Test Ride Yamaha R15M Connected-ABS 2022, Tampang Moge dan Fiturnya Juara
Harry · 24 Mei, 2022 06:30
23
0
Harga tembus Rp 44 jutaan.
Punya banyak fitur yang tak dipunya kompetitor.
Konsumsi bahan bakar terhitung irit.
Sejak motor ini muncul tahun 2021 lalu, rasa kagum langsung muncul. Sosoknya terlihat lebih total dalam update yang didapatkan, jika dibandingkan dengan kompetitor dekatnya.
Yamaha R15M Connected-ABS 2022 jelas langsung mencuri perhatian bahkan kala sosoknya belum mendarat di Indonesia, tapi sudah muncul di India. Apalagi kalau bukan desainnya yang semakin berkesan moge look.
Fitur-fitur yang ditanamkan pun banyak jadi yang pertama untuk kelasnya. Tapi bagaimana dengan rasa berkendaranya, terlebih saat dipakai harian di jalanan kota? Apakah semua fiturnya bermanfaat untuk pengendara?
Sebelum membahas lebih lanjut, kalian harus tahu dulu varian dan harganya. Yamaha R15M Connected-ABS yang kami uji kali ini dilepas Rp 43,885 juta sampai Rp 44,495 juta untuk livery WorldGP 60th.
Ada pula varian Yamaha R15 Connected yang dilepas lebih terjangkau dengan Rp 39,240 juta. Semua harga tadi on the road Jakarta.
Performa Yamaha R15M Connected-ABS 2022 : 50/70 Poin- Tenaga Merata
Salah satu aspek yang dilihat dari sebuah motor tipe sport tentu saja jantung pacunya. Sayangnya jika kalian berharap sesuatu yang baru, maka harus melupakannya, karena motor ini masih pakai mesin yang lama.
Hanya saja ada tambahan fitur Quick Shifter yang akan membantu perpindahan gigi (shift up) lebih cepat, tanpa perlu harus menarik tuas kopling. Fitur ini berguna saat motor dipakai track day agar dapat lap time lebih baik.
Spesifikasi mesinnya sendiri 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan serta disokong teknologi VVA. Kapasitas murninya mencapai 155,1 cc berkat penggunaan piston 58 mm dan langkah piston mencapai 58,7 mm.
Tenaga maksimal yang bisa dicapai diangka 19,3 PS pada putaran 10.000 rpm, serta torsi sebesar 14,7 Nm di 8.500 rpm. Output mesin tersebut disalurkan menuju roda belakang lewat transmisi manual 6 speed, yang juga disokong fitur Assist & Slipper Clutch.
Bisa dikatakan kalau Yamaha R15M Connected-ABS 2022 jadi motor sport 155 cc yang punya tenaga serta konsumsi bahan bakar yang seimbang. Artinya pengendara tetap mendapatkan sensasi tenaga motor sport tapi juga efisien bahan bakar.
Secara keseluruhan kinerja jantung pacunya ini halus. Tuas kopling ringan ditarik berkat sematan Assist & Slipper Clutch, dan juga minim vibrasi yang mengganggu.
Hanya catatan kinerja Quick Shifter terasa kurang smooth, terutama saat berpindah dari posisi gigi satu naik ke dua. Tapi selepasnya kinerja fitur satu ini sudah memuaskan.
Persoalan performa pun rasanya masih terhitung gesit untuk membawa bobot kosong motor yang 140 kg + rider 75 kg. Akselerasi 0-100 km/jam masih bisa 12,73 detik dengan top speed 138 km/jam.
Data Akselerasi Yamaha R15M Connected-ABS
0-60 km/jam
4,68 detik
0-80 km/jam
7,87 detik
0-100 km/jam
12,73 detik
0-100 meter
7,43 detik
0-200 meter
11,53 detik
0-402 meter
18,43 detik
Top Speed Racebox
126,23 km/jam
Top Speed Spidometer
138 km/jam
Untuk handling rasanya memang sedikit berisi karena ada selisih bobot 3 kg dari versi standarnya. Namun untuk bermanuver masih tetap lincah, karena yang kami rasakan segitiga berkendara tak banyak berubah.
Tapi kalau digunakan sehari-hari dan kerap bertemu macet, tentunya akan cepat lelah karena posisi setang di bawah segitiga atas (under yoke). Untungnya masih bisa diakali dengan memindahkan beban badan ke paha, bergantian dengan lengan agar tak cepat lelah.
Ya mengendarai motor sport full fairing di tengah kota seperti ini memang effort. Tapi untungnya sudut belok motor ini luas, sehingga untuk putar balik dan selip-selip di antara mobil masih mudah dilakukan.
Seperti telah dijelaskan di atas, posisi berkendaranya memang khas motor sport full fairing yang berkesan racy alias merunduk. Untuk rider berpostur 172 cm, letak setang terasa rendah.
Pijakan kaki yang tinggi dan agak ke belakang khas sekali motor balap. Untungnya jok punya permukaan yang lebar dengan paduan busa yang empuk, meski rasanya sedikit lebih tipis.
O iya, jok juga lega untuk maju-mundur menyesuaikan posisi duduk. Pas untuk tuck in, merunduk ngumpet di balik windshield saat track day tak akan jadi masalah nih.
Kinerja suspensi justru khas motor harian, empuk! Suspensi depan tipe upside down dari KYB persis generasi sebelumnya. Empuk tapi masih stabil untuk bermanuver.
Begitu pula dengan suspensi belakang monosok dengan link, yang kadang kala terasa mengayun kala melewati jalan bergelombang. Overall, untuk harian rasanya sudah pas, tapi kalau dipakai track day baiknya lakukan setup ulang kedua suspensinya.
Konsumsi Bahan Bakar Yamaha R15M Connected-ABS 2022 : 26 / 30 Poin - Irit
Soal satu ini, ternyata cukup membuat kami kagum. Ya walau mesinnya pakai mesin lama, tapi kalau bisa efisien kenapa tidak? Dan motor ini dipakai harian tak begitu menguras kantong, karena irit!
Kami uji motor ini dengan mengisi penuh tangki bahan bakarnya pakai RON 92. Kemudian membawamya keberagam kondisi jalan untuk mendapatkan hasil yang aktual. Seperti melewati kemacetan, berkendara santai, hingga gaspol ketika jalan lenggang untuk merasakan sensasi mesinnya.
Setelah itu muncul angka rata-rata konsumsi bahan bakar di kisaran angka 45-47 km/liter pada informasi spidometernya. Sedangkan saat dites dengan metode full to full didapatkan angka 42,6 km/liter.
Bodi depannya kental aura Yamaha R7, moge terbaru pabrikan garputala yang dirilis tahun lalu. Ya walau melihat bagian tengah sampai belakang masih kental Yamaha R15 generasi sebelumnya.
Untungnya kualitas material bodi memiliki finishing halus, walau terlihat cat agak tipis. Karena beberapa sudut bodi yang mudah bergesekan dengan pengendara, sudah hilang catnya.
Kemudian plastik bodi terutama fairing terasa tipis dan lentur. Jelek? Sebenarnya gak juga, selama bodi tak mudah pecah saat tersenggol atau kena benturan sudah terhitung baik, ya paling lecet saja.
Nah soal fitur, motor ini yang terbaik di kelasnya. Coba, mana ada produk lain yang punya panel meter dengan dua tampilan Street Mode dan Track Mode? Kemudian Quick Shifter, belum ada juga yang punya.
O iya, pada tipe tertinggi ini juga sudah ada TCS lho. Sebelumnya minimal motor sport 250 cc yang punya teknologi ini, tapi sekarang sudah ada di Yamah R15M Connected-ABS.
Nah yang tak ketinggalan tentu saja fitur Y-Connect, yang bisa menghubungkan motor dengan smartphone pengendara. Pada mesin juga jadi satu-satunya yang dibekali teknologi katup variable.
Tapi tentu saja ada yang nanggung nih, misalnya lampu sein masih pakai bohlam. Padahal lampu depan, lampu DRL dan lampu belakang sudah LED. Jadi mesti keluar uang lagi untuk upgrade lampu sein ya!
Harga Yamaha R15M Connected-ABS 2022 : 34 / 50 - Paling Mahal Tapi Lengkap
Ada teknologi dan rupa, tentu ada harga yang harus dibayarkan. Yamaha R15M Connected-ABS ini jadi yang paling mahal untuk kelas motor sport 150-155 cc lho.
Banderol Rp 43,885 juta sampai Rp 44,495 juta jelas bukan angka yang kecil untuk banyak orang. Tengok Honda CBR150R 2022 yang dilepas Rp 40,817 juta-Rp 41,726 juta tipe ABS. Sedangkan Suzuki GSX-R150 2022 dilepas Rp 37,257 juta tipe ABS.
Mencari motor sport full fairing kelas 150-155 cc yang paling update desainnya dan mau motor yang canggih, maka Yamaha R15M Connected-ABS 2022 adalah pilihannya.
Meski ada yang bilang ini hanyalah motor sport 155 cc, tapi lihat fitur dan kelengkapan bawaannya. Bisa dibilang banyak fitur yang biasa terpasang pada moge, disematkan untuk motor ini.
Ya walau mesinnya masih pakai yang lama, lalu desain bodi belakang tak banyak berubah, percayalah kalau pabrikan ada alasan tertentu akan hal tersebut. O iya, jangan lupa upgrade lampu sein jadi LED agar semakin terlihat modern ya.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil