Setelah sukses diluncurkan pada 15 Juni 2023, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengajak rekan media untuk mencoba secara langsung berkendara menggunakan Suzuki XL7 (Spesifikasi | Berita) Hybrid dalam kegiatan energetic adventure – media test drive di Yogyakarta 3-5 Juli 2023.
Pada dasarnya Low SUV ramah lingkungan ini sama seperti model sebelumnya yang meluncur pada tahun 2020. Hanya saja XL7 kini telah disematkan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).
Seperti yang juga terdapat pada Ertiga dan Grand Vitara, cara kerja SHVS mengurangi emisi gas buang yang sekaligus menekan penggunaan bahan bakar dengan memanfaatkan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion battery berdaya 12v.
Bukan hanya itu, teknologi SHVS juga memanfaatkan peran Engine Auto Start-Stop yang dapat menghentikan pergerakan mesin secara sesaat ketika mobil dalam kondisi diam maupun macet.
Pada kegiatan media drive XL7 Hybrid kali ini diikuti lebih dari 20 awak media dengan total 8 mobil, yang mana setiap mobilnya berisi 3 orang. Setibanya di kota Pelajar, rombongan diajak menuju diler Suzuki Laksda Sumber Aneka Mobil Yogyakarta yang mana sekaligus menjadi titik awal perjalanan.
Di hari pertama rombongan diajak untuk menulusuri sejumlah ruas dalam kota menuju Rajaklana Resto, Seleman. Selanjutnya Jogja Archery School, kemudian Watu Tapak Camp Hill, Omah Eyang Resto dan terakhir The Alana Malioboro Yogyakarta Hotel.
Seperti yang diketahui kondisi medan di Yogyakarta sangatlah beragam. Mulai dari kemacetan di sejumlah ruas, jalan yang rata hingga berkontur, kemudian menanjak dan menurun. Kondisi seperti ini sangat cocok untuk mengetahui bagaimana impresi berkendara menggunakan New XL7 Hybrid.
Baca juga: First Impression Suzuki XL7 Hybrid, Lebih Baik dari Xpander Cross?
Salah satu fitur yang menurut kami sangat berperan penting pada mobil ini yaitu Engine Auto Start-Stop. Dalam kondisi diam di lampu merah saat fitur ini diaktifkan, yang kami rasakan secara otomatis mesin berhenti berkerja.
Meski begitu semua sistem kelistrikan tetap berjalan secara normal mulai dari AC, audio dan lampu dalam beberapa menit. Ketika kami melepas pedal rem, secara otomatis mesin kembali menyala sacara halus guna melanjutkan perjalanan.
Sebagai fitur terbaru, Suzuki XL7 Hybrid dibekali dengan Smart E-Mirror yang pengaturannya bisa dilakukan hanya cukup menyentuhkan jari pada layar. Selain itu juga terdapat cruise control yang dapat menjalankan mobil tanpa harus menginjak pedal gas.
Untuk Smart E-Mirror dengan touchscreen menurut kami visiblitas yang ditawarkan sangat baik ketika menampilkan kondisi depan dan belakang, baik siang mapun malam.
Mengenai fitur cruise control, fitur ini baru bisa diaktifkan ketika mobil dipacu di atas 45 km/jam. Untuk menambahkan atau menurunkan percepatan terasa ergonomis, hanya dengan menekan tombol di sebelah kanan dengan cara menekan atas maupun bawah.
Baca juga: Cicilan Kredit Suzuki XL7 Hybrid untuk Wilayah Yogyakarta dan Sekitarnya, Mulai Rp5,7 Jutaan!
Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, Suzuki XL7 Hybrid dibekali dengan SHVS. Teknologi ini ditunjang oleh dua komponen utama yaitu ISG serta Lithium-ion battery 12v dengan kuat arus 10Ah.
Sekedar informasi, baterai yang digunakan pada XL7 Hybrid memiliki kuat arus lebih besar 4ah dibandingkan Ertiga Hybrid. Selain dapat menghemat pemakaian bahan bakar, kehadiran SHVS dapat mengurangi emisi gas buang.
Oh iya, SHVS sekaligus berfungsi untuk memberikan Acceleration Assist kepada mesin, serta melakukan Regenerative Braking. Bicara Regenerative Braking, teknologi ini bertugas menyuplai kebutuhan listrik ke baterai yang akan dipakai untuk menghidupkan beragam komponen elektrikal pada mobil.
Ketika fitur ini aktif, secara otomatis mobil akan memperlambat laju mobil. Untuk regenartifnya sendiri yang kami rasakan terasa cukup smooth.
Mengenai Acceleration Assist, yang kami rasakan fitur ini berkerja ketika putaran mesin berada di atas 2.500 rpm. Saat Acceleration Assist aktif, puataran mesin terasa lebih enteng karena ISG membantu memperingan kerja putaran mesin supaya mobil dapat bergerak secara lebih cepat.
Untuk Acceleration Assist seringkali aktif secara otomatis saat XL7 Hybrid kami gunakan untuk menanjak di wilayah Seleman, Yogyakarta. Dalam kondisi jalan menanjak dan menurun dengan tingkatan cukup curam, fitur ini membantu memperingan putaran mesin sehingga mesin tidak kedodoran.
Namun yang kami rasakan Acceleration Assist akan berkerja ketika indikator kapasitas pada baterai pada layar MID di atas dua bar.
Sama seperti model sebelumnya, Suzuki XL7 Hybrid menggunakan suspensi berjensikan MacPherson Strut With Coil Spring di bagian depan dan Torsion Beam With Coil Spring pada roda belakangnya.
Dari segi bantingan yang kami rasakan terbilang moderat namun cenderung lebih ke arah nyaman ketika melewati jalan berkontur tak mulus di daerah Sleman.
Yang mana secara otomatis mematikan mesin guna menghemat bahan bakar dan kembali hidup ketika mengangkat pijakan kaki dari pedal rem. Selain itu, SHVS juga memperingan kerja putaran mesin melalui fitur Acceleration Assist, serta memberikan pasokan listrik kepada baterai melalui Regenerative Braking.
Lainnya, fitur Smart E-Mirror dengan touchscreen menurut kami terasa mudah ketika melakukan pengaturan serta memberikan pandangan mengemudi yang lebih jelas khusunya saat berkendara di malam hari.
Baca juga: Belum Genap Satu Bulan Meluncur, Suzuki XL7 Hybrid Sukses Pikat Warga Yogyakarta
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE GR 1.0
16.422 km
2 tahun
Jakarta
2022 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
9.027 km
1,5 tahun
Banten
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
4.575 km
0,5 tahun
Jakarta
2020 Toyota RUSH S TRD SPORTIVO 1.5
17.174 km
3 tahun
Java East
2021 Toyota RUSH S TRD 1.5
16.256 km
2,5 tahun
Banten