Semakin Terendus, Honda Vario 160 2022 Berkode K2S Diisukan Rilis Akhir Tahun 2021 Ini
Harry · 5 Agu, 2021 12:00
0
0
Sudah banyak yang berharap dengan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk segera merilis produk terbarunya. Produk yang kerap disebut-sebut adalah Honda Vario 160 2022.
Kabar kehadirannya pun sudah berkembang luas di tanah air. Kami pun telah membuat perkiraan seperti apa jadinya jika skutik satu ini benar-benar dipasangkan mesin eSP+ yang juga digunakan Honda PCX 160 2022.
Honda Vario akan dijejali mesin 160 cc eSP+.
Kini kabar terbaru datang dari Thailand, jika skutik tersebut akan dirilis akhir tahun 2021 ini. Dituliskan Greatbiker, saat ini skutik tersebut bahkan telah memiliki kode produksi K2S.
Selain kepastikan menggunakan mesin berkapasitas 157 cc 4 katup itu, penampilan Honda Vario 160 juga akan berubah total. Namun sepertinya tetap akan mengedepankan bentuk bodi yang sporty seperti saat ini.
Malah sumber tadi menyebutkan jika saat ini sejumlah dealer di Indonesia, sedang berusaha menghabiskan stok Honda Vario 150 yang masih ada. Hal ini mengindikasikan bakal adanya model baru.
Baik Thailand dan Indonesia merupakan negara yang sama-sama memproduksi skutik ini. Namun keduanya menjualnya dengan nama yang berbeda, yakni Click dan Vario. Menarik ditunggu kehadirannya.
Mesin eSP+ Untuk Honda Vario
Honda Vario 160 2022 kemungkinan akan menggunakan mesin eSP+ yang sebelumnya telah dipasangkan untuk Honda PCX 160 2022. Mesin tersebut jauh lebih canggih dan juga bertenaga dibandingkan mesin 150 cc yang digunakan saat ini.
Vario akan menjelma menjadi skutik sporty yang lebih bertenaga.
Mesin eSP+ tersebut memiliki output tenaga maksimal sampai 16 PS di 8.500 rpm, torsi yang bisa dicapai adalah 14,7 Nm di 6.500 rpm. Banyak teknologi baru yang diterapkan pada mesin tersebut yang mampu membuat kinerjanya lebih halus.
Jika mesin tersebut dipasangkan pada Honda Vario yang punya bobot lebih ringan dan berbodi ramping, bukan tak mungkin skutik ini akan memiliki performa akselerasi yang sangat cepat. Power to weight ratio yang dimilikinya akan sangat baik.
Sebagai gambaran saja, bobot Honda Vario 150 saat ini 112 kg. Dengan mesin 160 cc bertenaga 16 PS, maka rasio tenaga dan beratnya berada diangka 0,142 (PS/Kg). Begitu pula rasio torsi dengan berat motor yang bisa mencapai 0,131 (Nm/Kg).
Mesin eSP+ Honda PCX 160 2022.
Kesimpulan
Sinyal kehadiran skutik satu ini memang sudah berhembus cukup kencang, terlebih usai kehadiran Honda PCX 160 pada awal tahun ini. Pasalnya kedua skutik ini, dan juga Honda ADV 150, berbagi mesin yang sama.
Honda Vario 160 2022 kelak akan menjadi penantang yang lebih kuat untuk Yamaha Aerox 155 Connected 2022. Tentunya ini akan menjadi pilihan baru yang menarik untuk penikmat skutik 150-155 cc berdesain sporty.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil