window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Resmi Dijual, Begini Rasanya Mengendarai Vespa Elettrica

Harry · 14 Agu, 2023 08:30

Resmi Dijual, Begini Rasanya Mengendarai Vespa Elettrica 01

Vespa Elettrica.
  • Bobot motor 130 kg.
  • Pakai dinamo dengan gir rasio.
  • Pakai basis Vespa Primavera.

Setelah kerap kali ditanyakan kapan PT Piaggio Indonesia (PID) menjual motor listrik Vespa Elettrica, akhirnya motor itu rilis belum lama ini.

Dikenalkan tepat sehari sebelum pembukaan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023.

Masyarakat pun bisa melihat unitnya langsung sekaligus mencobanya pada pameran otomotif yang berlangsung di ICE, BSD City, hingga 20 Agustus mendatang.

Secara tampilan pastinya kalian gak akan asing dengan sosok motor ini, karena basisnya mencomot Vespa Primavera.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Resmi Dijual, Begini Rasanya Mengendarai Vespa Elettrica 01

Pakai basis Vespa Primavera.

Cirinya tentu saja memiliki lampu depan bulat, dan sudah LED. Bodi depan tegap hanya saja dengan list bodi dan list dasi warna biru.

Begitu pula lekuk dek area pijakan kaki, hingga tepong alias bodi belakang yang menggembung sebagai ciri khasnya.

Baca juga : Ini 5 Hal Unik Vespa Elettrica yang Dilepas Rp 198 Juta

Namun jika diperhatikan secara fisik tetap ada beda, misalnya tak ada standar samping pada motor ini.

Kemudian pelek belakang jadi lebih terekspos karena absennya knalpot, sebagai komponen pelepas gas buang pada versi bensin.

Yang berbeda lagi adalah area belakang sisi kiri motor, yang mana tak ada lagi komponen CVT seperti halnya pada versi bensin.

Resmi Dijual, Begini Rasanya Mengendarai Vespa Elettrica 02

Motor penggerak masih pakai gir rasio.

Gantinya adalah lengan ayun tunggal yang diberi cover agar terlihat lebih tebal, sekaligus untuk melindungi kabel.

Kabel tadi terhubung dari area VMS (vehicle management system), menuju motor penggerak.

Tipe penggeraknya sendiri bukan mid drive atau hub. Untuk penyaluran tenaga menuju roda belakang masih pakai gigi rasio.

Komponen baterainya sendiri tertanam di bawah bagasi. Ya di bawah bagasi, bukan di bawah jok ya.

Sehingga area bagasi pun terhitung besar untuk sebuah ukuran motor listrik, karena masih bisa menampung sebuah helm open face standar Vespa.

Baca juga : Intip Spek Vespa Elettrica, Pakai Baterai Tanam, Torsi Puncak 200 Nm!

Resmi Dijual, Begini Rasanya Mengendarai Vespa Elettrica 03

Baterai dari LG Chem.

Jika bagasi diangkat, barulah terlihat baterai LG Chem yang memiliki bobot 25 kg, sehingga total berat motor 130 kg.

Nah karena bobotnya yang lumayan berat, kira-kira seperti apa handlingnya? Kemudian bagaimana respon atau akselerasi dari motor ini?

Jawabannya bisa kalian cari tahu pada video di bawah ini ya. Selamat menonton dan jangan lupa subscribe!

Spesifikasi Vespa Elettrica 2023
Tenaga maksimal mesin listrik 4 kW
Tenaga mesin listrik 3,6 kW
Torsi maksimal mesin listrik 200 Nm (On wheel)
Voltase baterai 48,1 V
Kapasitas baterai 86,4 Ah
Tenaga baterai 4,2 kWh
Cell baterai LG Chem
Pengisian baterai 4-8 jam
Umur baterai 1.000 cycles
Kecepatan maksimal 67-70 km/jam (Power Mode), 40 km/jam (ECO Mode)
Berat baterai 25 kg
Ban depan 110/70-12
Ban belakang 120/70-11
Rem depan Cakram Ø200 mm, with CBS
Rem belakang Tromol Ø140 mm, with CBS
Panjang sumbu roda 1.350 mm
P x L x T 1.870 mm x 735 mm x 1.150 mm
Tinggi jok 790 mm
Berat isi 130 kg (Dengan baterai)

 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });