Isuzu Panther tahun ini secara resmi telah pensiun, dan tidak ada lagi sosok minibus pengganti dari pihak Isuzu Indonesia. Namun demikian, kiprah Isuzu Panther di segmen low commercial vehicle alias pick up terus berlanjut oleh model Isuzu Traga. Bahkan, Isuzu Traga ini mengadopsi mesin 4JA1-L peninggalan Panther yang tangguh.
Baca juga:
Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu
Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Traga 2020 yang Tangguh dan Tahan Banting
Mesin berkapasitas 2.499 cc yang sudah dilengkapi teknologi Turbocharger Direct Injection kembali jadi andalan, walau ada perbedaan output saat digunakan oleh Isuzu Traga.
Isuzu Panther mungkin telah pensiun, namun eksistensi mesin si kucing hitam sebenarnya terus berlanjut. Adalah Isuzu Traga, mobil light commercial yang jadi pewaris daput pacu Panther.
Hadir sebagai model baru, Isuzu Traga menggunakan komponen-komponen dari model Isuzu yang sudah ada. Traga memakai mesin Isuzu 4JA1-L berkapasitas 2.500 cc Diesel Direct Injection yang selama ini jadi andalan Isuzu Panther. Mesin ini cukup mumpuni tenaganya, sebesar 80 ps di 3.500 rpm dan terutama di torsi 191 Nm pada 1.800 rpm.
Meski mesin Isuzu Traga statusnya juga masih Euro 2, namun untuk mobil yang diekspor statusnya sudah menggunakan mesin berstandar Euro 4. Akan ada penyesuaian yang harus dilakukan jika mesin Traga di-upgrade ke Euro 4, mulai dari mechanical pump, dan harus ditambah common rail termasuk exhaust control device.
Traga diciptakan untuk mengangkut barang hasil bumi dari daerah pelosok sehingga beda dengan Panther. Isuzu Traga untuk diciptakan sebagai angkutan yang lincah dan tangguh melewati jalan berliku dan jalan rusak.
Bila dibandingkan dengan Isuzu Panther, maka Traga punya kapasitas muatan yang lebih besar. Traga lebih unggul karena memiliki bak yang besar dibandingkan Panther yang daya angkutnya maksimal 1,5 ton. Desainnya yang tanpa bonnet bakal memudahkan saat lewat jalur-jalur daerah pegunungan yang sempit. Isuzu Traga memiliki GVW atau kapasitas muatan seberat 2.950 kg.
Isuzu Traga ini unik karena komponennya gado-gado dari model lain. Memang, hal ini lumrah dilakukan oleh pabrikan mobil saat mengembangkan model baru, supaya tidak menambah cost produksi terlalu besar dan mempermudah ketersediaan suku cadang.
Hadir sebagai model baru, ternyata Isuzu Traga menggunakan komponen-komponen dari model Isuzu yang sudah ada. Bisa dibilang, jeroan Traga ini isinya gado-gado.
"Ini new platform new vehicle. Bicara platform memang baru, tapi bicara komponen, 68-70 persen common dg Panther , D Max, dan N Series (Elf)," ungkap Tonton Eko, Product Development Division Head PT IAMI saat sesi test drive di tahun 2018 lalu.
Hal yang paling diketahui dari komponen gado-gado ini di bagian mesin. Traga memakai mesin Isuzu 4JA1-L berkapasitas 2.500 cc Diesel Direct Injection yang jadi andalan Isuzu Panther. Ada beberapa komponen yang mengadopsi milik D Max, yaitu transmisi, axle, steering, dan suspensi depan. Sementara untuk sasisnya yang digunakan oleh Traga mengadopsi dari Isuzu Elf.
Isuzu Traga dijual dalam dua varian, yaitu pick up alias loss bak dan mobil box. Untuk varian pick up harganya Rp209,3 juta dan untuk mobil box Rp237,3 juta OTR Jakarta.
Soal kenyamanan, pickup yang menjadi rival Mitsubishi L300 ini memiliki design kabin yang modern dengan fasilitas yang cukup memadai. Di kabinnya sudah terdapat blower sehingga kita tinggal pasang kompresor AC bila ingin kabinnya makin dingin.
Meski memiliki bak terbuka dengan ukuran lebih luas dan panjang dibanding Mitsubishi L300, radius putar Isuzu Traga hanya 4,5 meter saja dan memungkinkan Traga menyelinap di jalan-jalan sempit.
Lalu, karena memakai ban berukuran 195 R14–8PR, Isuzu mengklaim sistem pengereman Traga lebih baik. Responsivitas ini menambah kenyamanan pengendara sebab lebih aman saat melewati tanjakan, turunan maupun jalanan mendatar.
Isuzu Traga yang meluncur pada 2018 ini menjadi paket lengkap kendaraan niaga ringan. Mobil ini punya radius putar yang kecil, bak luas, hingga kapasitas daya angkut yang paling besar dibandingkan yang lain.
Nama Isuzu pun jadi jaminan ketangguhan mesin diesel Traga, yang juga merupakan warisan dari Isuzu Panther. Itulah alasan mengapa Traga ini siap melanjutkan hegemoni Panther sebagai kendaraan angkut yang serba bisa.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2022 Toyota AVANZA G 1.5
7.835 km
1,5 tahun
Java East
2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
15.086 km
3,5 tahun
Jawa Barat