Telisik Bedanya Mesin Yamaha Nmax 155 2021 Dengan Model Lama, Banyak Yang Belum Tahu Loh!
Harry · 2 Jul, 2021 14:00
0
0
Ya ternyata banyak yang belum mengetahui jika Yamaha Nmax 155 2021 tak lagi menggunakan mesin lama. Ini ada kaitannya dengan teknologi baru yang ditawarkan sama skutik premium andalan pabrikan garpu tala tersebut.
Teknologi tersebut adalah Smart Motor Generator (SMG), untuk menghidupkan mesin lebih halus, karena tak lagi pakai dinamo starter. Dan dengan teknologi tersebut, juga hadir fitur baru yakni Stop & Start System (SSS).
Kode mesinnya pun berubah loh. Yamaha Nmax 155 sebelumnya berkode 2DP, kalau Yamaha Nmax 155 terbaru ini kode mesinnya B6H. Tapi apa iya cuma teknologi SMG dan kode mesin yang beda?
Walau secara spesifikasi mesin masih sama, yakni 4-tak, SOHC 4 katup dengan VVA dan pendingin cairan, dan ukuran piston serta langkah piston masih sama, tapi banyak komponen jeroan mesin yang berbeda dari mesin sebelumnya.
Misalnya diameter klep masuk diperbesar dari sebelumnya 19,5 mm sekarang menjadi 20,5 mm. Lalu piston pun comot milik Yamaha YZF-R15 V3 yang kepala pistonnya lebih rata.
Dengan kepala piston yang lebih rata, rasio kompresi pun terkoreksi dari 10,5 : 1 menjadi 11,6 : 1. Belum lagi volume box filter udara yang kini menjadi 4,3 liter dari sebelumnya hanya 3,7 liter saja.
Mesin barunya ini mengandalkan piston ukuran 58 mm dengan langkah piston 58,7 mm. Masih sama dengan mesin model sebelumnya, begitu pula kapasitas mesin yang masih tetap sama 155 cc.
Tapi berkat perubahan tadi, output yang dihasilkan ikut terkoreksi. Tenaganya menjadi 15,3 PS di 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm. Tenaganya naik 0,3 PS meski torsi sedikit turun sebesar 0,5 Nm.
Dan karena menggunakan mesin baru, kami merasakan ada perbedaan karakter mesin dibandingkan Yamaha Nmax 155 model sebelumnya. Mesinnya terasa lebih kalem, tak segalak mesin lamanya loh.
Unik ya, padahal rasio kompresi naik yang harusnya akselerasi juga lebih spontan. Mungkin karena bobot motor yang juga lebih besar ya, apalagi torsinya juga berkurang 0,5 Nm.
Tapi secara keseluruhan masih tetap menyenangkan kok, masih bisa diandalkan untuk berakselerasi cepat. Untuk bergerak dari posisi diam menuju 60 km/jam hanya butuh 5,95 detik saja.
Lalu untuk mencapai 0-100 km/jam butuh waktu 20 detik. Akselerasi menengah dari 60 km/jam menuju 100 km/jam butuh 14,14 detik. Dengan kecepatan puncak pada alat ukur Racebox tercatat 110 km/jam, namun pada spidometer tercatat 117 km/jam.
Yang kami rasakan saat melakukan pengetesan, mesin barunya ini lebih kuat pada putaran menengah sampai atas. Data akselerasi selengkapnya bisa Anda simak di tabel bawah ini ya.
Menggunakan mesin baru, Yamaha ingin membuat Yamaha Nmax 155 2021 ini lebih canggih dengan kehadiran teknologi SMG. Menghidupkan mesin jadi semakin halus dan kinerja mesinnya pun terhitung senyap, minim gejala gredek.
Tapi memang ada perubahan karakter mesin, menjadi lebih kalem, tak seagresif mesin generasi sebelumnya. Namun hal itu dikompenasi dengan respon mesin yang sigap saat motor telah melaju.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil