Bukan Sekedar 'Angkot', Ini Rahasia Daihatsu GranMax Minibus Berhasil Kudeta Singgasana Suzuki Carry Futura

Sebelum dekade 2000-an, mobil jenis minibus jadi andalan sebagai kendaraan keluarga. Dahulu, minibus penjualannya cukup laris namun kini kiprahnya tergantikan oleh MPV. Dari sekian banyak model minibus, tinggal Daihatsu GranMax saja yang bisa bertahan selama satu dekade. 

Pada zaman dahulu, mobil keluarga identik dengan mobil penumpang yang bisa mengangkut banyak orang. Namun, kebutuhan konsumen terus meningkat soal kenyamanan dalam mobil keluarga. Ini membuat permintaan MPV terus naik hingga akhirnya menggantikan minibus.

Persaingan minibus berakhir setelah Suzuki menghentikan produksi Carry Futura. Kini, hanya tersisa GranMax di segmen minibus sebelum akhirnya DFSK mencoba peruntungannya dengan merilis Gelora. Sempat jadi pemain tunggal selama beberapa tahun, GranMax minibus bahkan lebih laris daripada Luxio yang jadi kembaran versi mahalnya.

Dengan segala keterbatasannya, GranMax bisa menjawab semua kebutuhan dasar konsumen soal mobil penumpang. Karena bentuknya yang kotak, membuat kabinnya lega sehingga bisa mengangkut banyak penumpang sekaligus barang bawaan. Tidak heran, kalau GranMax juga dikonversi jadi mikrolet alias angkot.

Untuk versi angkot, memang basisnya dari pick up. Namun keunggulan dasar GranMax minibus juga tetap hadir dari desain atap tinggi yang membuat kabinnya terasa luas.

Daihatsu GranMax, Minibus dengan Penampilan Sederhana

Gran Max memiliki desain yang tak terlalu besar dan juga ramping untuk ukuran minibus. Untuk mensiasati ruang agar tidak terlalu besar, Daihatsu selaku pabrikan juga menyematkan konsep Semi Bonnet pada GranMax. 

Secara keseluruhan, desain GranMax tidak bisa disebut istimewa karena penampilannya sederhana. Demi aspek fungsional, headlamp mobil ini cukup besar bahkan melebar hingga ke bagian samping. Lampunya masih memakai teknologi halogen yang cukup mampu untuk memberikan pencahayaan maksimal dengan perawatan ekonomis. 

Ke bagian belakang, GranMax tampil sederhana dengan tak membawa kesan yang bersahaja. Desain stoplamp tegak dikombinasikan spoiler line dan kaca berukuran besar. Tak ada kesan istimewa yang bisa ditemukan di bagian belakang Gran Max.

Interior Bersahaja, Minim Fitur Istimewa

Di bagian dashbard, Gran Max memiliki desain yang modern nan ergonomis untuk memberikan kemudahan kepada para penggunanya. 

Setir ini polosan dan belum dilegkapi dengan steering swich control. Ini jelas merepotkan pengemudi, karena tangannya harus bergeser saat perlu mengganti musik ataupun memperbesar dan memperkecil volume sesuai dengan keinginan.

Sebagai pelengkap, dihadirkan pula panel speedometer analog yang memberikan informasi terkini seputar kendaraan mulai dari penguanaan bahan bakar, kecepatan kendaraan, hingga jarak tempuh yang dilalui. 

Tidak seperti Carry Minibus, pengemudi maupun penumpang depan GranMax bisa mendapatkan kenyamanan ekstra. Kedua seat tersebut sudah dilengkapi dengan sliding seat yang bisa dimaju-mundurkan sesuai selera. 

Daihatsu GranMax Minibus, Si Mobil Serba Bisa

Daihatsu Grand Max masih bertahan dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Hingga kini, GranMax mampu menjadi pembeda bagi Daihatsu di antara produk-produk lainnya. Karena keunikannya ini membuat Mazda melakukan rebranding GranMax menjadi Mazda Bongo untuk pasar Jepang. 

Daihatsu GrandMax di zaman modern ini mungkin bisa kita sebut sebagai Dokar Nippon. Sebab, suspensinya yang keras saat menghantam lubang membuat penumpang kurang nyaman. Layaknya dokar, kita bisa membawa banyak penumpang sekali jalan tanpa khawatir terkena masalah teknis, karena GranMax terkenal bandel. 

Untuk standarnya, GranMax minibus dirancang dengan tiga baris kursi. Jumlah penumpang maksimal yang mampu ditampung adalah 8 orang. Namun, ada juga opsi dealer yang menyediakan sepasang kursi berhadapan di bagian belakang.

Jumlah penumpang bisa 2 di depan, di baris kedua ada 3 orang, sedangkan di belakang sanggup diisi hingga 4 orang (konfigurasi dua kursi berhadapan). 

Bahkan untuk mobil omprengan biasanya dimaksimalkan atau sedikit dipaksa. Grand Max masih bisa muat menampung 11 orang karena kursi paling belakang masing-masing memuat tiga orang berhadapan (3X2=6). 

Kalian yang punya GranMax minibus tentunya bisa berbangga hati tatkala bepergian bersama dengan mobil ini. Bila ingin menghadiri hajatan, kalian bisa mengajak seluruh keluarga sampai tetangga yang ikut pun masih bisa muat. 

Konfigurasi Kursi Bisa Dirombak Ala Double Cabin

Meski kalah muka, namun GrandMax menang guna. suspensinya memang seringkali menuai keluhan. Namun dengan bentuknya, Grand Max menawarkan satu kelebihan yang menyenangkan, yaitu multifungsi. 

Kalian yang butuh kendaraan operasional, pasti tidak asing dengan GranMax. Untuk versi minibus ini bagian belakangnya bisa dikonversi sebagai bagasi tertutup super besar. 

Bila ingin menjadikan GranMax sebagai mobil keluarga terjangkau serba guna jelas sangat bisa. Kita tinggal melucuti sepasang kursi paling belakang dan Voila, jadilah bagasi besar yang tertutup. Karena desainnya yang boxy maka membuat penyimpanan jadi super lega. 

Mau bawa beberapa sepeda lipat pun jelas muat di bagasi belakang GranMax minibus ini. Jadi kalau kalian hobi bersepeda bersama, GranMax bisa mengangkut sepeda ke lokasi yang kita tuju, misalnya taman atau ke pantai. 

Mesin Gahar Daihatsu GranMax 1.500 Cc, Tak Kalah dengan MPV Kekinian 

Walaupun tampangnya biasa tapi mesinnya bisa diajak ngebut. Untuk tipe mesin 1.500 cc, jelas bisa digeber dan bersaing dengan Avanza atau MPV lain tanpa harus dengan usaha ekstra dan mesinnya ngos-ngosan.

Daihatsu GranMax minibus ini tersedia dengan dua tipe yaitu 1.3 dan 1.5 liter. Dimana untuk tipe 1.3 liter ini mampu memberikan daya maksimalnya mencapai 88 PS dan mampu memberikan torsi maksimal mencapai 114,7 Nm Sedangkan untuk tipe 1.5 liter mampu memberikan daya maksimal mencapai 97 PS dan torsi maksimalnya sendiri mencapai 134.4 Nm. 

Kesimpulan 

Sepeninggal Suzuki Carry Futura, Daihatsu GranMax minibus berhasil memanfaatkan situasi dan membuktikan diri sebagai minibus serba bisa. GranMax menjadi idola baru dengan kemampuannya sebagai mobil serba bisa. 

GranMax menjadi mobil yang mengutamakan fungsi dasar sebuah kendaraan. Tidak istimewa tapi masih cukup layak untuk sarana transportasi murah meriah. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Gran Max MB

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda MOBILIO E 1.5

Rp 171,00 Juta
Rp 3,48 Juta/bln

18.533 km

4,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Gran Max MB
Lihat