Baru-baru ini Maruti Suzuki India meluncurkan lini terbarunya di segmen Low SUV 7-seater, yakni XL6 atau yang lebih dikenal dengan Suzuki XL7 di Indonesia. Sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya, pesaing Rush-Terios ini mendapatkan upgrade dari segi teknologi serta tampilan yang lebih segar.
Dibandrol mulai dari 11.29 lakh atau sekitar Rp212 jutaan hingga 14.39 lakh yang menjadi Rp270 jutaan, yuk intip lebih dekat Suzuki XL7 2022 yang kabarnya juga akan diperkenalkan PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) pada tahun ini.
Secara bentuk Suzuki XL7 anyar yang lebih dulu melantai di Negeri Bollywood terlihat sama dengan generasi sebelumnya. Namun apabila dilihat lebih dekat, tampilan grillnya kini lebih tebal berkat mengimplementasikan elemen X-Bar dengan bergelimang aksen krom yang mengelilinginya.
Lain dari itu, sistem pencahayannya juga telah mengadopsi teknologi Quad Chamber LED yang terhubung dengan LED Daytime Running Lights (DRL), dengan menampilkan kesan mewah serta menghasilkan visibilitas yang baik. Menilik bagian samping mobil, XL7 2022 terlihat tidak mendapat ubahan yang berarti terkecuali adanya tambahan sebuah lensa kecil di bawah spion yang menandakan kamera 360 derajat dan door courtesy lamp.
Untuk bagian buritannya, pada stoplampnya XL7 2022 telah diselimuti aksen smoke grey dengan teknologi LED didalamnya yang terlihat garang. Selain itu, list krom yang tadinya diletakan tepat di atas plat nomor, kini dipindah di atas logo ‘S’ dengan dimensi yang lebih panjang.
Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Fitur Suzuki Ertiga vs XL7 2022
Menengok bagian dalamnya, berdasarkan gambar serta data yang diperoleh, mobil ini secara bentuk masih terlihat sama seperti model pre-facelift. Hanya saja mendapatkan penambahan panel dan speedometer baru serta aksen list silver.
Menyoal fitur yang ada di dalam, kini Suzuki XL7 2022 berhasil dibubuhi dengan ventilasi udara di jok baris pertama, auto AC digital, telescopic steering, serta footlamp illumination di baris pertama.
Guna memberikan kemudahan penggunanya disaat mengendari mobil baik di jalan besar maupun kecil, kini XL7 telah dilengkapi head unit layar sentuh 7 inci yang mendukung konektivitas Android Auto dan Apple Cay Play, bisa menampilkan gambar secara visual dari kamera 360 derajat serta fitur SmartPlay Pro. Selain itu ada juga tambahan fitur berupa Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk mengathui berapa tekanan angin, juga paddle shift di balik lingkar kemudi yang bisa digunakan untuk menambah dan mengurangi gigi.
Oh iya, Suzuki XL7 2022 juga telah tersematkan fitur baru yang dinamai Suzuki Connect. Secara fungsional, fitur ini memungkinkan penggunanya terhubung dengan mobil menggunakan aplikasi yang terinstal pada smartphone untuk mengetahui posisi mobil, informasi atau status kendaraan, mengunci dan membuka mobil, bahkan dapat menyalakan AC bahkan sebelum masuk ke dalam mobil.
Untuk diketahui, mobil ini juga dapat diakses melalui Smartwatch & konektivitas suara yang kompatibel melalui Suzuki Connect Skill for Amazon Alexa.
Baca juga: Komparasi Suzuki XL7 2022 vs Toyota Rush, Sanggupkah Lawan Sang Juara Bertahan?
Bicara soal fitur keselamatan, Suzuki XL7 2022 berhasil didukung struktur rangka dengan Platform Heartect, Hill Hold Control (HHC), dual SRS airbag, ABS, EBD, Electronic Stability Programe (ESP), Seat Belt Reminder, Cruis Control, ISOFIX, sensor mundur serta Tect Body yang dapat meredam dan menyebarkan energi benturan akibat tabrakan.
Bukan cuma itu, sebagai bentuk perlindungan terhadap penggunanya, Suzuki XL7 2022 juga mendapat tambahan dua buah airbag yang diletakan di samping jok pengemudi dan penumpang depan.
Jika sebelumnya pakai mesin bensin konvensional K15B, kini Suzuki XL7 disematkan jantung pacu K15C Smart Hybrid. Mesin 1.462 cc Dual Jet, Dual VVT berteknologikan hybrid ini menurut spesifikasi mampu memuntahkan tenaga hingga 103 PS @6.000 rpm dengan torsi puncak 136,8 PS @4.400 rpm. Untuk gearboxnya menggunakan transmisi otomatis baru 6-percepatan dengan fitur paddle shift dan manual 5-percepatan.
Dibekali teknologi idle start stop, brake energy regeneration serta torque assist during acceleration, untuk konsumsi BBM nya varian matic mampu menempug jarak 20,27 km/liter. Sedangkan XL7 dengan transmisi manual dapat menorehkan angka hingga 20,97 km/liter.
Baca juga: Ketahui Semua Varian Suzuki XL7, Mana yang Paling Pantas Kalian Pilih?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR 1.0
16.422 km
2 tahun
Jakarta
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
14.366 km
1,5 tahun
Jakarta