3 Mobil Matic Baru Termurah di Indonesia, Cuma Rp150 Jutaan Anti Pegal di Kemacetan
Adit · 5 Okt, 2024 12:02
0
0
Opsi mengenai mobil baru matic termurah kerap dipertanyakan oleh mereka yang hendak mencari kendaraan harian. Ya, mobil matic sekarang ini menjadi primadona banyak orang. Umumnya para pengguna yang tinggal di perkotaan.
Dengan hanya terdapat dua pedal, yaitu pedal rem dan gas, maka operasional mobil bertransmisi otomatis jauh lebih mudah dan tidak membuat lelah ketimbang mobil transmisi manual. Ini karena kaki kiri cukup diistirahatkan saja di foot rest, tanpa harus berkerja eksta menekan pedal kopling seperti halnya di mobil manual transmission (M/T).
Kendati harga mobil bertransmisi matic umumnya dilego lebih mahal daripada mobil manual, tetap saja jenis roda empat yang satu ini kerap diboyong ke rumah. Biasanya bisa rentang harga mobil matic bisa beda Rp10 juta lebih tinggi dibanding yang varian transmisi manual.
Namun bagi kalian berdana terbatas, atau masuk dalam golongan kaum mendang-mending, jangan sungkan mengincar mobil tanpa pedal kopling ini. Sebab ditengah harga mobil yang terus meroket, masih ada beberapa mobil baru matic termurah di Indonesia.
Nah berikut ini pilihan dari Autofun yang berhasil merangkum dan batasi menjadi 3 model mobil transmisi matik yang harganya terjangkau atau termurah di Indonesia. Cocok buat pembeli pertama tapi mencari kendaraan untuk menemani mobilitas harian di kota besar seperti Jakarta.
Mobil baru matic termurah pertama yang bisa kami rekomendasikan adalah Daihatsu Ayla 1.0 X. Mengacu situs resmi pabrikan, Ayla X terbaru yang bertransmisi matic harganya Rp 168.900.000. Masih cukup terjangkau lah, itu pun belum ditambah diskon dari dealer yang biasanya kerap ditawarkan.
Bisa dibilang Daihatsu Ayla 1.0 X ini kini menjadi mobil baru matic termurah di Indonesia. Awalnya ada Datsun Go (Spesifikasi | Berita), tapi sudah dijual lagi karena pabrikan memutuskan hengkang sebagai bagian dari transformasi strategi perusahaan.
Secara general, untuk tipe X masih menggunakan bohlamp halogen biasa pada sistem pencahayaan utama. Tapi ada tambahan LED Daytime Running Light (DRL) pada bagian bempernya.
Sedangkan untuk lingkar rodanya sudah menggunakan velg alloy 14 inci yang dicat menggunakan warna gun metal. Bergeser ke belakang, Daihatsu Ayla X sudah mendapatkan rear wiper. Meski begitu mobil ini tidak dilengkapi spoiler.
Sementara dari interior telah dilengkapi head unit 2DIN tapi belum layar sentuh. Sudah ada alarm dan sensor parkir, sementara dibagian pengemudi terdapat panel instrument dilengkapi tachometer dan layar MID dengan tampilan monochome. Untuk setirnya, mobil ini terlihat polos tanpa adanya tombol pengaturan yang terhubung secara langsung dengan sistem hiburan maupun pusat informasi kendaraan.
Guna memberikan kemudahan dalam akomodasi barang bawaan, tepat di depan tuas transmisi terdapat dua buah cup holder. Bukan cuma itu, di setiap pintu juga sudah dilengkapi kompartemen serupa untuk memudahkan penggunanya ketika hendak menaruh tempat minum maupun benda kecil lainnya.
Oh iya, untuk pengaturan spion tipe ini sudah dilengkapi fitur berupa electric mirror meski belum retractable. Selain itu keempat jendelanya juga mendapatkan power window. Sebagai informasi pula, semua joknya tidak dilengkapi headrest dengan pengaturan fleksibel. Dengan begitu penumpang maupun pengemudi tidak bisa menyetel sandaran kepala menyesuaikan kebutuhan.
Semua tipe Daihatsu Ayla X dibekali mesin dengan kode 1KR-VE yang mempunyai kapasitas 998 cc 3-silinder segaris dengan teknologi DOHC VVT-i. Di atas kertas, jantung pacu ini sanggup meletupkan tenaga 62 PS di 6.000 rpm dengan torsi maksimum 89 Nm pada 4.400 rpm.
Untuk varian maticnya menggunakan teknologi D-CVT. Transmisi D-CVT yang diaplikasikan sanggup menghasilkan akselerasi berkendara secara lebih halus, dan memperoleh bahan bakar lebih efisien.
Beberapa pihak menyebutkan jika konsumsi BBM Daihatsu Ayla 1.0 matic untuk penggunaan di dalam kota berkisar antara 11-12 km/liter. Sementara untuk penggunaan luar kota dengan rute tol, konsumsi bahan bakarnya mencapai 19-20 km/liter.
Masih dari brand Daihatsu, jika kalian ingin mobil baru matic termurah namun yang bisa muat banyak penumpang sekaligus barang, bisa jatuhkan pilihan pada Daihatsu Sigra 1.2 X. Untuk yang varian transmisi otomatis, harga barunya 2024 Rp 170,6 juta on the road (OTR) Jakarta.
Soal tampilan Sigra tipe X sebenarnya hampir mirip dengan tipe di atasnya yaitu R. Ini terlihat dari desain grill yang disematkan garis horizontal dibagi menjadi beberapa bilah, serta memiliki bentuk lebih runcing di kedua sisi ujung bumper.
Untuk sistem pencahayaan utama juga sudah menggunakan Smoked LED Headlamp namun tidak dibekali foglamp pada bumper. Mobil ini juga masih mangandalkan velg kaleng 14 inci yang ditutupi dop, serta spion dengan pengaturan manual yang hanya bisa dilakukan dari luar.
Pada Sigra X sistem hiburan yang digunakan sudah berupa head unit 2DIN yang mendukung format MP3, USB dan AUX. Selain itu juga terdapat power outlet 12 volt di jok baris kedua yang bisa digunakan penumpang tengah untuk menambahkan daya pada gawai.
Adapun jok pengemudi dan penumpang depan masih menggunakan headrest model menyatu. Tetapi sudah ada arm rest di baris pertama. Sistem kontrol AC masih pakai model kenop putar seperti model sebelumnya, lantas tetap pakai air circulator untuk meneruskan hembusan udara sejuk dari depan untuk penumpang belakang.
Soal kelengkapan fitur keselamatan dan keamanan berkendara, Sigra X AT sudah dilengkapi dual SRS airbag, Front Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, TAF (Total Advance Function) Body di struktur rangkanya sebagai proteksi pada rangka mobil dari tabrakan di bagian depan, belakang, Side Impact Beam, rear sensor parkir, serta ABS dan EBD untuk sistem pengeremannya.
Selain itu untuk joknya telah dibekali ISOFIX yang bisa digunakan untuk mengaitkan car seat. Guna menghindari pencurian, dari segi keamanan berkendara juga diaplikasikan immoblizer serta main & spare key integrater with remote.
Mesinnya pakai 3NR-VE 1.197 cc Dual VVT-i, 4-silinder, 16 katup, dan bisa memproduksi tenaga sampai 88 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm pada putaran 4.200 rpm. Tidak seperti Ayla terbaru yang sudah menggunakan CVT, transmisi maticn Sigra X masih pakai 4AT.
Mobil baru matic yang terakhir ada Suzuki S-Pressotipe AGS (Automatic Gear Shift). Secara impresi matic AGS ibarat mobil manual tapi tanpa kopling dan perpindahan giginya secara mandiri. Jadi ketika giginya berpindah, akan terasa pergerakan ala perpindahan gigi mobil manual.
Oh iya mengenai mobil matic Suzuki ini harga terbarunya 2024 yaitu Rp179,9 juta. Perlu kalian ketahui pula, selain tipe AGS, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga menyediakan opsi varian tranmsmisi manual. Dan harga tersebut kemungkinan besar masih ada diskon yang menarik yang umumnya ditawarkan para tenaga penjual dealer resmi Suzuki.
Secara tampilan, S-Presso merupakan city car bergaya SUV. Bentuknya compact tapi proporsi tubuhnya agak jangkung. Di bagian depan sudha menggunakan headlamp multi-reflektor dengan bohlamp halogen. Namun pada bumpernya tidak mendapatkan foglamp atau DRL LED meski terdapat lekukan yang mengisyaratkan itu.
Dari samping terdapat aksesoris berupa wheel arch cladding, side moulding dengan kombinasi warna silver serta penggunaan velg 14 inci. Untuk spionnya sudah menggunakan fitur pengaturan elektrik meski belum ada pelipatan secara otomatis.
Pada ruang kabinnya kalian akan menemukan head unit berukuran 7 inci layar sentuh yang mendukung konektivitas seperti smartphone linkage. Dengan begitu pengguna akan lebih mudah berkomunikasi tanpa harus menyentuh perangkat telpon dengan menghubungkan smartphone ke sistem hiburan.
mobil ini disematkan power window di depan, meter cluster digital di tengah, Electric Power Steering (EPS) dan rear defogger. Varian AGS dari S-presso juga sudah dilengkapi dengan Electronic Stability Program (ESP) dan Hill Hold Control (HHC).
Seperti diketahui ESP bertugas untuk menjaga kestabilan dan mencegah tergelincirnya mobil ketika melewati jalan yang licin. HHC sendiri berperan untuk menahan posisi kendaraan secara sesaat ketika mobil berhenti di jalan menajak supaya mobil tidak mundur.
Fitur keselamatan standar lainnya, ada Anti-lock Braking System (ABS), HEARTECT platform, rear parking sensor, dual SRS airbag di depan, childproof rear door locks, 3 points assist grip, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), serta kuncinya mendapatkan immobilizer dan alarm system.
Suzuki S-Presso gunakan mesin berkode K10C yang ramah lingkungan. Mesin berkapasitas 998 cc ini di atas kertas sanggup meletupkan tenaga 66 PS di 5.500 rpm dengan torsi 89 Nm pada putaran 3.500 rpm.
Bagaimana, dari ketiga mobil baru matic termurah di Indonesia ini mana yang paling pantas dimiliki?
FAQ
Apakah mobil matic lebih boros dari mobil manual?
Konsumsi BBM mobil matic memang cenderung sedikit lebih boros daripada mobil bertransmisi manual. Namun sebenarnya boros atau tidaknya konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan tergantung dari banyak variabel. Seperti kondisi lalu lintas, gaya berkendara, jenis BBM yang digunakan, sampai kondisi cuaca saat itu.
Apa saja mobil matic di Indonesia?
Hampir semua jenis mobil penumpang (passanger car) saat ini sudah tersedia varian transmisi manual dan juga matic. Mulai dari city car, hatchback, sedan, MPV, sampai SUV.
Apa kelemahan mobil matic?
Meskipun lebih praktis dalam penggunaannya, namun ada beberapa kelemahan mobil transmisi matic dibanding manual. Antara lain umumnya sedikit lebih boros BBM, biaya perawatan mobil matic bisa lebih mahal, serta akselerasi kurang responsif terutama di jalan tanjakan.