Wajib Tahu, Begini Alasan Ukuran CVT Yamaha Fazzio 2022 Dibuat Pendek
Harry · 14 Feb, 2022 16:30
0
0
CVT pendek untuk akselerasi lebih gesit.
Posisi mesin dibuat mundur untuk pijakan kaki lebih luas.
Ketika melihat pertama kali, bagian CVT Yamaha Fazzio 2022 nampak punya ukuran yang lebih pendek. Dibuat lebih padat dan punya bentuk yang sepintas mirip dengan CVT Yamaha Nmax 155 2022 dari bentuk boks filter udara dan cover CVT.
Basis mesin yang digunakan memang mirip dengan matic 125 cc Yamaha lainnya, seperti Yamaha Freego atau Yamaha Gear 125, namun memiliki beda pada komponen internal dan CVT. Soal CVT yang lebih pendek ini, ternyata diamini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Aji Handoko, Manager Technical & Education YIMM pada sesi test ride beberapa waktu menjelaskan, bentuk CVT yang lebih pendek bukan tanpa alasan, karena ada beberapa efek positif yang bisa didapatkan.
"Sebenarnya ada beberapa tujuan kenapa Yamaha Fazzio punya CVT yang lebih pendek. Yang paling utama untuk memaksimalkan akselerasi," jelasnya kepada awak media.
Selain itu, karena CVT yang lebih pendek, posisi mesin bisa dibuat lebih mundur untuk mengakomodir floot board (pijakan kaki) Yamaha Fazzio supaya lebih luas, tanpa harus membuat sumbu roda lebih melar. Matic ini sendiri punya sumbu roda 1.280 mm.
Yamaha Fazzio 2022 mengusung mesin berkode BEJ00 dengan spesifikasi 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara dengan teknologi Blue Core Hybrid. Mesin ini mengandalkan piston ukuran 52,4 mm dan langkah piston 57,9 mm dengan rasio kompresi 11:1.
Dari dapur pacu berkapasitas 124,8 cc itu mampu menghasilkan tenaga 8,4 PS di 6.500 rpm dengan torsi sebesar 10,6 Nm di 4.500 rpm. Output tadi masih dibantu dengan bantuan tenaga dari sistem hybrid selama 3 detik ketika berakselerasi dari diam.
Akomodasi Mumpuni Yamaha Fazzio 2022
Yamaha Fazzio 2022 meski berdesain retro modern dengan bentuk bodi agak mengotak, tetap menawarkan akomodasi untuk membawa barang yang mumpuni. Misalnya terdapat dua gantungan barang pada bawah setang dan ujung jok di bawah pengendara.
Jika kedua gantungan tadi dipakai untuk mengaitkan barang, pijakan kaki yang lega turut berimbas pada kemudahan membawa barang. Efek dari mundurnya posisi mesin demi dek lebih luas akan terasa manfaatnya pada momen tersebut.
Kemudian terdapat konsol depan terbuka yang bisa menampung botol minum ukuran sedang, serta konsol depan dengan penutup di sebelah kiri, yang juga diisi power outlet untuk mengisi daya smartphone.
Bagasi seluas 17,8 liter dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 5,1 liter, mengisi area di balik jok. Jadi meski bertampang retro modern, soal akomodasi motor matic terbaru Yamaha ini tak bisa dianggap remeh.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil