Pada umumnya bus yang dijual di Indonesia menggunakan mesin depan FR (Front Engine-Rear Wheel Drive) dan mesin belakang RR (Rear Engine-Rear Wheel Drive). Namun tahukah kalian, pada 2005 pabarikan otomotif asal Swedia, Volvo group pernah mendatangkan sasis bus bermesin tengah di Indonesia yang dinamai dengan Volvo B12M.
Seperti yang diketahui, Volvo B12M merupakan satu-satunya bus bermesin tengah (middle engine) di Indonesia yang dimiliki oleh PO Nusantara asal Kudus, Jawa Tengah. Tak seperti bus pada umumnya, mesin yang diletakan di tengah memiliki beberapa keunggulan, yakni lebih stabil disaat bermanuver karena posisi mesin yang di tengah membuat mobil lebih seimbang. Selain itu, traksi ban juga memiliki kekuatan yang merata, efek dari titik berat yang tersebar merata.
Namun untuk kekurangannya, ruang kabin menjadi lebih terbatas karena sudah habis untuk mengakomodasi mesin yang umumnya berukuran tidak kecil. Disisi lain, akses untuk perawatannya juga lebih sulit.
Dalam proses pembangunan manjadi bus secara utuh, saat itu bus Volvo B12M yang dimiliki PO Nusantara memerlukan waktu hingga tiga tahun lamanya di rumah industri karoseri Adiputro, Malang, Jawa Timur. Hal ini terjadi lantaran pihak Volvo pusat harus melakukan supervisi yang ketat karena B12M ini merupakan sasis pertama bahkan satu-satunya di Indonesia sehingga diharuskan banyak melakukan konsultasi dengan pabrikan.
Hadir dengan model Setra Smile selendang, Volvo B12M kepunyaan PO Nusantara ini dikhususkan sebagai bus pariwisata premium dengan desain interior yang mewah dimana joknya menggunakan sofa yang dilapisi kulit. Selain itu, didalamnya juga terdapat kursi pijat elektrik serta tambahan televisi LCD 32”.
Agar semakin berkelas, di dalam bus ini juga terdapat dua tempat tidur, dapur kering lengkap dengan kulkas, microwave, pemanas air, dan pemanggang roti. Agar penumpang semakin nyaman perjalanan, bus ini dilengkapi dengan sistem infotaiment yang bisa untuk karaoke serta adanya jaringan internet.
Baca juga: Bismania Wajib Tahu, Alasan Bus Mercedes Benz OH 1626 Cocok Digunakan AKAP dan Pariwisata
Menurut data spesifikasi, Volvo B12M ini dibenamkan mesin diesel DH12 berkubikasi 12L 6 silinder segaris turbocharger dan intercooler yang mana mampu memeras tenaga hingga 422 PS @1.800 rpm serta torsi maksimum 2.000 Nm @1.200 rpm. Untuk tingkat percepatannya, bus ini menggunakan transmisi manual 8-percepatan (7 maju dan 1 mundur).
Bicara soal fitur keselamatan, bus Volvo B12M ini berhasil disematkan fitur safety berupa Anti-lock Braking System (ABS) dan retarder sebagai pembantu fungsi pengereman bus.
Spesifikasi Volvo B12M | ||
---|---|---|
Jarak Sumbu Roda | 6.200 mm | |
Panjang Keseluruhan | 10.007 mm | |
Tinggi Keseluruhan Rangka | 866 mm | |
Lebar Keseluruhan | 2.471 mm | |
GVW | 19.000 Kg | |
Tipe Mesin | Mid-mounted, 6 silinder diesel turbo intercooler, injeksi langsung elektronik | |
Kapasitas | 12.100 cc | |
Tenaga | 422 PS @1.800 rpm | |
Torsi | 2.000 Nm @1.200 rpm | |
Transmisi | Manual 8-percepatan (7 maju dan 1 mundur) | |
Suspensi | Electronically Controlled Suspension with air bellow suspension and shock absorbers | |
Alternator | 3 x 110 A | |
Batere | Flash 24 V – 2 x N 150 A | |
Sistem Kemudi | Power steering ball & nut dengan servo unit. Tuas dilengkapi high & tilt steering | |
Sistem Pengereman | Volvo drum brakes air system with ABS | |
Rem Parkir | Aktuasi pegas tabung rem pada tromol roda belakang | |
Kapasitas Tangki | 450 liter (3 x 150 liter) | |
Ban | Michelin XZE 295/80/R 22,5 | |
Emisi | Euro3, EEV | |
Exhaust | Stainless steel exhaust system with SCR catalytic converter |
Baca juga: Adu Spesifikasi Mitsubishi Canter FE 74 HD VS Isuzu ELF NMR 71, Mana yang Paling Perkasa?
Dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air khususnya di segmen bus besar, Volvo sendiri pernah memperkenalkan beberapa varian selain B12M, yakni: B7R, B8R dan B11R.
Untuk B7R sendiri populasinya sangat sedikit karena kurang begitu diterima oleh para pelaku usaha otobus. Hal ini terjadi lantaran untuk ketersediaan sparepart bus B7R ini terbilang langka dan sulit didapat.
“Saat itu kami punya Volvo B7R yang memang populasinya tidak banyak. Namun saat ini kita punya Volvo B8R untuk 2 axle atau 2 sumbu roda dan B11R 3 axle atau 3 sumbu roda,” Ujar Eka Lovyan, Chief Operational Officer PT. Indotruck Utama.
Eka Lovyan menambahkan, bus Volvo B8R dan B11R saat ini banyak digunakan oleh Transjakarta dan beberapa PO bus di Indonesia untuk mendukung kemajuan transportasi di Indonesia.
“Soal ketersediaan sparepart B8R dan B11R jangan khawatir, kami memastikan untuk ketersediannya. Mengingat kita dekat dengan Singapore, sehingga bisa dengan mudah mengambil suku cadang dari sana. Terlebih kami siap dengan cepat melakukan perbaikan apabila terjadi kerusakan terhadap beberapa produk kami,” ungkapnya.
Bicara Volvo B8R atau 8400, bus ini menggunakan mesin D7A 8.000 cc dilengkapi dengan transmisi otomatis 6-speed integrated retarder dan optimised rear axle ratio. Dengan begitu tenaga yang dihasilkan sebesar 332 PS dengan torsi 1200 Nm.
Pada sistem keselamatannya, Volvo B8R sudah dilengkapi EBS, ABS, Brake Blending, Hill Start Aid, Brake Assist, ESP, integrated hydraulic retarder. Soal kenyamanan, bus ini memakai suspensi udara yang dikontrol secara elektronik dengan Electronically Controlled Suspension (ECS).
Bagaimana dengan Volvo B11R? Secara data bus ini telah tersematkan mesin diesel D11K 10.837 cc 6-silinder turbocharged dan aftercooler yang dapat melecutkan tenaga sebesar 372 PS dengan torsi maksimal 1.770 Nm.
Mengenai tingkat percepatan yang digunakan, varian ini didukung transmisi otomatis ZF, 6AP2000B, 6 percepatan otomatis yang tengah dilengkapi teknologi Automatic Idle Shift (AIS) dengan Torque Converter. Tidak hanya itu, transmisinya ini terintegrasi dengan retarder dan Electronic Control System (ECS) untuk memudah dalam melakukan pengereman.
Oh iya, untuk sistem pengereman sendiri B11R sudah menggunakan disc brake yang dikontrol secara elektronik dengan sistem EBS. Selain itu juga terpasang Electronic Stability program (ESP), sehingga disc brake dapat mengunci secara bersamaan. Hal Ini tentunya dapat mencegah bus melintir pada saat pengereman mendadak saat berada pada kecepatan tinggi.
Sama seperti B8R, Volvo B11R menggunakan suspensi udara yang dikontrol secara elektronik dengan Electronically Controlled Suspension (ECS).
Baca juga: Dibandrol Rp1 Miliaran, Mercedes-Benz New Sprinter Siap Jadi Mobil Travel Premium
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.465 km
2,5 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten
2021 Daihatsu ROCKY X 1.2
13.726 km
1,5 tahun
Banten