Setelah delapan tahun meramaikan kancah otomotif Tanah Air, PT Honda Prospect Motor (HPM) memutuskan untuk menyuntik mati generasi pertama Honda HR-V. Masuk dalam kategori SUV kompak pesaing Suzuki S-Cross, HR-V terkahir kali didisitribusikan secara wholesales (pabrik ke dealer) pada Januari 2022.
"Kami sudah tidak memproduksi dan meng-wholesales-kan lagi HR-V model lama. Jadi kalau ditanya kapan HR-V baru keluar, ditunggu saja," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM kepada Autofun Indonesia usai seremoni ekspor Honda BR-V di Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (16/3).
Tujuan Honda HR-V generasi pertama tak lagi diproduksi untuk pasar Indonesia karena pihaknya telah menyiapkan tempat untuk melakukan kegiatan produksi Honda HR-V generasi keduanya.
Seperti yang disampaikan Yusak Billy, secara nasional saat ini diler resmi Honda sedang menghabiskan stok HR-V model lama. Tercatat masih tersisa 300 unit dengan varian yang berbeda-beda.
Bicara mengenai harga baru, menurut situs resminya Honda HR-V diniagakan mulai dari Rp340,9 juta sampai dengan Rp438,9 juta OTR Jakarta. Hanya menyisakan 300 unit yang ada, apa sih keistimewaan Honda HR-V ini?
Baca juga: Toyota Siapkan SUV Compact Penantang Honda HR-V Buat Pasar Indonesia, Harganya Mirip Raize
Secara tampilan, Honda HR-V bukan hanya terkesan sporty tapi juga dinamis dan atraktif. Menganut gaya bahasa tubuh Stand Out Design, HR-V memiliki garis-garis tegas yang membuatnya terlihat lebih berotot. Honda juga sepenuhnya menyematkan sistem pencahayaan dengan menggunakan full LED headlight with LED DRL, serta LED pada foglamp di bagian depan. Tak hanya menampilkan kesan mewah, visibilitas pengemudi saat berkendara pada malam hari akan sangat terbantu dengan adanya sistem pencahayaan ini.
Melihat sisi samping, Honda HR-V memiliki banyak lekukan garis tegas sebagai aerodinamikanya. Di bagian buritan, mobil ini juga memiliki banyak lekukan garis disertai adanya stoplamp dengan bentuk menyerupai boomerang.
Menilik sisi dalam kabin, kalian langsung bisa merasakan kesan mewah terpancar dari mobil ini. Untuk beberapa bagiannya, Honda HR-V dibalut dengan kombinasi material kulit yang bukan hanya menyuguhkan kemewahan berkendara tapi juga memperkuat kesan sporty.
Jok bagian depannya sendiri memperoleh model semi bucket dengan kombinasi warna hitam dan krem yang tentunya juga dapat memberikan rasa nyaman dalam berkendara. Sebagai informasi tambahan, di dashboardnya Honda HR-V dipasangkan head unit layar sentuh model tanam dengan pengaturan AC digital yang lebih condong ke arah pengemudi.
Baca juga: Punya Mesin Lebih Powerful, Chery Omoda 5 Lebih Layak Ditunggu daripada Honda HR-V Turbo 2022?
Pengetesan dalam uji keselamatan berkendara Asean NCAP, Honda HR-V mampu meraih lima bintang penghargaan. Dari total skor maksimal 16.00 point, HR-V berhasil menyabet 15.21 point untuk keselamatan penumpang dewasa. Sedangkan keselamatan untuk penumpang anak-anak meraih empat bintang, dengan tingkatan keselamatan mencapai 73 persen.
Mengetahui fitur keselamatannya, untuk tipe teratasnya telah dibekali dengan 6 airbags, teknologi G-CON + ACE With Side Impact Beam dimana kekuatan pada pilar dan struktur sasis diperkokoh, serta beberapa bagian dibuat melunak untuk dapat menyerap energi benturan. Selain itu juga terdapat Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Motion Adaptive EPS, Brake Override System dan parking sensor.
Untuk diketahui, VSA sendiri berfungsi mengurangi gejala oversteer dan understeer saat bermanuver yang mana terintegrasi dengan EPS (Electronic Power Steering). Disisi lain, VSA memberikan pengereman pada keempat roda secara bergantian, EPS memberikan bantuan tenaga putar roda kemudi ke arah yang berlawanan saat terjadi gejala slip. EPS memberikan tenaga putar roda kemudi ke arah sebaliknya dari penyimpangan kendaraan.
Bicara jantung pacunya, Honda HR-V ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yakni 1.5L dan 1.8L. Mengusung teknologi SOHC i-VTEC + DBW, mesin berkubikasi 1.5L empat silinder segaris yang digunakan mampu menghasilkan tenaga hingga 120 PS @6.600 rpm serta torsi maksimal mencapai 145 Nm @4.600 rpm. Sedangkan versi 1.8L SOHC i-VTEC + DBW mampu melecutkan tenaga sebesar 139 PS @6.500 rpm di angka torsi 169 Nm @4.300 rpm.
Mengenai tingkat percepatannya, tipe terbawah dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Sedangkan tipe diatasnya hanya disediakan pilihan CVT.
Baca juga: Mazda CX-30 2022 Sudah Siap Masuk Indonesia, Rival Honda HR-V yang Harganya Rp400 Jutaan
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2016 Toyota FORTUNER VRZ 2.4
94.919 km
7 tahun
Banten
2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5
45.271 km
4 tahun
Jakarta
2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5
84.641 km
5,5 tahun
Banten
2017 Honda CR-V TURBO 1.5
64.558 km
6 tahun
Jakarta
2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5
76.014 km
4,5 tahun
Banten