Suzuki XL7 diperkenalkan di Tanah Air oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W pada Februari 2020. Mobil ini merupakan pengembangan dari Ertiga yang disulap menjadi Low SUV 7-seater.
Demi mendapatkan karatker SUV yang stylish dan modern, SIS melakukan penyesuaian terhadap XL7 baik pada tampilan maupun fiturnya. Perlu kalian ketahui, varian Suzuki XL7 yang ada saat ini hanya dibagi menjadi tiga tipe, diantaranya; Zeta Beta dan Alpha. Masing-masing varian yang dijajakan memiliki pilihan transmisi MT serta AT.
Mengetahui harga terbaru Suzuki XL7 dengan diskon PPnBM nol persen yang diperpanjang oleh pemerintah hingga Agustus 2021, pihaknya meniagakan mobil ini mulai dari Rp224.050.000 hingga Rp259.200.000. Apabila sudah tidak lagi mendapatkan relaksasi PPnBM, mobil ini akan kembali dibandrol Rp236.500.000 sampai dengan Rp273.500.000.
Varian dan Harga Suzuki XL7 | ||
---|---|---|
Varian | Harga Normal Suzuki XL7 | Harga Suzuki XL7 dengan PPnBM 100% |
Zeta MT | Rp236.500.000 | Rp224.050.000 |
Zeta AT | Rp247.000.000 | Rp233.700.000 |
Beta MT | Rp253.000.000 | Rp239.400.000 |
Beta AT | Rp263.500.000 | Rp249.200.000 |
Alpha MT | Rp263.000.000 | Rp249.400.000 |
Alpha AT | Rp273.500.000 | Rp259.200.000 |
Mempunyai tiga tipe yang ditawarkan, varian Suzuki XL7 mana yang paling pantas untuk dipilih?
Baca juga: FAQ: Fakta Menarik Suzuki XL7 2021, Mobil Penumpang Terlaris Suzuki
Melihat perbandingan spesifikasi dari ketiganya, menurut kami varian dari Suzuki XL7 yang paling cocok untuk dipilih saat ini adalah Alpha.
Dimana trim teratas XL7 ini berhasil disematkan AC digital Auto Climate with Heater, Smart E-Mirror, Engine Start/Stop Button, Smart Keyless Push Start-Stop Button, AC digital +auto climate with heater, Ventilated AC with Cup Holder, Stunning Audio 8 inci, 2 tweeter, Stunning MID Display, Steering Wheel with Bluetooth Phone Connection, 3 buah power outlet dan 2 buah sandaran tangan di baris pertama dan kedua untuk memberikan kenyamanan terhadap penggunanya ketika berkendara. Pada tampilannya, varian ini juga dilangkapi Bold LED rear lamp with light guides, rear upper spoiler, rear window demister serta door visor.
Ketika menyinggung soal fitur keselamatan, Suzuki XL7 Alpha berhasil didukung struktur rangka dengan Platform Heartect, Hill Hold Control (HHC), dual airbag, EBD, ABS, Electronic Stability Programe (ESP), sensor mundur serta Tect Body yang dapat meredam dan menyebarkan energi benturan akibat tabrakan.
Untuk memberikan kenyamanan berkendara kepada setiap penggunannya, Suzuki XL7 ini berhasil dibenamkan suspensi bertipekan MacPherson strut with coil spring di bagian depan, serta Torsion beam with coil spring di roda belakangnya.
Tidak hanya bisa diisi hingga tujuh orang didalamnya, Suzuki XL7 juga mampu dimuati barang dengan kapasitas cukup banyak. Mengetahui soal kapasitas muat barang, mobil ini memiliki daya tampung sebanyak 153 liter di ruang bagasinya.
Untuk mendapatkan kapasitas yang lebih banyak, kalian bisa merebahkan kursi baris belakang. Dengan begitu, kapasitasnya bertambah menjadi 550 liter.
Jika kondisi tertentu mewajibkan kalian untuk membawa barang dengan jumlah lebih banyak, kursi baris kedua juga bisa dilipat dengan metode 70:30 yang mana total kapaitas ruang menjadi 803 liter. Hebat bukan?
Kabin yang lega dan nyaman ini bisa membuat XL7 dimanfaatkan sebagai taksi online atau mungkin sewa antar kota. Lumayan lho buat tambah pemasukan.
Baca juga: Ketahui 3 Kelemahan di Suzuki XL7 2021 Sebelum Membeli, Low SUV Berbasis Ertiga
Melihat spesifikasi data yang dimiliki, Suzuki XL7 ditanami jantung pacu berkodekan K15B Multipoint Injection dengan kubikasi 1.462 cc. Secara data di atas kertas, mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga 104,7 PS @6.000 rpm serta torsi 138 Nm @4.400 rpm.
Sebagai informasi, mesin yang digunakannya tersebut ditanamkan model transverse (melintang). Dengan begitu, putaran tenaga dari mesin selanjutnya ditranslasi ke penggerak roda depannya untuk membuat mobil dapat bergerak.
Sebagai varian paling lengkap, Suzuki XL7 Aplha ditawarkan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan serta otomatis konvensional 4-percepatan. Bagi kami, transmisi matic pada Suzuki XL7 Aplha ini sangat ‘Worth it’ baik digunakan sehari-hari maupun berpetualang.
Selain tangguh dan responsif, perindahan gigi yang dilakukan secara otomatis terbilang cukup smooth. Dengan begitu berkendara pun semakin nyaman.
Berikut perbandingan rasio gigi antara transmisi manual dan otomatis pada Suzuki XL7 Alpha.
Perbandingan Gear Ratio Suzuki XL7 | ||
---|---|---|
Tingkat percepatan | Manual 5-percepatan | Otomatis 4-percepatan |
1st | 3.909 | 2.875 |
2nd | 2.043 | 1.568 |
3rd | 1.407 | 1.000 |
4th | 1.065 | 0.697 |
5th | 0.769 | - |
Reverse | 3.250 | 2.300 |
Final gear ratio | 4.353 | 4.375 |
Sebagai tipe teratas dan yang paling mahal, Suzuki XL7 Alpha AT sangat pantas untuk dipilih. Alasan tepat mengapa varian ini paling tepat dipilih, karena berhasil mendapatkan fitur unggulan yang lengkap dan sangat dibutuhkan untuk gaya berkendara saat ini.
Apabila varian Alpha ini dirasa cukup mahal, opsi lainnya kalian bisa menjatuhkan hati pada Beta AT yang dibandrol dengan harga lebih terjangkau. Namun begitu, kalian harus dapat menerima bahwa fitur yang ditawarkan varian Beta ini tak selengkap dan secanggih Alpha.
Baca juga: Suzuki XL7 2022 Akan Disuntik Mesin Diesel 1.500 Cc Terbaru, Masuk Indonesia Juga?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR 1.0
16.422 km
2 tahun
Jakarta
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
14.366 km
1,5 tahun
Jakarta