Hino Indonesia menyambut penerapan standar emisi Euro 4 dengan meluncurkan seluruh produknya yang menggunakan mesin common rail, tak terkecuali salah satu model terlarisnya di Tanah Air yaitu Hino Dutro.
Menariknya pabrikan menambah nilai baru pada produknya itu. Jadi bukan sekadar pembaruan mesin. Supaya terus kompetitif dan menarik perhatian konsumen, Hino mem-facelift ringan model tersebut.
Baca Juga: Hino Buka Fasilitas Body Repair dan Cat, Pemilik Truk Hino Lawas Bisa Segarkan Tampilannya
Product Division PT Hino Motor Sales Indonesia, Tri Haryanto menjelaskan, ada beberapa sentuhan baru yang membuat kendaraan niaga di segmen light-duty truck itu lebih elegan dan dapat menunjang kenyamanan pengemudi.
"Jadi interior lebih mewah dengan warna kombinasi baru paduan coklat dan hitam seperti mobil kekinian, serta bentuk grille, bumper, lampu kabut, dan cover spion. Secara eksterior dan interior banyak mengalami perubahan," katanya di Purwakarta, Rabu (9/3/2022).
Sekilas bila melihat wajahnya sebenarnya tidak berubah banyak. Tapi kalau jeli, langsung terlihat bagian yang mengalami revisi desain. Pertama tengok desain grille, yang sekarang lebih tebal, sehingga mencerminkan kesan ketangguhan.
Kedua, bumper kendaraan pekerja ini juga ikut dirombak. Housing lampu kabut yang awalnya mengotak kini berubah jadi membulat. Selanjutnya pada bagian tengah, pangkal tangkai spionnya sekarang diberikan cover supaya terlihat rapi.
Baca Juga: Penjualan Bus Hino atau Mercedes-Benz yang Paling Laris di Indonesia?
Masuk ke interior, yang berubah dari padanan warnanya. Sesuai penjelasan Tri, lengkap dengan kombinasi warna coklat dan hitam supaya tidak terlalu monoton. Ada juga panel instrumen baru serta fitur blower, umpama dari karoseri ingin menambahkan AC.
Itu tadi buat tipe truk yang biasa diandalkan untuk angkut kelapa sawit. Ada juga ubahan yang ada pada Hino Dutro yang peruntukannya bus ukuran mikro seperti di bandara atau pariwisata.
Karena orientasinya pada kenyamanan penumpang, maka ada revisi suspensi, hingga penggunaan ban tipe radial tubeless yang menyelimuti pelek alumunium, untuk mengejar efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
Kemudian bicara varian mesinnya tersedia dalam dua tipe: N04C-WY bertenaga 115 PS dan torsi 353 Nm serta N04C-WY dengan output 136 PS dan torsi 392 Nm. Lebih lanjut transmisinya juga ada dua tipe.
Pertama manual 5-percepatan atau 6 percepatan. Pilihan awal cocok untuk konsumen yang mengejar akselerasi bertenaga, sementara kedua mengejar kecepatan tinggi untuk efisiensi bahan bakar.
Semua mesin Hino Dutro berkapasitas 4.009 cc. Menggunakan teknologi common rail, dengan exhaust gas recirculating, diesel oxidation catalyst, hingga variable nozzle turbo yang konfigurasinya serupa dapur pacu SUV ladder frame di Indonesia.
Baca Juga: Hino Luncurkan Truk dan Bus Baru, Semuanya Berstandar Emisi Euro 4
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4
17.724 km
5,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
12.488 km
3,5 tahun
Jakarta