Meski mesin tak ada perubahan, namun yang kami rasakan saat mencobanya, karakternya sedikit berubah.
Di mana mesin pada model baru ini nafasnya terasa lebih panjang, dengan top speed lebih dari 130 km/jam.
Spesifikasinya 4-tak, SOHC, 4 katup, pendingin cairan, berkapasitas 250 cc dan berteknologi Blue Core.
Ukuran pistonnya 70 mm dengan stroke 64,9 mm, sehingga kapasitas mesin murninya diangka 249,8 cc.
Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 22,8 PS padap utaran 7.000 rpm, dengan torsi maksimal menyentuh 24,3 Nm pada putaran 5.500 rpm.
Efisiensinya lumayan, untuk dalam kota diangka 31 km/liter dan luar kota bisa mencapai 33-34 km/liter menggunakan bahan bakar oktan 92.
5. Handling Lebih Menyenangkan
Yang sudah punya model lama, pastinya bakal merasa beda saat berkendara pakai model baru Yamaha XMax (Spesifikasi | Berita) Connected.
Lebih lincah untuk bermanuver, nikung lebih nurut dan pengereman pun lebih pakem juga empuk!
Ini karena ada perubahan sudut rake setang, yang dibuat lebih tegak, sehingga memberi efek pada kelincahan motor.
Kemudian karakter suspensi dibuat lebih keras, sehingga redaman lebih firm dan motor lebih stabil saat menikung.
Pengereman khususnya depan lebih mengigit dan empuk, karena ada perubahan sudut dan panjang handle remnya.
6. Posisi Duduk Yamaha XMax Connected 2023
Buat rider berpostur 172 cm, menaiki motor ini masih relatif nyaman, meski kaki harus sedikit jinjit.
Padahal shape ujung jok sudah dibuat lebih tirus, bahkan sampai mempengaruhi bentuk dan kapasitas bagasinya.
Tapi enaknya jok lebar dan lega, untuk pembonceng pun tak dianak tirikan karena masih sama-sama lega dan lebar.
Posisi setang standar dirasa terlalu maju, sehingga tangan hampir lurus. Enaknya posisi setang dibuat mundur agar lebih nyaman dan tangan lebih rileks.
Pijakan kaki terasa lapang dengan dek yang panjang, juga memiliki area untuk rileks dengan selonjoran.
Sisi Minus Yamaha XMax Connected 2023
1. Busa Jok Keras
Nah, ini yang agak berbeda dari motor Yamaha lain yang rata-rata joknya dibuat empuk, busa jok Yamaha XMax Connected ini agak lebih keras.
Alhasil dipakai berkendara agak lama, akan membuat bokong terasa panas dan kurang nyaman. Ini kami rasakan saat touring pakai motor ini.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil