Selayak Apa Honda CB150X 2022 Untuk Jadi Motor Touring Idaman?
Harry · 8 Mar, 2022 14:30
0
0
Tinggi jok masih nyaman untuk postur 172 cm.
Sudah mumpuni untuk touring.
Penikmat touring dengan budget Rp 30 jutaan disodorkan pilihan baru, sebuah motor sport touring adventure pertama lewat sosok Honda CB150X 2022. Motor ini ditargetkan untuk mereka yang kerap touring, dengan memodifikasi motor sport 150 cc.
Membuka segmen baru pada kategori sport 150 cc, tentu mengundang banyak pertanyaan. Seperti apa sosok motor yang ditawarkan dengan rentang harga Rp 32,950 juta sampai Rp 33,450 juta on the road Jakarta.
Masih banyak yang ingin memiliki namun masih wait and see, menunggu seperti apa sosok motornya, keunggulan yang dirasakan pemilik, kekurangannya hingga penyakit khasnya. Meski begitu, para pelaku modifikasi sudah banyak yang merilis produk aksesoris untuk motor ini.
Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mereka yang masih menimbang-nimbang untuk menebus Honda CB150X 2022. Berikut beberapa diantaranya.
Tinggi Posisi Duduk Honda CB150X 2022?
Dengan tinggi jok 817 mm, tentu saja posisi berkendaranya akan terasa lebih tinggi dari Honda CB150R Streetfire yang 795 mm. Untuk rider berpostur 172 cm, kedua kaki masih bisa menapak sempurna, jadi tak ada masalah.
Sementara untuk rider berpostur 170 cm, ketika kedua kaki diturunkan akan sedikit jinjit, namun masih batas wajar. Tapi jika hanya satu kaki yang turun, tentu kaki akan lebih menapak.
Kontur jok dari motor ini sendiri model tandem dengan bagian pengendara dibuat lebih rendah dari bagian pembonceng. Alhasil saat mendudukinya, terasa seperti terlindungi bodi dan windshield motor.
Isi Cover Tangki Honda CB150X 2022
Aslinya, Honda CB150X ini menggunakan cover plastik untuk membungkus tangki bahan bakar aslinya, yang berkapasitas 12 liter. Dengan cover plastik itu, maka bagian ini bisa dibuat lebih besar dengan lekuk yang juga tegas.
Alhasil tampilan motor pun menjadi lebih gagah, karena bagian cover tangki bahan bakar yang lebih besar. Namun jika dilihat di baliknya, tak ada komponen lain selain tangki bahan bakar tadi.
Banyak area kosong di balik cover tangki itu, yang menurut kami bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan pemasangan klakson aftermarket, lalu modul lampu tembak jika memang dipasangkan. Alhasil motor pun tetap terlihat rapi.
Mending Honda CB150X 2022 atau Honda CB150R Streetfire?
Well, pertanyaan ini jujur banyak yang masuk meja redaksi. Secara basis memang keduanya sama, mulai dari rangka, mesin bahkan fiturnya pun mirip-mirip. Tak heran jika harga keduanya tak terlalu jauh berbeda.
Honda CB150X jelas diciptakan untuk mereka yang hobi touring, melintasi wilayah baru yang mungkin saja aksesnya tak selalu mulus. Motor ini sudah dibekali postur yang lebih tinggi, berkat penggunaan suspensi yang lebih jenjang.
Posisi berkendara nyaman membuat betah lama-lama mengendarainya. Tambahan windshield pun jadi penangkal angin dari depan. Untuk dipakai off road ringan, kasarnya tinggal ganti ban dual purpose saja sudah cukup, atau bisa upgrade lingkar pelek saja.
Honda CB150R Streetfire sejatinya adalah naked bike on road yang digunakan untuk jalan aspal. Dipakai touring bukannya haram, namun kelengkapannya kurang mendukung dan tak sebaik Honda CB150X.
Kalian harus menambahkan windshield, meninggikan suspensi yang kalau pengerjaannya asal justru berisiko. Belum lagi modifikasi lain yang bisa saja tak sesuai standar dan malah membuat masa pakai motor jadi lebih singkat.
Jadi jika memang berniat untuk dipakai touring maka pilihannya adalah Honda CB150X 2022. Tapi jika hanya untuk digunakan sehari-hari di dalam kota, maka opsinya Honda CB150R Streetfire 2022.
Selengkapnya soal pertanyaan terkair Honda CB150X 2022 bisa kalian simak pada video di bawah yang tayang di channel Youtube MotoFun Indonesia. Jangan lupa subscribe dan berikan komentar kalian.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil