Umur Mobil Diperpendek? Inilah 5 Tindakan Yang Cenderung Dilakukan Tanpa Disadari

Dahulu kala umur sebuah mobil dikatakan bisa sampai "10 tahun, 100.000 km". Masa umur mobil dalam beberapa tahun terakhir telah diperpanjang karena kemajuan teknologi, dan selama dirawat secara teratur, mobil dapat berjalan dengan baik bahkan sampai 20 atau 30 tahun. Namun, tentunya jika mobil tidak ditangani dengan baik, umurnya akan menjadi lebih pendek.

Bagaimana jika pengoperasi dalam mengemudi biasa bisa memperpendek umur mobil? Jika umurnya diperpendek, jangka waktu perjalanan Anda akan lebih pendek, dan bahkan jika Anda menaruhnya untuk dijual kembali, harga tukar tambah akan berubah tergantung pada kerusakan mobil. Baik itu mobil ringan atau mobil kompak atau pembelian mobil mahal, jadi saya ingin meningkatkan performa biaya sebanyak mungkin. Kali ini, saya akan memperkenalkan 5 tindakan yang merusak mobil yang cenderung Anda lakukan setiap hari.

Anda harus "sedikit" ke halte mobil !!

Saat menghentikan mobil di tempat parkir, jika ada halte mobil, itu adalah cara “turun sampai menabrak halte mobil”. Namun, ini adalah tindakan yang memperpendek umur mobil untuk memarkirnya saat ditekan dengan kuat ke halte mobil.

Dengan menekan kuat pada stopper mobil, tekanan ekstra diterapkan pada ban, yang memberi tekanan pada tapak ban dan sistem bushing suspensi. Meski waktunya singkat seperti saat Anda mampir di minimarket, Anda perlu berhati-hati jika hanya berkendara di akhir pekan.

Selain itu, kekakuan vertikal (pegas vertikal) ban adalah sekitar 250N / mm (untuk ukuran rata-rata 225 / 55R17), suspensinya adalah 2000-3000N / mm, dan karet ban adalah urutan besarnya.

Sangat empuk dan ban akan rusak pada tahap awal. Bintik-bintik datar dan penyok pada tapak ban dapat menyebabkan getaran berkala saat Anda memindahkan mobil berikutnya. Ini akan diselesaikan setelah mengemudi dalam beberapa kilometer, tetapi jika Anda mendorongnya ke mobil setiap kali berhenti dan menghentikannya, kerusakan akan menumpuk. Jika ada mobil berhenti, Anda bisa mengurangi beban pada ban dengan secara perlahan menekan mobil stop lalu bergerak maju (atau mundur) sedikit dan menjauhkannya dari halte mobil.

"operasi mendadak"

Operasi mendadak khususnya pengereman mendadak, start mendadak, dan pengemudian mendadak, memang menyenangkan untuk memilih tempat untuk dikemudikan, tetapi hal itu bisa menjadi stres besar bagi mobil. Pengoperasian mendadak memberikan beban besar pada setiap bagian mobil, seperti ban, suspensi, mekanisme kemudi, dan body mobil.

Mobil memiliki desain yang kuat dengan tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak akan mudah pecah walaupun Anda memasukkan input yang cukup besar, dan pengoperasian yang tiba-tiba tidak boleh menjadi input yang besar, tetapi bagian-bagiannya sudah aus. Dan keausan akan lebih cepat dari penggunaan normal.

Produsen mobil melakukan semua jenis tes ketahanan berkendara dengan hati-hati untuk memeriksa kerusakan suspensi, mesin, ban, sistem kemudi, sistem penggerak, bodi, dll. Ada juga tes intens seperti dipakai terus menerus di bawah terik matahari di pertengahan musim panas, start dingin di bawah titik beku di pertengahan musim dingin, dan beberapa tes kekuatan yang menghantam mobil berhenti pada kecepatan rendah.

Oleh karena itu, tidak ada yang namanya "putus jika Anda melakukan operasi mendadak", tetapi perlu diingat bahwa operasi mendadak dapay mempercepat kerusakan. Selain itu, tidak baik menghentikan mobil dalam waktu lama tanpa menjalankannya. Kunci umur panjang adalah memiliki perawatan rutin dan pemeriksaan di dealer dan garasi untuk segalam macam mobil.

Mengemudikan kemudi saat berhenti

"Standing off the handle atau Mengemudikan kemudi saat berhenti", yaitu menghentikan mobil di tempat parkir dan kemudian memutar pegangan untuk mulai bergerak lagi, adalah salah satu operasi yang Anda lakukan dengan santai, namun ini juga salah satu tindakan yang mempercepat kerusakan mobil.

Misalnya, bahkan dalam kasus mobil kompak FF dengan berat 1 ton, satu roda depan memiliki berat sekitar 300 kg. Besarnya kerusakan bervariasi tergantung pada jenis aspal, jalan berkerikil, atau tanah, tetapi mengulang roda kemudi dalam keadaan diam saat berhenti akan menggunakan bagian tapak ban secara berlebihan. Jika penghapus dipelintir ke tanah dan berputar-putar maka penghapus akan keluar, sehingga setir saat kendaraan dihentikan adalah pengoperasian pengikisan permukaan tapak.

Sedikit kerusakan akan terakumulasi pada sistem kemudi dan semak suspensi, sehingga dalam jangka panjang, suspensi juga akan terbebani. Saat berhenti atau parkir, jadi pelajari teknik mengoperasikan roda kemudi sambil sedikit menggerakkan mobil.

Rem parkir adalah "Sebelum memasuki kisaran P"

Dengan merebaknya rem parkir elektrik beberapa tahun terakhir ini, banyak mobil yang secara otomatis menggunakan rem parkir, namun masih banyak orang yang mengendarai mobil rem parkir tipe guide atau yang dioperasikan dengan kaki.

Teori rem parkir adalah "terapkan sebelum memasuki kisaran P". Pada kisaran P, roda gigi di dalam transmisi digesek dan poros dikunci, sehingga roda penggerak tidak bisa bergerak, tetapi roda penggerak (belakang untuk FF, depan untuk FR) masih bebas bergerak.

Oleh karena itu, jika Anda melepas kaki Anda dari pedal rem setelah memasukkannya ke kisaran P, mobil akan bergerak sedikit. Terutama saat beban diterapkan ke roda gigi di lereng dll, jika Anda melepaskannya secara paksa dengan tuas pemindah, misi akan terbebani dan Anda akan memainkan peran yang awalnya tidak Anda miliki.

Urutan pengoperasian yang benar adalah "sambil menekan pedal rem di tempat parkir, gunakan rem parkir, pasang di kisaran P, dan lepas kaki Anda dari pedal rem". Saat memulai, prosedurnya dibalik: "Saat menekan pedal rem, lepaskan rentang P, lepas rem parkir, dan perlahan lepas pedal rem."

Perawatannya juga solid !!

Mengecek keausan ban dan tekanan udara, termasuk mengganti oli mesin, memang hal yang biasa, tapi cenderung ditunda dengan mengatakan, "Masih oke." Namun, ini sama dengan pemeriksaan kesehatan manusia. Dengan mengetahui cacatnya sejak dini, Anda bisa merawatnya sebelum menjadi serius, dan akibatnya bisa dilakukan dengan murah dan dalam waktu singkat.

Selain itu, body coating dan waxing penting untuk melindungi cat pada body mobil. Cat terbaru memiliki kualitas yang lebih tinggi dan kilap yang tahan lama, tetapi dalam jangka panjang, perbedaannya lebih besar dengan  waxing atau tanpa waxing.

Kebagusan mobil juga tegantung pada penilaian pada saat tukar tambah, jadi disarankan agar Anda tidak mengabaikan perawatan rutin.

Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda HR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil