Opsi motor adventure 250 cc di Indonesia, masih tergolong sedikit. Saat ini saja, penawaran tersebut hanya dapat ditemui pada Kawasaki Versys-X 250 dan Honda CRF250 Rally. Padahal di luar sana, ada satu petarung kompetitif bernama KTM 250 Adventure 2021.
Tak ubahnya kedua rival, konsep tualang itu diterjemahkan oleh KTM 250 Adventure secara nyata. Tengok saja sematan windscreen lalu hand guard yang merupakan ciri dari motor-motor adventure.
Panel bodi yang membungkus rangka KTM 250 Adventure pun cukup agresif, lantaran menyajikan gurat tegas serta menajam. Hal ini pun dapat dilihat pula pada desain lampu utama. Walau masih berupa bohlam, wajah KTM 250 Adventure lumayan bengis berkat sematan daytime running light (DRL) LED.
Jika pun ditilik lagi, desain penerangan depan KTM 250 Adventure ini sama seperti kepunyaan KTM Duke 250 2020. Kendati begitu, impresi pada model adventure muncul lantaran adanya windscreen dan penempatan lampu depan yang lebih tinggi.
Persamaam lain dengan Duke 250 jua tampak pada suspensi depan dan belakang. Kedua motor ini sama-sama menggunakan fork upside down (USD) WP Suspension berdiamater 43 mm. Sementara di belakang, bersarang suspensi tunggal jua dari merek serupa.
Akan tetapi, perbedaan impresi berkendara ditawarkan KTM 250 Adventure 2021 dengan model setang lebih tinggi daripada KTM Duke 250. Tentu saja, pengaplikasian ini ditujukan untuk kenyamanan saat melakoni rute panjang.
Ergonomi berkendara KTM 250 Adventure diselaraskan pula oleh tangki bensin landai dan seolah menyatu dengan jok depan. Bukan tanpa alasan. Desain demikian dibuat untuk meningkatkan kenyamanan pengendara saat bermanuver layaknya sebuah motor trail.
Pengendaliannya terhadap motor berbobot 156 kg ini pun kian optimal berkat ban berukuran belang. Sepatu KTM 250 Adventure menggunakan ban 100/90-19 pada bagian depan dan 130/80-17 di roda belakang. Sementara untuk pengereman, kaliper radial empat piston dan cakram berdimater 320 mm bersarang di roda depan. Sedang di belakang, terdapat rem kaliper piston tunggal dan disc brake 230 mm. Penghenti laju utama KTM 250 Adventure jua dioptimalkan dengan ketersediaan sensor ABS (Antilock Braking System).
Secara keseluruhan, modal awal KTM 250 Adventure cukup mumpuni untuk diadu dengan Honda CRF250 Rally maupun Kawasaki Versys-X 250. Pertanyaannya, bagaimana dengan performa motor berpaspor Austria tersebut?
Dari data teknis terlihat, KTM 250 Adventure mengedepankan mesin satu silinder 4-tak. Mesin berkapasitas 248,8 cc tersebut kemudian dirancang dengan bore x stroke: 72 x 61,1 mm. Alhasil, terlontarlah daya sebesar 29,9 PS dan torsi maksimal 24 Nm.
Pencapaian itu faktanya lebih besar dari Honda CRF250 Rally dengan torehan output 25,6 PS @8.500 rpm dan 23,1 Nm @6.500 rpm. Tenaga KTM 250 Adventure hanya kalah dari Kawasaki Versys-X 250 yang sanggup menjangkau 34 PS @11.500 rpm. Namun torsi KTM 25 Adventure jelas lebih galak ketimbang catatan Versys-X 250 yaitu 21,7 Nm @10.000 rpm.
Dengan modal dan keunggulan yang ditawarkan, sudah sepatutnya KTM 250 Adventure andil dalam kompetisi motor adventure 250 cc di Indonesia. Apalagi jika harga KTM 250 Adventure 2021 bisa beririsan dengan para rivalnya tadi. Kita tunggu kejutan dari pemegang merek KTM di Indonesia nanti!
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!