Meski turut dilanda pandemi Covid-19, untuk segmen roda empatnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selama tahun 2021 berhasil mencatatkan angka penjualan yang terbilang positif.
Seperti yang terlihat, di pangsa pasar mobil berpenumpang, penjualan secara wholesales (pabrik ke diler) berhasil didistribusikan sebanyak 91.793 unit atau mengalami peningkatan sebesar 39% dibandingkan dengan tahun 2020.
Bicara penjualan secara retail (diler ke konsumen) sendiri pihaknya berhasil menembus angka 89.596 unit, yang mana jika dipersentasekan sebesar 24% dengan periode yang sama.
Baca juga: Avanza dan Xpander Wajib Siaga, Suzuki Ertiga Hybrid 2022 untuk Indonesia Rilis Bulan Ini?
“Berkat dukungan dan kepercayaan yang diberikan, kami dapat mempertahankan kinerja perusahaan di tengah situasi yang sulit, serta terus meningkatkan pelayanan dan inovasi. Peningkatan penjualan Suzuki tahun 2021 juga memotivasi kami untuk mulai menghadirkan produk-produk baru yang unggul dan ramah lingkungan,” ujar Dony Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.
Berdasarkan data yang berhasil dibukukan, kontribusi penjualan selama tahun 2021 disumbang dari produk produk flagshipnya, seperti; New Carry, XL7, dan All New Ertiga.
Menghitung secara persentase, New Carry menyumbangkan 58% terhadap penjualan nasional Suzuki dengan capaian 52.854 unit wholesales dan 52.286 unit retail sales. Selanjutnya XL7 yang menyumbang 18% terhadap penjualan Suzuki atau sebesar 16.090 unit secara wholesales.
Sedangkan secara retail sales, XL7 menyumbang 16% terhadap penjualan Suzuki atau sebesar 14.640 unit. Selanjutnya All New Ertiga yang berkontribusi sebesar 12% dengan capaian 11.410 unit wholesales dan capaian 11.402 unit retail sales atau sebesar 13%.
Baca juga: Bukan Jadi Mobil Angkut Sayur, Modifikasi Suzuki Carry Pick Up Ini Stylish Banget!
Di segmen fleet, selama 2021 penjualan Suzuki terdongkrak hingga 71,2% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kontributor terbesar di periode tersebut New Carry meningkat 47,7% atau dengan kata lain menyumbangkan angka penjualan sebanyak 4.389 unit dibandingkan tahun 2020. Selanjutnya disusul All New Ertiga yang menyokong penjualan Suzuki sebesar 1.904 unit, dan dibuntuti XL7 sebanyak 1.241 unit.
“Peningkatan pangsa pasar Suzuki juga didukung dari jaringan outlet kami sehingga konsumen dengan mudah mendapatkan produk Suzuki. Secara angka sendiri hingga Desember 2021, Suzuki tercatat memiliki outlet sebanyak 286 jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain karena jumlah jaringan outlet yang semakin banyak, peningkatan ini juga didukung beragam produk baru yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen selama 2021,” tutup Dony.
Baca juga: Harga Chery Omoda 5 Bisa Senggol Toyota Raize dan Rush?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4
17.724 km
5,5 tahun
Jakarta
2019 Honda MOBILIO E 1.5
18.533 km
4,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota CALYA G 1.2
12.503 km
2 tahun
Jakarta
2022 Honda BRIO SATYA E 1.2
5.503 km
0,5 tahun
Jawa Barat
2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2
5.751 km
1 tahun
Jawa Barat