**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Baojun E100 2019 dan artikel ini dari situs China, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.
Pemilik Baojun E100 dari China
Baojun E100 2019 versi Zhixing(low version)
Sebagai seorang pengemudi veteran dengan 15 tahun pengalaman mengemudi, saya belum membeli mobil. Saya selalu mengendarai Mazda 3 2010 milik ayah saya tetapi belum membeli mobil sendiri. Karena perusahaan saya disediakan bus untuk menjemput karyawan, ini satu alasan saya. Yang kedua alasan adalah parkir di rumah saya terlalu sulit. Setiap kali saya memikirkan kemacetan dan parkir, saya pusing-pusing.
Selain itu, kebanyakan mobil di kondisi saat ini dikendarai oleh satu orang dan kursi lainnya tidak digunakan. Semua kursi penumpang kosong, sumber daya ruang jalan terbuang percuma, dan proporsi individu yang mencemari lingkungan juga meningkat. Waktu tempuh real sih hanya ada 1-2 orang. Jadi saya tidak ingin langsung memiliki mobil secara cepat.
Suatu hari, rekan saya membeli E100. Saya meminjam mobilnya dan mengemudinya selama sehari. Saya pikir mobil ini memenuhi semua kebutuhan saya saat itu, jadi saya pikir Baojun E100 adalah pilihan yang baik.
● Kisaran anggaran saya adalah: Tidak ada persyaratan anggaran khusus, asalkan memenuhi kebutuhan saya, saya akan membelinya
● Model-model yang saya pertimbangkan meliputi: Baojun E200
Sebenarnya, saya pernah mempertimbangkan Baojun E100 2017 sebelumnya, tetapi ketika saya melihat bahwa pegangan pintu sebenarnya sabuk, saya melepaskan opsi ini. Belakangan Baojun E200 juga tidak membiarkan saya menerima gaya tangguh ini.
Lalu, saya menemukan banyak bagian dari E100 2019 yang didesain ulang, dan akhirnya tidak lagi pegangan sabuk, dan kemampuan batre sampai Maksi kilometer sudah ditingkatkan. Selain itu, dulu ia hanya dijual di kota Liuzhou, provinsi Guangxi, tapi pada 12 Juli ia akan dijual secara nasional. Saya rasa tidak ada alasan untuk tidak membeli E100, hehe.
Proses pengambilan mobil tidak mulus, dan kekuatan preferensial berbeda di setiap wilayah, tetapi mereka tidak lebih baik dari subsidi negara bagian dan pemerintah di kota Liuzhou. Untungnya, pada akhirnya, saya mendapatkan harga terbaik saat itu di lokasi saya, saya beli Baojun E100 versi Zhixing 2019 dengan ¥41000( sekitar Rp 8.8 Juta), yang disebut Low version.
Pegangan pintu akhirnya bukan hanya sabuk, interiornya bisa dikompromikan, tapi pegangan sabuk benar-benar tidak oke. Semuanya terbuat dari plastik keras, ruang penyimpanan di dalam mobil terbatas, tapi slot penyimpanan di pintu cukup banyak.
Namun sandaran tangan di atas pintu co-pilot masih berbahan kulit jingga, ini untuk menghemat biaya. Tapi itu gak pa pa, karena fungsi ini tidak umum digunakan. Kulitnya keras dan cengkeramannya bagus.
Tidak ada navigasi panel kontrol pusat dalam Baojun E100 Versi Zhixing( Low version). Hanya ada panel dasbor yang terletak tepat di depan posisi mengemudi. Informasi parameter utama kaya, dan ada antarmuka untuk gambar pembalik eksternal.
Yang mengejutkan saya adalah versi Zhixing dari E100 memiliki tiga mode: ekonomi, standar, dan sport, yang dapat diaktifkan dengan tombol kiri setir. Di sebelah kanan adalah tombol multimedia audio, saya dapat beralih antara Bluetooth dan radio. Material keseluruhan memiliki tekstur plastik dan permukaan halus berwarna oranye, yang membuatnya terasa nyaman. Karena tidak terbuat dari kulit asli, tidak ada risiko kulit pecah, jadi saya tidak perlu khawatir apakah harus menggunakan penutup pelindung.
Joknya relatif tinggi, jadi setirnya juga relatif bertenaga tinggi. Mobil dua tempat duduk sama sekali tidak perlu memperhatikan jok belakang, jadi sebenarnya ruang berkendara sangat luas.Penumpang dengan tinggi 180cm akan merasa masih ada ruang untuk mereka duduk. Tidak ada kuda 3 itu. Tekanan semacam ini, jarak setir dari kaki-kaki. Karena bodi kendaraan relatif tinggi secara longitudinal dan jok relatif tinggi, bidang pandang berkendara E100 sebenarnya mirip dengan SUV.
Interior mobil ini hampir sama dengan tanpa interior ... Sangat simpel. Semua port AC adalah outlet udara tetap, yang tidak dapat ditutup atau disesuaikan secara terpisah. Anda dapat melihat penutup tersembunyi di kursi penumpang, yang memiliki dua port USB 5V2A dan Korek api.
Terdapat juga dua buah AC di bagian depan jok pengemudi. Saat digunakan dengan benar, AC E100 bertenaga. Di musim panas, dua gigi cukup untuk pendinginan, dan gigi ketiga sedikit berisik.
Ada tombol fisik di sisi kanan setir, lampu kabut, dll. Fungsi tombol AC sangat jelas. Ada dua tombol, satu untuk mengontrol angin AC dan satu lagi untuk memilih udara dingin atau hangat. Tekan untuk mengalihkan sirkulasi udara di dalam dan di luar mobil, dan suplai udara atau menghilangkan kabut, saya pikir ini melebihi harapan saya.
Keajaibannya adalah ada dua pengait tersembunyi di bawah konsol tengah. Ini sangat praktis. Dalam banyak kasus, sangat merepotkan untuk menumpahkan barang di dalam mobil, dan menggunakan kantong plastik untuk menggantung adalah cara yang paling stabil.
Versi Zhixing tidak memiliki kaca spion elektrik. Hanya "joystick" ini yang mengontrol kaca spion 360 °. Jika sudutnya tidak sesuai, Anda dapat menggunakan brute force untuk mengayunkan kaca spion untuk meningkatkan sudutnya.
Kontrol throttle-nya sangat simpel, tapi menurut saya desain ini mudah digunakan oleh pemula, tidak hanya dibedakan dengan garis horizontal dan vertikal, tetapi juga dengan corak warna yang mencolok. Tanda minus digunakan untuk pengereman dan tanda plus digunakan untuk akselerasi. Semuanya jelas.
Selain beberapa aksesori kecil dan kabel pengisi daya, masih ada beberapa ruang yang tersedia, seperti tripod, stabilizer, dua ransel 60L, dan drone, yang semuanya dapat dicolokkan. Namun, Anda bisa melihat di kedua sisi bahwa ada dua tonjolan di bagian bawah karena adanya ban.
Meskipun tonjolan di kedua sisi tidak dapat menempatkan sesuatu, Baojun tampaknya sangat menyukai desain pengait. Pengait tersembunyi dipasang di setiap sisi untuk memanfaatkan bagian ruang ini dengan baik.
Baojun E100 dapat mengatasi permasalahan seperti kesulitan parkir di rumah, kesulitan parkir di luar, kemacetan jalan, dan pemborosan sumber daya jalan. Tempat saya tinggal seringkali tidak memiliki tempat parkir pada jam 18.00, tetapi banyak tempat parkir yang berukuran setengah. Terkadang saat jalan lurus belok kanan ditempati oleh kendaraan lurus, hanya sedikit belokan kanan yang tersisa. E100 dapat dengan mudah dibelokkan. Dengan bertambahnya waktu, dapat menghemat banyak waktu kemacetan.
Biaya listrik (di China) hampir 1/10 dari kendaraan bensin.
Akselerasinya seketika 0-50 km / jam, karena batas atasnya hanya 105KM / jam, dan bisa mengemudinya di jalan raya. Tapi bagi saya, mengemudinya ke perusahaan saya sudah cukup.
Ini benar-benar tidak nyaman, ketika saya mengemudinya di luar, saya temukan kesulitan kalo mau mengisi listrik untuk mobil saya. Dealer tidak pernah beritahunya kepada saya...
Outlet AC tidak bisa disetel, gaya dan arah angin tidak dapat diatur secara terpisah.
Radar tambahan memang berguna, tapi yang paling ditakuti adalah benda asing kecil yang menonjol di bagian belakang mobil, dan kemunculan tiba-tiba anak-anak atau kucing dan anjing. Ada titik buta di bidang penglihatan. Masalah ini tidak bisa diselesaikan oleh pengemudi yang terampil.
rodanya hanya 12 inci, ketidakrataan dan getaran tanah akan lebih jelas tersampaikan kepada pengemudi.
Jelaslah, ini karena mobil ini memang cukup kecil...
Audio mobil hanya dapat dirasakan oleh pengemudi, yang lebih baik daripada audio Bluetooth pada umumnya, tetapi perlu dicatat bahwa versi Zhixing E100 tidak memiliki mikrofon, yaitu hanya dapat dihubungkan ke Bluetooth untuk memutar musik, dan tidak dapat memanggil Siri dan menjawab panggilan.
Panjang mobil adalah 2488mm, daya maksimum 29kW, energi baterai 24kWh, waktu pengisian lambat resmi adalah 11,5 jam, dan sebenarnya memakan waktu sekitar 13 jam. Jarak tempuh maksimal yang ditopang baterai resminya adalah 250 kilometer. Saya ngotot memotret setiap hari. Sebenarnya AC dihidupkan dengan 2 gigi di musim panas, dan mode ekonomi, jarak berkendara maksimal yang didukung baterainya sekitar 205 kilometer. Kalo pada musim gugur dan musim dingin kondisinya akan lebih baik.
Relatif mudah untuk mengendarainya hingga 80km / jam di viaduct pada waktu normal, tetapi karena kebanyakan sekitar 60km / jam dalam kemacetan, pusat gravitasinya tidak tinggi, dan tikungannya sedikit lebih lambat. Anda harus memperhatikan lubang-lubang besar. Bagian kedap suara lebih baik dari yang diharapkan.Kendaraan di luar selama berkendara tidak akan mempengaruhi dirinya sendiri.
Tentang keselamatan, sebagian orang suka menyebutnya 'Peti mati yang bergerak'. Sebenarnya banyak sepeda dan kendaraan listrik yang sebenarnya sangat berbahaya, namun orang yang pernah membaca beritanya tahu bahwa kecelakaan sebenarnya tidak soal jenis kendaraannya.
Berkendara dengan aman selalu hal terpenting. Pengemudi berpengalaman dapat berusaha mencegah dirinya sendiri dari menyebabkan kecelakaan, tetapi mereka tidak dapat mencegah orang lain menyebabkan kecelakaan. Keselamatan berkendara mengharuskan semua orang bekerja sama.
Saya tidak mempertimbangkan masalah ini saat membelinya. Katanya bagian kendaraan energi baru yang paling mahal adalah aki. Janji resmi garansi akinya bisa digunakan dengan 120.000 kilometer selama 8 tahun, jadi setelah tenggat waktu, saya tidak memikirkan bahwa apakah harga jual kembali nya masih terjangkau.
Beberapa teman mengatakan bahwa banyak masalah kecil yang benar-benar ditemukkan dalam proses perbaikan mobil. Saat ini saya baru berkendaranya lebih dari 500 kilometer dan belum menemui masalah kata mereka. Jika saya menemui masalah sepertinya, nanti saya akan terus berbagi dengan kalian.
Kendaraan energi baru mengurangi emisi gas buang, tetapi setelah beberapa tahun, masalah yang dihadapi dalam daur ulang keausan dan penuaan baterai tidak akan berkurang dibandingkan dengan kendaraan bahan bakar. Namun, hal ini tidak menjadi masalah bagi konsumen untuk dipertimbangkan. Karena masyarakat dengan giat mempromosikan kendaraan energi baru, ini masalah yang harus ditimbangkan oleh pemerintah dan pabrikan otomotif terkait.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2022 Honda BRIO SATYA E 1.2
5.503 km
0,5 tahun
Jawa Barat
2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2
5.751 km
1 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
15.855 km
2,5 tahun
Jakarta
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
16.096 km
3,5 tahun
Jawa Barat