Segala Pertanyaan Terkait Honda CB650R 2021, Motor Sport Desain Retro Modern
Harry · 25 Nov, 2020 14:00
0
0
Sejak tahun 2019 lalu PT Astra Honda Motor (AHM) sudah menjual CB650R, dan model 2021 tak lama lagi akan hadir di Indonesia. Motor yang memiliki desain retro modern ini memang sangat menggoda.
Penampilannya berubah total dari generasi sebelumnya, yang tampil gagah sebagai sebuah motor naked bike petarung jalanan. Dan sejak 2019 lalu Honda mengenalkan konsep Neo Sport Cafe, dengan tampilan retro modern.
Dan secara global Honda Motorcycle telah mengenalkan Honda CB650R 2021, dengan beberapa perubahan minor. Ya ubahannya memang tak terlalu banyak, karena usia desain yang relatif masih muda.
Desain agresif dengan lampu depan pesek menjadi signature dari sebuah Honda CB650R 2021. Pada model terbaru ini, Honda sedikit merevisi panel bodi samping dan posisi dudukan pelat nomor belakang.
Kemudian ubahan selanjutnya pada komposisi setang yang sudutnya dibuat lebih tegap, untuk memberikan kemudahan bermanuver khususnya saat berbelok di jalan sempit atau pun berputar balik.
Sementara bagian lainnya masih terlihat sama, seperti bentuk tangki bahan bakar gagah dengan lekuk shroud tegas, serta buritan yang terlihat pendek.
Honda CB650R 2021 tampil gagah.
Desain Neo Sport Cafe sendiri dikenalkan pertama kali lewat Honda CB4 Concept, yang tampil dipameran internasional EICMA 2015 di Kota Milan, Italia.
Lantas desain retro modern ini pun digunakan untuk beberapa model motor Honda, mulai dari motor bermesin besar 1.000 cc sampai kecil 125 cc. Desain ini pun dipakai untuk produk global.
Kembali pada bahasan, maka berikut adalah beberapa hal yang sering ditanyakan terkait Honda CB650R 2021:
Dimensi Honda CB650R 2021 cukup besar.
Seberapa besar dimensi Honda CB650R 2021?
Soal seberapa ukuran sebuah motor besar memang kerap menjadi pertanyaan banyak orang di Indonesia. Hal ini tak lepas dari postur rata-rata orang Indonesia yang ada diangka 160-170 cm.
Honda CB650R 2021 memiliki panjang 2.130 mm, lebar 780 mm dan tinggi 1.075 mm. Jarak sumbu roda mencapai 1.450 mm, jarak terendah 150 mm dan tinggi tempat duduk 810 mm.
Posisi tempat duduk yang agak tinggi akan menyulitkan untuk beberapa orang, ditambah bobot basah mencapai 202,5 kg pastinya Anda butuh waktu untuk bisa beradaptasi mengendarai Honda CB650R 2021 ini.
Dimensi Honda CB650R 2021
P x L x T
2.130 x 780 x 1.075 mm
Sumbu Roda
1.450 mm
Tinggi Tempat Duduk
810 mm
Jarak Terendah
150 mm
Kapasitas Tangki
15,4 liter
Berat basah
202,5 kg
Seperti apa mesin yang digunakan Honda CB650R 2021?
Mesin 4 silinder inline Honda CB650R 2021.
Sejak berubah penampilan tahun 2019 lalu, Honda CB650R masih menggendong mesin yang sama dengan konfigurasi 4 silinder segaris. Spesifikasi lengkapnya 4-tak, DOHC 16 katup, pendingin cairan.
Kapasitas mesin murni diangka 649 cc dengan penggunaan piston 67 mm dan langkah piston 46 mm. Tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 93,9 Hp @ 12.000 rpm dipadu torsi sebesar 63 Nm @ 9.500 rpm.
Honda CB650R 2021 lebih lincah bermanuver.
Mesin ini memiliki rasio kompresi cukup tinggi mencapai 11,6 : 1, serta transmisi manual 6 percepatan dan berstandar emisi Euro 5. Karena Indonesia masih Euro 3, kemungkinan ada penyesuaian spesifikasi mesin Honda CB650R 2021.
Di luar spesifikasinya, bentuk mesin yang besar dan padat juga menambah kesan gagah pada motor. Jajaran pipa knalpot yang berbaris rapi di bawah mesin jadi ciri khas dari sebuah Honda CB650R 2021.
Spesifikasi Mesin Honda CB650R 2021
Tipe
4-tak, DOHC 16 katup, inline 4
Kapasitas Mesin
649 cc
Diameter x Langkah
67 x 46 mm
Rasio Kompresi
11,6 : 1
Suplai Bahan Bakar
Injeksi PGM-FI
Sistem Starter
Elektrik
Tenaga Maksimal
93,9 Hp @ 12.000 rpm
Torsi Maksimal
63 Nm @ 9.500 rpm
Lampu depan bulat dengan LED DRL yang melingkar sudah menjadi signature dari Honda CB650R 2021, bahkan seluruh lampu-lampu yang terpasang sudah menggunakan teknologi dioda nan canggih itu.
Selengkap apa fitur Honda CB650R 2021?
Panel instrumen berdesain kotak dengan penampilan baru yang diturunkan dari CB1000R, membuatnya lebih mudah dibaca. Beberapa informasi di dalamnya ada spidometer, takometer, fuel meter, tripmeter, posisi gigi, jam dan banyak lagi.
Panel instrumen Honda CB650R 2021.
Penggunaan suspensi depan upside down dari Showa kini pakai tipe SFF-BP (Separate Function front Fork Big Piston), jenis yang biasa dipakai untuk motor jenis supersport atau superbike.
Suspensi belakang monosok dengan 10 pilihan pengaturan preload. Jarak mainnya memang tak begitu panjang, hanya 43,5 mm saja, tapi dengan setelan dikedua suspensi pengendara bisa mengaturnya sesuka hati.
Rem depan-belakang sudah cakram dengan kawalan ABS dual channel. Di depan cakram ganda 310 mm dengan kaliper 4 piston ditiap sisinya. Sedangkan belakang cukup cakram tunggal 240 mm.
Honda CB650R 2021 bermain di kelas naked bike 600-700 cc.
Apa ada pilihan warna baru untuk Honda CB650R 2021?
Jika PT Astra Honda Motor sebelumnya memiliki 2 opsi warna yakni Candy Chromosphere Red dan Graphite Black. Tapi untuk pasar global ada opsi warna Mat Jeans Blue Metallic dan terbaru ada Pearl Smoky Gray.
Honda CB650R 2021 dapat ubahan minimalis.
Berapa harga Honda CB650R 2021?
Saat ini PT Astra Honda Motor masih menjual Honda CB650R generasi sebelumnya, dengan nominal 292,9 juta on the road Jakarta. Maka untuk Honda CB650R dipastikan akan ada kenaikan harga, dan dipastikan akan mencapai Rp 300 juta lebih.
Dimana saya bisa membeli Honda CB650R 2021?
PT Astra Honda Motor menyiapkan jaringan dealer khusus untuk menjual produk motor besar mereka, yang disebut dengan Big Wing Dealer yang dilengkapi beragam layanan pendukung khusus untuk konsumen Honda Big Bike.
Saat ini ada 11 jaringan yang terbesar di Jakarta (2 titik), Tangerang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Denpasar, Banjarmasin dan Medan.
Siapa saja kompetitornya?
Honda CB650R 2021 bermain disegmen naked bike kelas medium 600-700 cc. Di segmen ini sudah ada banyak pemain dari merek Jepang atau Eropa, seperti Yamaha MT-07, Kawasaki Z650, Triumph Trident 660 dan Husqvarna Svartpilen 701.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil