window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Si Gesit Irit Suzuki Smash Telah Disuntik Mati, Tinggal Habiskan Stok Dealer

Harry · 17 Nov, 2021 14:00

Segmen motor bebek di Indonesia sekarang ini memang sudah sangat mengecil, jauh jika dibandingkan dengan medio 1990-an atau awal 2000-an. Penjualan motor jenis ini masih merajai jalanan Indonesia.

Karena penjualan yang terus menurun, sejumlah pabrikan pun memangkas lini produk motor bebek yang dijualnya. Termasuk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang pada website resminya masih menyisakan Suzuki Smash FI.

Si Gesit Irit Suzuki Smash Telah Disuntik Mati, Tinggal Habiskan Stok Dealer 01

Suzuki Smash FI telah disuntik mati.

Namun dikonfirmasi oleh Teuku Agha, Marketing & Business Development Head SIS 2W, jika ternyata pihaknya sudah tak lagi menjual Suzuki Smash FI. Sehingga otomatis, motor tipe underbone hanya tersisa Suzuki Satria F150 FI saja.

Baca juga : Galeri Foto : Gixxer SF 250 2022, Motor Sport Touring Kejutan Suzuki di Akhir Tahun 2021

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Smash kita sudah gak produksi dari semester satu 2021, kalau di website masih ada karena kita tinggal menghabiskan stok di jaringan dealer kita saja," katanya kepada AutoFun kemarin (17/11/2021) disela acara pengenalan Ecstar.

Si Gesit Irit Suzuki Smash Telah Disuntik Mati, Tinggal Habiskan Stok Dealer 01

Suzuki Smash FI tak diproduksi lagi sejak semester satu.

Meski begitu, ketika ada penyesuaian harga, banderol Suzuki Smash FI juga ikut di-update. "Kalau update harga ya pasti, karena ada perubahan pajak dan lainnya dan itu kita update di website karena dealer masih menjual," sambungnya.

Suzuki Smash FI merupakan motor bebek murah, yang diproduksi lokal di pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi-Jawa Barat. Motor ini ditawarkan dengan dua tipe yakni pelek jari-jari dengan harga Rp 16,1 juta dan pelek palang yang dibanderol Rp 16,85 juta on the road Jakarta.

Baca juga : Tengok Spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250 2022, Motor Sport Touring Buat Yang Mau Beda

Sekilas Suzuki Smash FI

Si Gesit Irit Suzuki Smash Telah Disuntik Mati, Tinggal Habiskan Stok Dealer 02

Suzuki Smash FI punya perjalanan panjang di Indonesia.

Motor ini memiliki panjang 1.910 mm, lebar 690 mm, tinggi 1.085 mm dan sumbu roda 1.220 mm. Jarak terendah 145 mm dan punya bobot kosong 93-94 kg tergantung tipe. Ringkas untuk ukuran motor bebek entry level.

Mesinnya pun dikenal irit berkat teknologi LEAP (Light, Efficient, Powerful). Spesifikasinya 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara, dengan isi silinder 113 cc dan sudah mengandalkan injeksi.

Baca juga : Mengenang Suzuki Shogun SP 125, Motor Bebek Sporty Pesaing Yamaha Jupiter MX 135

Tenaga maksimal yang bisa diraih 9,3 Nm di 8.000 rpm dengan torsi 9,1 Nm di 6.000 rpm. Transmisinya manual empat percepatan dengan sistem rotasi. Mesin ini dikenal responsif namun tetap irit bahan bakar.

Si Gesit Irit Suzuki Smash Telah Disuntik Mati, Tinggal Habiskan Stok Dealer 03

Harga Suzuki Smash FI dilepas Rp 16 jutaan.

Motor bebek entry level seperti Suzuki Smash FI ini kerap menjadi andalan di wilayah luar kota, dan digunakan untuk berbagai aktivitas. Untuk itu kaki-kaki yang digunakan pun sudah mumpuni.

Suspensi teleskopik di depan tentu lebih kuat dipaksa, mengawal putaran roda sudah andalkan rem cakram. Sedangkan untuk suspensi belakang pakai tipe ganda, yang berpadu pengereman tipe tromol.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });