Yamaha Nmax 155 Lama Masih Dijual, Tipe ABS Lebih Mahal Dari Nmax 155 Terbaru!
Harry · 23 Agu, 2021 12:00
0
0
Sejak dikenalkan pertama kali tahun 2015, Yamaha Nmax telah memiliki dua generasi. Generasi terbarunya dirilis akhir tahun 2019 lalu. Tapi menariknya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih menjual model lamanya.
Entah karena soal selera desain atau bukan, banyak masyarakat yang masih menyukai Yamaha Nmax generasi pertama. Tak heran jika akhirnya produk satu ini masih dijual, dan terpampang pada website resmi Yamaha.
Yamaha Nmax lama ditawarkan dengan dua tipe, yakni non ABS dan ABS. Yang menggelitik, harga Yamaha Nmax lama tipe ABS justru dijual lebih mahal dari Yamaha Nmax terbaru loh.
Ya pada tipe ABS, Yamaha Nmax lama ini dilepas Rp 32,265 juta on the road Jakarta. Banderol ini lebih mahal dari Yamaha Nmax model terbaru tipe Standard dan Connected, yang masing-masing dijual Rp 30,2 juta dan Rp 31,45 juta.
Tapi jika kalian mengincar Yamaha Nmax lama tipe non ABS, harga jualnya justru jadi yang paling murah. Kalian bisa mendapatkan skutik tipe non ABS itu dengan harga Rp 28,945 juta saja.
Namun karena ini model lama, tak semua dealer Yamaha menyediakan stok unitnya. Jadi ada baiknya kalian menanyakan stok unit dan berapa lama harus menunggu sampai unit tersedia.
Berikut daftar harga Yamaha Nmax lama dan terbaru, dilansir dari website resmi Yamaha Indonesia.
Daftar Harga
All New Yamaha Nmax Standard Version
Rp 30,2 juta
All New Yamaha Nmax Connected
Rp 31,45 juta
All New Yamaha Nmax Connected ABS
Rp 34,3 juta
Yamaha Nmax
Rp 28,945 juta
Yamaha Nmax ABS
Rp 32,265 juta
Perbandingan Yamaha Nmax Lama Vs Baru
Menurut beberapa tenaga penjual, konsumen masih banyak yang menyukai desain dari Yamaha Nmax model lama. Ya kalau soal desain memang tak bisa disamakan, setiap orang punya selera masing-masing.
Pada model lama sosok Yamaha Nmax lebih kaku dan mengotak, tanpa menghilangkan kesan sporty dan kokoh. Lantas pada model baru bentuknya cenderung membulat dan memiliki garis bodi dinamis.
Walaupun kalau boleh dibilang, model lama ini sudah kalah fitur. Misalnya panel meter yang berukuran lebih besar, pun pengaturan informasi di dalamnya bisa dilakukan menggunakan switch handle bar pada setang kiri depan. Lebih praktis.
Kemudian jika membeli tipe ABS Yamaha Nmax lama, kalian tak akan bisa merasakan fitur-fitur terbaru Yamaha Nmax seperti Y-Connect, Traction Control System hingga Stop & Start System.
Pun untuk penyuka riding jarak jauh, akan lebih nyaman dengan Nmax baru karena kapasitas tangki yang lebih besar yakni 7,1 liter. Pada model lama hanya 6,6 liter saja daya tampungnya.
Meski sama-sama nyaman dikendarai, Yamaha Nmax lama lebih mumpuni untuk kaki selonjoran. Beda dengan model terbaru yang kaki pengendara harus sedikit menekuk, meski tetap nyaman.
Ini tak lepas dari perubahan dimensi Yamaha Nmax model baru yang menjadi lebih pendek. Data perbandingan dimensi keduanya bisa kalian lihat pada tabel di bawah ini.
Dimensi Yamaha Nmax
All New Yamaha Nmax
Yamaha Nmax
Panjang x Lebar x Tinggi
1.935 x 740 x 1.160 mm
1.955 x 740 x 1.115 mm
Jarak Sumbu Roda
1.340 mm
1.350 mm
Ketinggian Jok
765 mm
765 mm
Ground Clearance
124 mm
135 mm
Berat
132 kg
127 kg
Kapasitas Tangki Bensin
7,1 liter
6,6 liter
Mesin Beda Banget
Pada Yamaha Nmax model lama, kalian masih akan mendengar suara dinamo starter saat menghidupkan mesin. Beda dengan model baru yang sudah menerapkan teknologi Smart Motor Generator (SMG), sehingga lebih senyap.
Walau secara spesifikasi mesin masih sama, yakni 4-tak, SOHC 4 katup dengan VVA dan pendingin cairan, dan ukuran piston serta langkah piston masih sama, tapi banyak komponen jeroan mesin yang berbeda dari mesin sebelumnya.
Misalnya ukuran payung klep, kemudian bentuk piston yang mempengaruhi rasio kompresi, kemudian volume boks filter udara dan tak kalah penting, beda output tenaga mesin.
Tenaga Yamaha Nmax terbaru menjadi 15,3 PS di 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm. Ada kenaikan tenaga sebesar 0,3 PS meski torsi sedikit turun sebesar 0,5 Nm dari model lamanya.
Karakternya pun beda jauh loh, pada Yamaha Nmax lama punya respon mesin yang spontan dan kuat pada putaran bawah sampai menengah. Namun pada model terbarunya, mesinnya justru smooth untuk berakselerasi tapi punya performa putaran atas lebih menyenangkan.
Perbandingan Mesin
All New Yamaha Nmax
Yamaha Nmax
Tipe Mesin
Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Kapasitas Mesin
155 cc
155 cc
Bore x Stroke
58 x 58,7 mm
58 x 58,7 mm
Kompresi
10,5:1
11,6:1
Tenaga Maksimal
15,3 PS @8.000 rpm
15 PS @8.000 rpm
Torsi Maksimal
13,9 Nm @6.500 rpm
14,4 Nm @6.500 rpm
Kesimpulan
Selera memang tak bisa dibeli, tak heran jika model lama dari Yamaha Nmax masih banyak yang mencari dan menyukainya. Tapi yang harus dicermati, pada model lama fitur-fiturnya tak selengkap model terbaru.
Belum lagi jika kalian memilih tipe ABS, harganya justru lebih tinggi dari dua tipe Yamaha Nmax model 2022 yakni Standard dan Connected. Namun semua kembali pada keinginan, jika hal tersebut bukan masalah bagi kalian.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil