First Drive Honda Civic RS 2021, Mobil Bapack-Bapack Yang Tetap Sporty

  • Handling mantap dengan kemudi presisi sekaligus cekatan
  • Sederet fitur canggih semakin memudahkan pengemudi
  • Kualitas interior kurang memenuhi ekspektasi

Seperti ulasan first impression sebelumnya, Honda Civic generasi ke-11 datang dengan sederet penyempurnaan. Desain anyar serta eksistensi berbagai fitur canggih nan kekinian jadi sorotan. Semakin lega dan kian pintar pula. 

All New Honda Civic RS (FE) sebetulnya masih mengusung platform serupa model lama (FC). Namun, bukan berarti tanpa perubahan apalagi penyempurnaan. Dari dimensi saja berbeda. Wheelbase kini mencatatkan angka 4.735 mm yang berarti bertambah 3,5 cm dari sebelum. Di samping itu, revisi sektor kaki-kaki dan setir digadang suguhkan karakter berbeda.

Secara fitur dan data di atas kertas pun cukup menjanjikan. Membuat harga Rp 567 juta – yang merupakan tertinggi di kelasnya – tampak tidak menjadi masalah. Namun, bagaimana rasa terkait sensasi berkendara? Apakah menyetarakan harga? Masihkah tawarkan sensasi sporty? Bagaimana dengan kinerja fitur-fitur barunya? 

Berikut ulasan kami setelah mencoba Honda Civic RS selama sehari penuh dalam kegiatan media test drive.

Bantingan Mantap Tanpa Mengompromikan Kenyamanan

Melihat gayanya secara umum, terbentuk ekspektasi kalau Civic akan terasa dewasa. Bukan sporty kekanakan melainkan condong ke sensasi berwibawa sebuah sedan eksekutif. Bagaimana tidak, evolusi rancangan mengisyaratkan gaya sedan yang lebih kalem meski aksesori terpasang seakan membuatnya masih ingin terlihat nakal.

Ada sedikit benarnya kalau disebut sensasi Civic terasa bak sedan babeh-babeh aka mobil bapack-bapack. Setidaknya, tergolong proper untuk dipakai duduk di belakang. Menyoal ruang, berlimpah baik itu ruang kepala maupun kaki. Bahkan ketika di depan diisi penumpang setinggi 175 cm – sementara saya 172 cm – legroom tidak terkompromi.

Masih nyaman walau baris depan diisi orang berpostur tinggi 

Pun dari bantingan suspensi cukup nyaman. Sebagaimana sebuah sedan ‘enak’ yang tidak akan terasa tergesa-gesa meski dibawa berlari kencang. Memang, tidak sampai selembut sebuah Camry. Meski begitu, Civic baru ini punya keseimbangan yang baik antara bantingan lembut dengan redaman mantap. Lumayan menenangkan sekalipun permukaan jalan kurang mulus namun tetap dibikin pede oleh redamannya. 

Lincah dan Nikmat untuk Skenario Perkotaan

Kontras ketika bantingan dirasa elegan, kendali justru condong masuk ke spektrum sporty. Ini dikarenakan rasio setir yang cepat. Effortless untuk mengubah arah sehingga menyuguhkan sensasi cekatan. Selain itu, pergerakan mobil juga terasa seirama dengan input pengemudi. 

Intinya ia sangat aman untuk disebut “fun to drive”. Seru dan presisi ketika dibawa belok dengan kecepatan lumayan tinggi seperti jalur melingkar dari arah Slipi ke Senayan, Jakarta. Nurut meski tak dapat dipungkiri feedback setir seakan bisu sebagaimana mayoritas mobil modern masa kini. Tapi, semua itu sama sekali tidak membuatnya malah hambar.

Baca juga: Bikin Tambah Keren Honda Civic 2022 Pakai Aksesoris Modulo, Gak Perlu Khawatir Garansi Hangus

Mesin Bertenaga Tetap Pakai CVT

Ada pembaruan di sektor pemacu pada Civic gen-11 ini. Unit empat silinder 1.500 cc DOHC VTEC turbo disuntik tenaga ekstra. Di atas kertas ia diklaim sanggup gelontorkan output 178 PS dengan torsi 240 Nm yang berarti naik 5 PS dan 20 Nm dibanding sebelumnya.

Sulit untuk mengetahui sesignifikan apa diferensiasi performanya jika tidak dikomparasi langsung. Tapi yang jelas, mesin ini powerful dan pengantaran tetap linear meski berbekal pemadat udara. Pun walau dikombinasi CVT, gerak akselerasi responsif dan menggigit untuk pemakaian wajar harian. Tidak perlu dikeluhkan sama sekali, justru menyajikan kenikmatan distribusi tenaga seamless.

Baru di model ini adalah pengaturan mode berkendara. Seperti selektor drive mode pada umumnya, sistem mengatur respons mobil terhadap input pengemudi terutama di sensitivitas pedal gas dan sikap transmisi. 

Mudah dirasa sejauh mana bedanya terutama pada pedal akselerator. Sport akan bikin Civic lebih mudah terangsang. Bereaksi agak menghentak tanpa disentuh terlalu jauh. Berangsur lebih santai ketika dipindah ke Normal apalagi Eco.

Tambahan Asisten untuk Meringankan Perjalanan Sekaligus Memberikan Penjagaan Ketat

Cukup banyak fitur tersemat yang akan meringankan beban pengemudi dalam berbagai skenario berkendara. Misal rem parkir elektrik lengkap Auto Brake Hold. Tidak ada lagi ceritanya tarik-tarik rem tangan sewaktu menghadapi situasi stop and go. Atau, Remote Start Engine untuk menyalakan mesin dari jauh. 

Belum lagi mejeng sederet otomatisasi. Termasuk di dalamnya untuk lampu utama, high beam, wiper, AC, serta smart entry dengan sensor sentuh untuk buka kunci. Ditinggal menjauh pun ia akan berinisiatif mengunci pintu. Semakin ke sini berkendara semakin mudah saja bukan?

Namun, paket Honda Sensing-lah yang mendapatkan sorotan utama di panggung. Siap memberikan peringatan hingga intervensi untuk menghindari celaka. Dari beberapa fungsi di dalam itu, ada dua fitur yang tampaknya akan cukup membantu.

Adalah Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keeping Assist System (LKAS). Ini, memberikan sensasi bak dikemudikan oleh sistem. Menjaga laju konstan, menyesuaikan gerak sesuai lalu lintas, bahkan sampai di kecepatan rendah hingga berhenti pun menyanggupi. Sementara itu, setir bisa mempertahankan posisi dalam jalur terdeteksi dalam batasan kelok-kelok ringan jalan tol - aktif sekitar di atas 70 kpj.

Terkait kinerja, eksekusi ACC agak canggung terutama bila ada mobil lain masuk ke jalur. Seperti sedikit parnoan walau untuk sebuah sistem asisten aktif tergolong halus. Sedang LKAS justru jauh lebih nikmat dengan pergerakan linear yang tegas mengikuti arah.

Penjagaannya sendiri cukup ketat. Ia tidak mau pengemudi benar-benar lepas tangan. Beberapa detik setir tidak mendeteksi keberadaan kontrol pengemudi di setir, langsung ia keluarkan peringatan audio visual. Ya, penjagaan lain juga banyak seperti mitigasi risiko tabrak depan, nyeleweng keluar jalur, hingga notifikasi ketika kendaraan depan mulai melaju.

Baca juga: Lima Fitur Paling Bermanfaat dari Honda Civic RS, Gak Cuma Bikin Gampang Tapi Juga Jamin Keselamatan!

Hal Detail yang Agak Mengganggu

Dari test drive ini, setidaknya ada hal mendetail yang agak menggangg yakni menyoal kualitas interior. Oke, Honda bisa bikin Civic terlihat begitu elegan, mewah, dan premium lewat rancangan bersih berikut pemanfaatan panel lembut. Hanya saja, panel plastik terekspos seperti di doortrim kurang solid. Cenderung elastis sehingga justru meninggalkan setitik kesan murahan.

Sama halnya pada dudukan konsol tengah. Seakan kurang kencang meski tidak sampai terdengar bebunyian panel longgar. Pada intinya, hal ini tidak bisa dibanggakan tapi mungkin tidak jadi masalah besar juga. Minimal tidak mengganggu selama mereka tidak diusik dengan kesengajaan.

Kesimpulan

Lumayan impresif setelah mencoba Civic untuk kali pertama. Mulai dari karakter berkendara, permainan ruang, hingga tambahan fitur pintar sajikan pengalaman baru. Sangat proper untuk sebuah sedan, mau itu dikemudikan sopir pribadi atau bawa sendiri. Balans antara elegan dan sporty dirasa pas, belum lagi banyak teknologi memudahkan di dalamnya.

Baca juga: All New Honda Civic 2022 Dapat Rating Terbaik Uji Tabrakan ASEAN NCAP, Terbukti Lindungi Penumpang Dewasa dan Anak-anak

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Civic

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 BMW 3 20I (CKD) 2.0

Rp 551,00 Juta
Rp 11,23 Juta/bln

47.554 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda ACCORD TC EL 1.5

Rp 494,00 Juta
Rp 10,07 Juta/bln

30.464 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2015 Honda CIVIC 1.8

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

40.865 km

7,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota COROLLA ALTIS V 1.8

Rp 408,00 Juta
Rp 8,31 Juta/bln

12.662 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota VIOS G 1.5

Rp 170,00 Juta
Rp 3,46 Juta/bln

88.383 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Nge-Gas Honda Civic Seharga Rp 1,4 Miliar di Sirkuit Mandalika

Harga Rp 567 juta, Ini Keistimewaan Honda Civic 2021 | First Impression

ALL NEW 2021 HONDA CIVIC REDESIGN - ADS

THE 2020 HONDA CIVIC TYPE R

I Review the 2020 Honda Civic 1.8L E Sedan!!

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda Civic
Lihat