Standar samping baiknya untuk berhenti sebentar.
Bagian engsel perlu dilumasi.
Jangan dipakai terlalu lama.
Standar samping bisa bengkok jika ada beban berlebih.
Standar samping motor atau bahasa kerennya side stand, berfungsi untuk menopang motor pada saat parkir.
Standar samping jadi komponen yang lebih sering dipakai karena praktis, ketimbang center stand atau standar tengah.
Apalagi oleh pengendara wanita yang sudah pasti lebih memilih menggunakan standar samping, karena tak perlu effort berlebih.
Tapi sayangnya banyak kejadian juga standar samping ini patah, atau setidaknya bengkok dudukannya.
Hal ini terjadi karena banyak pengguna motor yang cuek akan perawatan bagian satu ini.
Nah, biar standar samping ini awet, bisa simak tips yang diberikan PT Thamrin Brothers main dealer Yamaha Sumatera Selatan dan Bengkulu.
Seperti apa detailnya?
1. Hindari Beban Berlebih
Standar samping ukurannya yang relatif lebih kecil dari standar tengah, dan posisinya hanya punya satu tumpuan.
Maka sebaiknya hindari memberi beban berlebih saat digunakan, misalnya menduduki motor saat standar samping dipakai.
Baca juga : Pasang Switch Standar Samping Suzuki Nex II, Mesin Jadi Otomatis Mati!
Standar tengah lebih kokoh.
2. Bersihkan dan Lumasi Standar Samping
Karena posisinya yang terbuka, sudah barang tentu debu, kotoran, air dan lumpur bisa dengan mudah menempel.
Jadi jangan lupa untuk membersihkan standar samping, dan memberikan pelumas, khususnya pada area engsel agar tak seret.
3. Perhatikan Side Stand Switch
Sebagai salah satu fitur keselamatan, motor-motor terbaru khususnya motor matic sudah banyak dibekali side stand switch.
Fitur tersebut berfungsi memutus arus listrik, sehingga saat standar samping turun, mesin akan langsung mati.
Jika kalian memiliki motor dengan fitur ini, perhatikan juga kebersihan, kondisi kabel dan switch itu sendiri.
Jangan sampai ada bagian yang bermasalah, yang berujung motor tak bisa dihidupkan.
4. Standar Samping Untuk Parkir Sebentar
Motor ditinggal lama baiknya dalam posisi standar tengah.
Dengan hanya dilengkapi satu titik tumpuan saja, maka komponen ini sejatinya hanya untuk parkir sebentar.
Karena selain posisi motor tak stabil, mudah goyang, juga akan merusak komponen lain seperti ban dan suspensi.
Ini karena beban berlebih pada satu sisi motor. Jadi jika parkir lama, baiknya gunakan standar tengah atau standar paddock untuk motor sport.
Baca juga : Matikan Mesin Pakai Standar Samping Bikin Aki Tekor? Ini Faktanya
5. Jangan Dipakai Saat Cuci Motor
Tentunya kalian pernah melihat motor dimiringkan dengan posisi tertahan standar samping, saat dicucian motor.
Hal ini dilakukan agar area kolong mesin lebih mudah dibersihkan, meski ada bahaya yang mengintai.
Bahaya itu adalah motor sewaktu-waktu bisa terjatuh karena posisinya tak stabil.
Jika memang mau mencuci area kolong mesin, bisa pilih tempat cuci motor yang punya jack hidrolik.