Desain jiplak Yamaha Aerox 155.
Desain mirip Aerox 155.
Pakai mesin eSP+.
Kapasitas mesin lebih besar.
Yamaha Aerox 155 boleh dikatakan menjadi motor matic yang desainnya disukai banyak kalangan.
Tak ayal jika pabrikan motor asal Cina yang dikenal kerap meniru desain dari motor yang tenar, menjadikannya sebagai patokan.
Maka hasilnya adalah Zhineng Griffin 180, yang jelas-jelas mencaplok desain Yamaha Aerox 155 .
Seperti diunggah oleh akun Reed Motovlog, Ia menampilkan motor tersebut pada sebuah pameran.
Tak disebutkan lokasinya, namun melihat foto yang diunggahnya, nampak pameran tersebut berlangsung di Cina.
Yamaha Aerox 155 punya bentuk sporty, gagah dan ukurannya besar dengan mesin 155 cc yang dikenal kuat.
Nampaknya hal itulah yang membuat Zhineng Motor membuat produk yang serupa, alias tiruannya.
Nyaris tak ada beda dari desain motor ini, mulai dari penerapan lampu depan ganda dengan LED DRL sebagai alisnya.
Baca juga : Daftar Motor Cina Yang Sempat Eksis di Indonesia, Ada Sanex, Jialing Sampai Zhongshen
Bedanya Zhineng Griffin 180 ini punya sekat pada reflektor lampu depannya, serta model DRL yang terpisah-pisah.
Menyasar area bawah, terdapat suspensi depan teleskopik, dengan pelek palang 3 bercabang yang khas Maxi Yamaha itu.
Lampu depan dengan sekat pada reflektor.
Lanjut, lekuk bodi depan bagian samping yang melebar ala fairing motor sport Aerox 155 banget.
Termasuk pula bagian tengah motor yang terdapat mulut tangki bahan bakar, serta cover 'X' yang jadi ciri khas Yamaha Aerox 155.
Lekuk buritan yang tajam dan sporty jadi masih dipertahankan, namun ada sejumlah beda detail.
Pertama pada bodi belakang dibuat semacam kisi-kisi sebagai jalur lewat udara. Ala Yamaha R15 terbaru nih!
Kemudian sepatbor belakang model gantu pakai bahan alumunium, serta terdapat lampu reflektif alias mata kucing.
Baca juga : Kenalan Sama Jialing SVR 180, Motor Cina Bertampang Kawasaki Z1000 Bermesin 150 Cc
Mesin eSP+ 180 cc.
Suspensi ganda tanpa tabung jadi andalan untuk meredam guncangan dari roda belakang.
Yang menarik, jika Yamaha punya teknologi Blue Core untuk mesin Yamaha Aerox 155, maka berbeda dengan Zhineng Griffin 180 ini.
Lantaran jantung pacu yang dipakai justru berteknologi eSP+ (enhanced Smart Power +) yang identik dengan mesin Honda !
Kemudian kapasitas mesin pun bukan 160 cc seperti Honda PCX atau ADV, tapi membesar jadi 180 cc.
Sayangnya tidak ada spesifikasi detail mengenai mesin tersebut, juga situs resmi pabrikan tidak ditemui.
Tidak ada info detail spesifikasi dan harganya.
Namun jika benar, maka motor ini mengusung teknologi SOHC 4 katup dengan pendingin cairan.
Gimana-gimana, menarik gak nih motor gado-gado bodi Yamaha mesin Honda ala Zhineng ini?