Yamaha XMax Connected Pakai Part Plug & Play, Jadi Kece Tanpa Repot!
Fariz · 7 Jan, 2023 14:00
0
0
Sebagian besar part terpasang secara plug and play.
Pengereman lebih pakem dengan part RPD dan TDR.
Yamaha XMax Connected 2023 yang hadir pada IMOS 2022 memang tidak bisa dikatakan sepenuhnya baru. Ubahannya memang berfokus pada desain bodi yang lebih segar namun tetap mempertahankan karakter dari generasi pertama.
Ubahan lainnya tentu saja desain lampu utama, lampu belakang, dan spidometer yang kini fully digital menggunakan negative display serta ketambahan sistem navigasi menggunakan aplikasi Garmin StreetCross pada smartphone.
Karena ubahannya tidak banyak, ini jadi keuntungan bagi para pemilik XMax Connected yang senang modifikasi. Karena dengan begitu rasanya tidak sulit untuk mencari part modifikasi, bahkan bisa menggunakan part modifikasi milik Yamaha XMax generasi pertama.
Seperti yang dilakukan Mitra2000 sebagai distributor dari beberapa part modifikasi yang melakukan modifikasi Yamaha XMax Connected menggunakan part yang sama seperti model generasi pertama.
Seperti apa?
Upgrade Pengereman
Di area setang yang paling terlihat adanya spion aftermarket berlabel RPD. Spion ini cukup memberi kesan premium pada Yamaha XMax Connected karena menggunakan bahan aluminium dengan finishing CNC.
Kemudian kedua master rem juga diganti menggunakan merek yang sama, RPD radial dengan bodi master rem aluminium serta finishing CNC. Tidak ketinggalan ada tabung reservoir kecil untuk menampung minyak rem.
“Piston master rem RPD lebih besar dari standar tentunya, kalau untuk Yamaha XMax pakai diameter piston 17 mm kanan dan 16 mm kiri. Yang pasti pengaruh ke tekanan rem ya jadi lebih kuat, ibarat suntikan aja,” ujar Jeffry Willar selaku Marketing Manager Mitra2000.
Kedua master rem barunya disambungkan ke kaliper menggunakan elang rem TDR yang terbuat dari bahan stainless steel dengan sistem rajutan, biasa juga disebut dengan braided stainless steel.
Kelebihannya tentu bisa menahan tekanan minyak rem lebih kuat dan bisa melepas panas minyak rem lebih baik. Beda dengan selang rem original yang menggunakan bahan karet, karena bisa membengkak ketika melakukan pengereman keras.
Masih di sektor pengereman, kedua cakramnya ikut diganti namun kali ini pakai produk TDR. Yang depan wavy semi-floating berdiameter 298 mm sedangkan belakang wavy juga tapi dengan diameter standar 245 mm.
Sisi dalam cakramnya menggunakan aluminium dan sisi luar cakram pakai bahan stainless steel sehingga memberikan bobot yang lebih ringan tapi mampu melepas panas dengan baik.
“Cakram belakang TDR lebih tebal dibandingkan original. Tujuannya supaya lebih awet dan membuat kemungkinan cakram melengkung lebih kecil karena lebih tebal,” sambungnya.
Beragam Suspensi Yamaha XMax Connected
Untuk memberi kenyamanan lebih, suspensi original yang hanya dilengkapi preload dilengserkan dan digantikan dengan produk YSS. YSS sendiri memiliki banyak line up untuk motor ini.
Yang terpasang di Yamaha XMax Connected ini merupakan versi tertinggi dari YSS yaitu tipe G-Racing. Tipe ini dilengkapi dengan spring adjuster, rebound adjuster, tabung berisikan nitrogen dan oli, serta ada compression adjuster.
Bahkan compression adjuster di tipe ini dibagi menjadi 2 setelan. Ada High Speed Compression dan Low Speed Compression sehingga pengendaranya bisa mengatur karakter suspensi secara lebih detail.