Mobil dengan penggerak roda depan sudah cukup lama hadir di Indonesia. Bahkan Honda pun hampir selalu merilis mobil dengan front wheel drive dan beberapa all wheel drive. Rupanya, eksistensi mobil FWD sudah ada sejak lama, bahkan ketika era Honda Civic Koper.
Puncak kesuksesan Honda dengan FWD yaitu ketika meluncurkan Civic Type R. Ini menjadi mobil yang praktis, andal, nyaman yang dapat dengan mudah digunakan setiap hari dan juga bisa dibeli dengan harga yang sangat wajar.
Honda pernah merilis mobil dengan rear wheel drive, namun unitnya sangat jarang. Bahkan produk mobil Honda yang hadir di Indonesia hampir seluruhnya pakai FWD. Ciri khas ini bahkan sampai mendorong Honda membuat iklan khusus berbahasa Inggris di media cetak Amerika.
Setidaknya, produk awal Honda yaitu Honda Vamos dan beberapa mobil sport bikinan Honda ada yang memakai RWD. Bahkan supercar Honda yaitu NSX pun dibangun memakai penggerak roda belakang.
Tapi kenapa mobil penumpang Honda biasanya memakai FWD atau AWD? Berdasarkan screenshot iklan yang kami dapat, mari coba ulas alasan mengapa Honda fokus mengembangkan FWD di sebagian besar produk mereka.
Honda merancang mobil dengan penggerak roda depan karena memiliki beberapa keuntungan sesuai falsafahnya yaitu mungil di luar, lega di dalam. Honda berupaya supaya kabinnya lebih dari cukup untuk pengemudi dan penumpang.
Bila memakai penggerak roda belakang, maka ruang kabin akan berkurang karena adanya gardan yang melintang di kolong kabin. Karena memakai FWD, maka ruang kaki bisa cukup lega tanpa gundukan besar untuk gardan.
Selain itu, tingkat kesenyapan yang dimiliki oleh Mobil Honda dengan system Front Wheel Drive (FWD) terbilang lebih baik dibanding mobil sistem Rear Wheel Drive (RWD). Penumpang di kabin merasa nyaman karena cukup senyap.
Karena dahulu mobil Honda ukurannya cukup mungil, maka cara untuk mengurangi kebisingan kabin tanpa memberikan banyak peredam ialah dengan memakai FWD. Sebagaimana kita ketahui, gerak putar gardan ini menimbulkan kebisingan dan getaran yang cukup bisa dirasakan penumpang di kabin.
Penerapan FWD di mobil Honda tidak semata hanya untuk utilitas maupun kenyamanan. Pabrikan yang didirikan oleh Soichiro Honda ini melihat benefit lain dari penggerak depan berupa bobot kendaraan yang ringan.
Sebab, tenaga dari mesin setelah melewati transmisi langsung didistribusikan ke roda depan. Artinya, cukup sedikit komponen yang mendistribusikan tenaga, tidak seperti RWD yang butuh as kopel dan gigi diferensial di gardan belakang.
Menurut Honda, bobot kendaraan yang cukup ringan membuat traksi yang dihasilkan FWD pun lebih baik. Beban yang lebih besar di depan juga membantu mobil untuk mendapat cengkraman ban yang baik di depan. Inilah yang membuat FWD lebih unggul dalam traksi terutama pada kondisi jalan yang licin.
Walau selama ini Honda sering memproduksi mobil FWD, bukan berarti mereka tidak pernah merancang mobil RWD. Bahkan, mobil sport ikonik mereka yaitu Honda NSX generasi pertama dan kedua memakai penggerak roda belakang.
Itu saja? Tidak kok, kami akan mengulas mobil Honda yang memakai RWD. Hanya sedikit modelnya, tapi jadi icon kehebatan tim engineering Honda.
Model pertama yaitu Honda Vamos di awal 1970-an. Mobil ini berwujud pick up dan masuk kategori Kei Car untuk konsumen domestik Jepang. Kiprah Vamos kembali hadir di akhir dekade 1990-an sebagai Vamos Hobio.
Model selanjutnya yang cukup ikonik yaitu Honda S2000. Kamu yang menjadi penggemar sekuel film Fast and Furious pasti tidak asing dengan mobil sport dua pintu ini.
Honda S2000 adalah salah satu dari roadster dua kursi yang paling dicintai sepanjang masa. Mobil ini terkenal dengan handling yang sangat baik dan kinerja mesin putaran tinggi.
Keluarga S Series yang ada di Jepang pun setia dengan RWD, seperti S500, S600 dan S800. Honda Beat (bukan skuter) juga termasuk Kei Car yang dibekali RWD.
Honda NSX generasi pertama adalah jawaban Honda untuk melawan Ferrari dan Lamborghini dan salah satu mobil terbaik tahun 1990-an. Kiprah NSX berlanjut ke generasi kedua yang hadir hingga saat ini.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4
17.724 km
5,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
12.488 km
3,5 tahun
Jakarta