Spesifikasi Kawasaki KLX150SM 2024 yang Baru Dirilis, Punya Fitur dan Bodi Baru!
Fariz · 16 Mar, 2023 10:30
0
0
Pakai bodi baru yang lebih kekar dan proporsional
Sektor kaki-kaki dan mesin tidak ada perubahan
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) secara resmi memperkenalkan produk terbarunya yang diberi nama Kawasaki KLX150SM 2024. Varian ini menggantikan D-Tracker 150 yang telah lebih dulu hadir di Indonesia.
Penamaan SM di belakangnya ini menunjukan kalau mengusung segmen supermoto yang khas akan tampilan trail namun dengan wheelset atau roda yang diperuntukan untuk on road.
Secara spesifikasi bisa dikatakan kalau motor ini sangat mirip dengan New KLX150. Bisa dilihat dari seluruh bodinya yang baru, kini punya desain lebih kekar berkat shroud yang lebih membuka lebar dan sepatbor depan yang lebih panjang.
Bodi Baru Kawasaki KLX150SM
Terlihat juga kalau bodi tengahnya kini lebih ‘gondrong’ yang mana lebih menutupi rangka dan sektor mesin, tidak ‘cungkring’ seperti generasi pendahulunya. Kemudian bodi belakang juga lebih panjang hingga melewati lampu rem.
Oiya kalau sepakbor depan lebih panjang, sepatbor belakangnya justru lebih pendek untuk memberi kesan sporty pada motor ini. Tapi rasanya jadi kurang maksimal untuk menahan lemparan kotoran dari roda nih.
Selain penggunaan bodi baru, tentu ada juga lampu utama baru yang sudah LED dan spidometer full digital. Isi informasinya ada speed meter, fuel meter, odometer, trip A, dan trip B.
Tidak lupa ada tutup tangki bensin dengan model baru yang dilengkapi dengan penutup. Dengan begitu lubang anak kunci akan lebih bersih, tidak mudah kemasukan air atau debu kotoran.
Jok Kawasaki KLX150SM tidak dilengkapi gesper seperti D-Tracker 150, ini karena pindahnya posisi toolkit membuat pengendara bisa memegang rangka dengan mudah saat ingin memindahkan motor.
Kaki-Kaki dan Mesin Sama
Untuk sektor kaki-kaki masih sama seperti D-Tracker 150. Pakai sepasang pelek alumnium dari Takasgo Excel dengan ukuran depan 2.15 inci berbalut ban 100/80-17 dan belakang 3 inci dengan ban 120/70-17.
Rodanya juga sepaket dengan cakram semi-floating dengan model wavy di depan yang diapit kaliper Nissin 2 piston. Yang belakang juga pakai cakram wavy tapi hanya berukuran 220 mm dengan kaliper Nissin 1 piston.
Suspensi depan Showa dengan model terbalik atau biasa dikenal upside down ini juga memiliki travel yang sedikit lebih panjang dibanding generasi sebelumnya. Begitu juga dengan monosok dengan uni-trak yang punya setelan preload model ulir, efeknya bisa mengatur kekerasan suspensi belakang dengan lebih detail.
Berbicara soal jantung penggerak Kawasaki KLX150SM ternyata masih menggunakan spesifikasi yang sama. Pakai 1 silinder SOHC, 2 katup, pendingin udara, karburator dan pakai 5 percepatan.
Kapasitas mesinnya 144 cc berkat kombinasi diameter piston 58 mm dengan panjang langkah 54,4 mm. Perbandingan kompresinya dipatok cukup rendah, hanya 9,5:1. hasilnya mesin ini punya klaim tenaga maksimal 12 ps di 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm di 6.500 rpm.
Kawasaki KLX150SM tipe standar dibanderol Rp 36,9 juta dengan 1 pilihan warna dan untuk Kawasaki KLX150SM SE Rp 39,5 juta on the road Jadetabekser yang punya 4 pilihan warna.
Spesifikasi Kawasaki New KLX150SM 2024
Jenis mesin
1 silinder, SOHC, 2 katup, 4 tak, pendingin udara
Sistem pengapian
DC-CDI
Tenaga maksimal
12 ps @8.000 rpm
Torsi maksimal
11,3 Nm @6.500 rpm
Diameter x langkah
58 x 54,4 mm
Kapasitas mesin
144 cc
Perbandingan kompresi
9,5:1
Transmisi
5 percepatan
Suspensi depan
Showa, upside down Ø35 mm
Suspensi belakang
Uni-trak, single shock with adjustable spring preload
Rem depan
Cakram semi-floating Ø300 mm, kaliper 2 piston
Rem belakang
Cakram Ø220 mm, kaliper 1 piston
Ban depan
110/80-17M/C 52P
Ban belakang
120/70-17M/C 58P
P x L x T
1.995 x 830 x 1.125 mm (STD), 1.995 x 960 x 1.165 mm (SE)