalan off road.
Saat digunakan di jalan aspal, motor ini pun akan aman melibas tikungan berkat kehadiran Cornering ABS. Fitur ini akan membaca kemiringan motor dan mengatur kinerja rem agar lebih presisi.
Yang asyik ada KTM My Ride, inilah fitur konektivitas yang bisa membuat motor terhubung dengan smartphone, untuk menerima panggilan telepon, mendengarkan musik dan navigasi turn by turn. Semuanya tergabung dalam ssistem elektronik yang disebut Rider Aids.
5. Kaki-Kaki Mewah
Walau harganya bersahabat, spesifikasi kaki-kaki motor ini kelas premium loh. Tengok saja suspensi depan upside down WP Apex dengan setelan compression dan rebound terpisah.
Kalian cukup utar knob yang ada di atas tiap tabung sok tadi, pilihannya ada comfort, standar, sport dan full payload. Kalau yang boncengan dan bawa beban berat, pastinya pilih yang terakhir ya.
Kemudian jarak mainnya pun bisa sampai 170 mm, panjang dan pastinya lebih nyaman. Suspensi belakang dari merek yang sama dengan setelan preload dan rebound serta jarak main 177 mm.
Pengereman depan sendiri mengandalkan kaliper radial empat piston, yang menjepit cakram 320 mm. Sementara rem belakang cakram tunggal kaliper satu piston dengan diameter cakram 230 mm.
Desain yang sudah apik sayangnya tak benar-benar 100 % terlihat menarik, kala melongok bentuk knalpotnya. Desainnya terlihat jelek dan tak cocok dengan tampilan motor keseluruhan.
Ukuran knalpotnya nampak kekecilan, timpang dengan dimensi motornya. Kemudian warna perak membuatnya terlihat murahan. Kalau mau terlihat proporsional harus merogoh kocek lagi untuk membeli knalpot aftermarket.
2. Jaringan Bengkel
Motor yang dipakai tentunya harus dirawat juga supaya kondisinya tetap optimal. Untuk kalian yang berdomisili di kota-kota besar, tentu tak akan terlalu sulit menemukan jaringan bengkel resmi KTM.
Beda cerita dengan yang tinggal di kota kecil, ketika membeli motor ini mungkin harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk bisa mencapai bengkel resmi. Hal ini bisa jadi pertimbangan sebelum membeli.
KTM 390 Adventure sukses mengalihkan perhatian para pengguna motor adventure kelas medium. Motor ini juga bisa menjadi tingkat selanjtunya setelah puas mengendarai Honda CRF 250 Rally atau Kawasaki Versys-X 250.
Harga yang ditawarkan sangat menggoda bila melihat fitur, spesifikasi mesin dan teknologi yang disematkan. Kelemahan tadi pun lantas menjadi bukan hal yang terlalu besar jika melihat banyaknya keuntungan memiliki motor yang dirakit lokal di Gresik, Jawa Timur ini.
Spesifikasi KTM 390 Adventure
Mesin
Tipe
4-tak, silinder tunggal, DOHC 4 katup, water cooled
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil