Persaingan bisnis di segmen pick up muatan ringan di awal tahun 2000-an terbilang cukup sengit. Pada tahun 2002, PT Ford Motor Indonesia meluncurkan Ford Ranger yang merupakan pesaing utama Mitsubishi Strada L200.
Sama seperti Ranger, Strada L200 sendiri juga diluncurkan di tahun yang sama. Menyoal kapasitas daya angkut barang, sejatinya Ford Ranger maupun Mitsubishi L200 sanggup membawa beban 2,5 hingga 3 ton untuk sekali jalan. Bicara mengenai harga bekasnya, keduanya pun kini sangat bersaing yang mana ditawarkan mulai dari Rp60 jutaan.
Memiliki harga bekas yang bersaing, antara Ford Ranger dan Mitsubishi Strada L200 kira-kira mana yang lebih bisa diandalkan untuk menunjang kegiatan bisnis sehari-hari?
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Strada L200 Pick Up, Modal Mesin L300 Membuatnya Terus Diburu
Bisa dibilang daya jelajah Ford Ranger generasi pertama jauh lebih perkasa dibandingkan Mitsubishi Strada L200 untuk kategori losbak. Hal ini dibuktikan dari populasinya yang banyak ditemui di area pertambangan saat itu.
Beda dengan Mitsubishi Strada L200, saat itu mobil ini banyak digunakan di area perkebunan yang difungsikan untuk mengangkut hasil perkebunan.
Salah satu faktor yang membuat Ford Ranger banyak dijumpai di area tambang adalah sistem penggeraknya. Seperti yang diketahui, mobil ini mengandalkan penggerak 4x4. Tidak seperti Mitsubishi Strada L200 pick up single cab, mobil ini hanya mengandalkan sistem penggerak roda belakang (RWD)
Sebagai informasi, penggerak 4x4 atau Four-Wheel Drive (4WD) merupakan sistem penggerak yang bisa diatur sesuai kebutuhan. 4WD sendiri memiliki beberapa sistem sesuai kebutuhan yaitu part time, full time dan all wheel drive atau AWD.
Mengenai part time 4WD ini pengemudi bisa menyesuaikan sistem penggerak menjadi 2WD, yang biasanya digunakan pada jalanan datar dan lurus. Sedangkan sistem full 4WD adalah tidak ada 2WD, namun sistemnya adalah 4High, 4 Low Range dan Differential Lock. Berbeda lagi dengan AWD yang sistemnya terdapat pada keempat roda mobil. AWD juga tidak bisa diubah ke 2WD, 4H dan 4L.
Soal keuntungan, mobil 4WD memiliki traksi yang maksimal karena tenaga mesin akan disalurkan ke semua roda. Sistem ini memungkinkan roda lain akan bekerja menerima tenaga ketika salah satu roda selip.
Jadi mobil aman digunakan pada jenis jalan yang tidak rata atau bukan jalan aspal atau licin. Soal kekurangannya ada dua, yaitu bobot berat karena semua roda memiliki sistem penggerak. Kekurangan berikutnya adalah mobil ini boros dan bisa mengalami understeer atau oversteer.
Baca juga: Sama-sama Perkasa, Mahindra Bolero Maxitruck Bisa Mengalahkan Mitsubishi L300 dari Segi Spesifikasi?
Menyoal performa, Ford Ranger yang pertama kali diperkenalkan di Tanah Air dibekali mesin diesel 2.9L non turbo yang mampu memperoleh tenaga sebesar 98 PS @4.000 rpm serta torsi 200 Nm @2.500 rpm yang dipadukan transmisi manual 5-percepatan.
Lalu bagaimana dengan Mitsubishi Strada L200? Seperti yang diketahui mobil niaga ini berhasil disematkan mesin diesel 2.5L yang sama persis dipakai L300. Secara data, jantung pacu yang digunakan mampu memeras tenaga hingga 74 PS @4.200 rpm serta torsi maksimal sebesar 133,4 Nm @2.500 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, mobil ini dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan.
Tahun kedua setelah kemunculan perdananya, Ford Ranger single cab mendapat penyegaran secara major facelift. Untuk jantung pacunya juga turut berubah menjadi 2.5L turbodiesel 4 silinder segaris SOHC dengan perolehan tenaga 119 PS @3.500 rpm serta torsi ouncak sebesar 280 Nm @2.000 rpm. Oh iya, untuk sistem penggeraknya tersedia pilihan 4x2.
Bicara lengan ayun, Ford ranger diaplikasikan suspensi berjeniskan independent double wishbone di bagian depan dan axle rigid semi-eliptik di roda belakang. Alhasil bantingan yang disuguhkan pernya tersebut terbilang lebih empuk dibandingkan Mitsubishi Strada L200.
Strada L200 sendiri menganut suspensi double wishbone di depan dan rigid axle dengan per daun di roda belakang. Suspensi yang disematkan cenderung lebih stiff dibandingkan dengan Ranger.
Namun untuk keduanya jangan sekali-kali melakukan manuver dalam kecepatan tinggi. Pasalnya gejala seperti understeer atau body roll masih bisa dirasakan berkat ground clearancenya yang dibuat cukup tinggi.
Setelah melakukan perbandingan antara Ford Ranger dan Mitsubishi Strada L200, secara konklusi Ford Ranger lebih unggul baik dari segi kenyamanan, ketangguhan serta performa. Namun dari sisi after sales, Strada L200 lebih bisa diandalkan.
Baca juga: Selisih Sampai Rp80 Juta, Ini Bedanya Ford Ranger 2.2 XLT dengan 2.2 XL
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
14.366 km
1,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5
15.640 km
1,5 tahun
Banten